Urutan Anime Toaru Series, Nonton yang Mana Dulu? NO SPOILER

Uruta Nonton Anime Toaru Series

Bagi kalian yang ingin masuk ke franchise Toaru, pasti pernah bingung harus nonton anime yang mana dulu. Karena seri yang satu ini punya beberapa adaptasi anime yang berbeda-beda. Apakah semuanya berhubungan satu sama lain?

Untuk memecahkan kebingungan kalian tersebut, Chameleonime telah menyusun sebuah guide atau panduan cara menonton Toaru Series yang baik dan benar. Sehingga kita tahu bagaimana urutannya dan harus menonton yang mana dulu.

Dengan begitu, akan lebih mudah untuk memahami kronologi ceritanya daripada harus berjalan tanpa tahu arah yang dituju. Tenang saja, Chameleonime tidak akan memberikan spoiler ceritanya, jadi aman bagi yang belum menonton seriesnya.

Sudah siap untuk memulai petualangan ke dunia dimana Sains dan Sihir saling bertemu?

Baca Juga : Urutan Anime Gundam Lengkap

Mengenal Daftar Anime Toaru Series

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa anime ini diadaptasi menjadi beberapa seri yang berbeda. Kebanyakan dari kita bingung karena tidak tahu mana seri yang merupakan jalan cerita utama dan spin-off. Maka dari itu, mari kita mulai dengan mengenal masing-masing seri dan fokus ceritanya.

1. Toaru Majutsu no Index

Toaru Majutsu no Index

Diadaptasi dari sebuah light Novel karya Kazuma Kamachi. Bisa dibilang bahwa Toaru Majutsu no Index inilah yang menjadi timeline atau cerita utama dari Toaru Series. Berkisah pada sosok bernama Kamijou Touma, salah satu murid biasa di Academy City.

Ia memang nampak biasa dari segi luar, namun tangan kanannya memiliki kemampuan yang bernama Imagine Breaker. Sebuah kekuatan yang mampu menetralkan segala bentuk fenomena supernatural baik itu kekuatan esper ataupun sihir.

Suatu hari, ia dipertemukan dengan sosok gadis bernama Index. Meski nampak seperti gadis biasa juga, Index merupakan seorang biarawati dari gereja Inggris yang menyimpan 103 ribu buku sihir terlarang di dalam kepalanya. Pertemuan tersebut menyeret Touma ke dalam konflik antara kubu sains dan sihir.

A Certain Magical Index ini lebih berfokus pada konflik yang ditimbulkan oleh kubu sihir. Kita akan mulai diperkenalkan dengan berbagai macam karakter yang terlibat di dalam ceritanya.

2. Toaru Kagaku no Railgun

Toaru Kagaku no Railgun

Selanjutnya adalah bentuk spin-off dari cerita utamanya. Seperti judulnya, A Certain Scientific Railgun lebih berfokus pada kehidupan kubu sains yang ada di Academy City. Kita akan melihat berbagai macam masalah pada seri ini dari sudut pandang Misaka Mikoto.

Apakah antara Toaru Majutsu no Index dan Toaru Kagaku no Railgun saling berhubungan? Jawabannya adalah IYA, kedua seri ini bisa dibilang saling berkesinambungan dan melengkapi satu sama lain.

Secara sederhana, seri ini akan membahas dari sisi sains secara lebih mendalam yang mana hal tersebut belum dijelaskan pada Toaru Majutsu no Index. Jadi kita akan mendapatkan detail-detail cerita yang sebelumnya belum diketahui.

2. Toaru Kagaku no Accelerator

Toaru Kagaku no Accelerator

Jika kalian sudah menonton A Certain Magical Index dan Railgun, pasti sudah mengenal karakter bernama Accelerator. Ia diperkenalkan sebagai villain di salah satu arc dalam seri Index dan Railgun.

Intinya Toaru Kagaku no Accelerator ini akan membawa kita melihat sisi kehidupan sang villain. Untuk menghindari spoiler, maka tak akan dijelaskan lebih lanjut. So, silahkan nonton saja sendiri untuk mengetahui detail ceritanya.

Sebenarnya selain ketiga seri diatas masih ada beberapa spin off lain seperti Toaru Majutsu no Index-tan, Toaru Idol no Acelerator-sama, Toaru Kagaku no Railgun Gaiden : Astral Buddy. Namun bisa dibilang itu merupakan cerita sampingan yang tak terlalu penting ke cerita utamanya.

