Urutan dan Cara Menonton Anime Gundam Dengan Benar Lengkap

[generate_safelink]

Urutan Nonton Anime Gundam yang Benar Lengkap

Banyak orang bertanya, “bagaimana urutan yang benar dalam menonton serial Gundam?”. Mungkin kamu juga salah satu dari orang yang pernah menanyakan hal tersebut dan itulah yang menuntun kalian ke artikel ini. Sebelum panjang lebar kita membahas tentang kronologi dan rangkaian cerita dalam serial Gundam, mari kita lihat dahulu apa sih Gundam itu?

Cukup sulit untuk menjawab pertanyaan tersebut, yahh akan saya jawab dengan “anime yang ada robot raksasanya”. Memang begitulah serial Gundam dikenal, ketika ada yang bertanya anime mecha terbaik, tentu nama Gundam tidak akan pernah ketinggalan untuk disebut. Hal ini karena hampir semua penggemar anime baik yang sudah menonton maupun belum tetap mengenal Gundam.

Nah, kita sudah mengenal apa itu Gundam, sekarang pertanyaan di dalam pertanyaan, “kenapa banyak orang yang bertanya tentang urutan cerita serial Gundam?”. Tentu saja karena jumlah serial yang banyaknya minta ampun. “Emang berapa?” entahlah saya sendiri malas ngitung silahkan nanti hitung sendiri di bawah, hehe…

Ok, sekarang kalian sudah tahu apa itu gundam dan kenapa banyak orang bingung ketika ingin menontonnya. Tapi masih ada satu pertanyaan terakhir sebelum kita masuk ke pembahasan utama. “Kenapa kita harus menonton serialnya secara urut?” jawabannya gampang, coba kalian hitung 1 sampai 10 dengan acak. Lebih mudah mana menghitung secara urut dan acak? Nah kalian sudah menemukan jawabannya kan.

Chameleonime akan menjelaskan secara rinci setiap serial, kronologi serta waktu kejadian yang terjadi dalam universe ini. Sehingga kalian akan tahu timeline cerita dengan benar dan tepat, namun jangan khawatir karena TIDAK AKAN MENGANDUNG SPOILER.

Baca Juga : Urutan Nonton Toaru Series

Daftar Urutan Anime Gundam Berdasarkan Kronologinya

Bagaimana kita menentukan serial Gundam pertama yang harus kita tonton? Begini, untuk mengurutkan daftar serial Gundam dengan benar kita harus tahu bahwa ada 3 alam semesta utama dalam multiverse Gundam. Nah maksudnya? Gini, Gundam ini mengambil konsep multiverse yang mana berarti ada lebih dari satu alam semesta di dunia ini. Ketiga alam semesta tersebut adalah Universal Century, After Colony dan Cosmic Era. Kita akan bahas satu persatu…

1. Universal Century

Bisa dibilang ini adalah alam semesta utama dari serial Gundam, sebagian besar cerita terjadi dalam Universal Century. Cerita tentang perang antara bumi dan koloni luar angkasa juga terjadi di semesta ini dalam kurun waktu yang berbeda-beda. Walaupun beberapa seri Gundam dalam universe ini dirilis pada akhir 70an, ada beberapa seri yang pantas dan wajib untuk kalian tonton.

1. Mobile Suit Gundam – UC 0079

urutan nonton anime gundam century universeDibuat pada tahun 70an, Mobile Suit Gundam – UC 0079 berfokus pada persaingan antara pilot Amuro dan Char. Jika kalian ingin mulai menonton Gundam, maka ini adalah seri dengan urutan pertama yang harus kalian tonton. Karena Mobile Suit Gundam – UC 0079 merupakan seri yang memperkenalkan konsep cerita Gundam secara keseluruhan.

2. Gundam: The Origin – UC 0068

urutan nonton anime gundam century universeSecara kronologis, seri Origin terjadi sebelum seri aslinya, disana Char masihlah anak-anak dan juga diceritakan tentang bagaimana Republik Zeon didirikan serta perang satu tahun dimulai. Namun jika kalian menonton seri ini sebelum Mobile Suit Gundam – UC 0079, maka akan ada beberapa hal yang tidak akan kalian mengerti. Oleh karena itu. Gundam: The Origin – UC 0068 menjadi serial urutan kedua untuk ditonton.

3. MS IGLOO – UC0079

urutan nonton anime gundam century universeRilis pada tahun 2004, secara kronologis bercerita dengan timeline beberapa tahun setelah seri orinigalnya. MS IGLOO – UC0079 mengisahkan tentang para tim engineering yang berusaha menciptakan teknologi untuk mempersenjatai pasukan mereka. Serial ini cukup mempunyai peran penting dan menarik untuk ditonton.

4. The 98th MS Team – UC 0079

urutan nonton anime gundam century universeSeri ini merupakan cerita sampingan tentang perang 1 tahun di wilayah front Asia Timur. Sementara seri originalnya kadang berjalan lambat dan membosankan, namun seri ini lebih emosional dan dramatis dengan animasi yang lebih baik. Ini merupakan salah satu seri Gundam yang sangat layak kalian tonton.

5. 008 : War in the Pocket –  UC 0079-80

urutan nonton anime gundam century universeSatu lagi side story tentang perang satu tahun. Namun tidak seperti 08th MS, seri ini tidak berfokus pada para tentara perang. Namun lebih terfokus pada protagonis seorang anak kecil. Dimana seri ini berusaha menunjukkan tentang kengerian dari sebuah perang. Meski tidak memiliki banyak pertarungan robot, namun dari segi cerita sangat menarik.

6. 0083 : Stardust Memory – UC 0083

urutan nonton anime gundam century universeIni merupakan story pendahulu untuk big series selanjutnya setelah Zeta Gundam. Kalian tidak perlu menonton atau memahami seri Zeta terlebih dahulu. Tapi seri ini akan mengisahkan tentang apa saja yang terjadi setelah Perang Satu Tahun. Yaitu ketika Federasi berubah menjadi pihak jahat.

7. Zeta Gundam – UC 0087

urutan nonton anime gundam century universeSetelah peristiwa Perang Satu Tahun, Zeta Gundam memperlihatkan penebusan sosok Char dan kebijakan keras dari pihak Federasi. Ini adalah salah satu seri Gundam yang memiliki cerita gelap dan cerita yang kompleks.

8. Gundam ZZ – UC 0088

urutan nonton anime gundam century universeSeri ini juga bisa disebut sebagai Zeta Gundam season 2. Berbeda dari Zeta Gundam, seri ini sama sekali tidak dark ataupun kompleks. Malah ceritanya terbilang aneh, maka dari itu banyak orang menyarankan untuk tidak menontonnya.

Baca Juga : Urutan Nonton Fate Series yang Benar

9. Char’s Counterattack – UC 0093

urutan nonton anime gundam century universeMovie yang mengisahkan tentang Char dan Amuro dan bagaimana konflik