Baca Juga : Urutan Monogatari Series Lengkap

Urutan Nonton Toaru Series

Banyak yang bertanya bagaimana cara nonton Toaru Series dengan benar. Sebenarnya hal tersebut sangat relatif, karena ada beberapa pilihan untuk bagaimana urutan menontonnya berdasarkan tanggal rilis, kronologi kejadian atau arc ceritanya.

Masing-masing urutan akan memberikan pengalaman menonton yang berbeda-beda. Sudah siap? Berikut ini panduan lengkap untuk memulai perjalanan ke dunia Toaru.

1. Urutan Toaru Series Berdasarkan Tanggal Rilis

Merupakan suatu hal yang biasa jika menonton sebuah seri berdasarkan tanggal perilisannya. Nah berikut ini urutan anime Toaru jika dilihat dari tanggal penayangannya.

  • A Certain Magical Index (April 2004)
  • A Certain Scientific Railgun (Oktober 2009)
  • A Certain Magical Index II (Oktober 2010)
  • A Certain Scientific Railgun S (April 2013)
  • A Certain Magical Index III (Oktober 2018)
  • A Certain Scientific Accelerator (Juli 2019)
  • A Certain Scientific Railgun T (Januari 2020)

2. Urutan Nonton Berdasarkan Kronologi Cerita

Banyak dari fans Toaru series yang lebih memilih untuk menonton berdasarkan kronologi ceritanya. Biasanya akan dimulai dari Toaru Kagaku no Railgun terlebih dahulu. Hal ini untuk menghindari spoiler terhadap beberapa kejadian yang sudah diceritakan di Index.

Mereka beralasan hal tersebut akan lebih menggugah emosi mereka. Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti panduan berikut ini :

  • A Certain Scientific Railgun
  • A Certain Scientific Railgun S
  • A Certain Magical Index
  • A Certain Scientific Railgun T
  • A Certain Magical Index II
  • A Certain Magical Index III
  • A Certain Magical Accelerator

Cara menonton diatas akan tetap menjaga misteri dan memberikan pertunjukan emosi yang lebih baik. Karena kalian tidak akan mendapatkan spoiler yang bisa merusak cerita di seri selanjutnya.

3. Urutan Berdasarkan Cerita Arc

Dalam Toaru Series, kita akan mendapati berbagai macam arc atau bagian cerita. Dan pasti banyak yang merasa antara arc satu dan lainnya seperti melompat-lompat. Artinya cerita seperti tidak urut satu sama lain.

Hal tersebut memang tidak salah, karena jika kita menonton berdasarkan satu series penuh kemudian dilanjutkan ke series lainnya, maka setiap arc tidak akan urut kronologinya. Nah jika kalian ingin mengikuti cerita dari franchise ini berdasarkan kronologi kejadiannya secara urut, maka berikut panduannya :

  • Index Arc (Index S1 Eps 1-6)
  • Level Upper Arc (Railgun S1 Eps 1-14)
  • Big Spider Arc (Railgun S1 Eps 15-16)
  • Poltergeist Arc (Railgun S1 Eps 17-24)
  • Deep Blood Arc (Index S1 Eps 7-9)
  • Sister Arc (Index S1 Eps 10-14, Railgun S Eps 1-16)
  • Silent Party Arc (Railgun S Eps 16-24)
  • Angel Fall Arc (Index S1 Eps 15-17)
  • Three Stories Arc (Index S1 Eps 18-20, Index S2 Eps 1)
  • Kazakiri Hyouka Arc (Index S1 Eps 21-24)
  • Orsola Aquinas Rescue Arc (Index S2 Eps 2-5)
  • Tree Diagram Remnant Arc (Index S2 Eps 6-7)
  • Daihasei Festival Arc (Index S2 Eps 8-13)
  • La Regina del Mare Adriatica Arc (Index S2 Eps 14-16)
  • Academy City Invasion Arc (Index S2 Eps 17-22)
  • Skill-Out Uprising Arc (Index S2 Eps 23-24)

Nonton yang Mana Dulu?

Dari ketiga urutan diatas, lebih disarankan untuk memilih antara opsi kedua dan ketiga. Jadi kalian bisa menonton kronologi cerita berdasarkan seri per seri. Atau bisa juga dengan urutan cerita berdasarkan arc ceritanya. Hal tersebut akan membuat kalian lebih mudah untuk memahami ceritanya secara keseluruhan.

Itulah panduan cara menonton anime Toaru Series yang benar. Sekarang kalian sudah tahu bagaimana urutannya dan harus menonton yang mana dulu. Nah untuk franchise anime lain yang juga membingungkan, bisa kalian cek di bagian How to Watch Anime in Order.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *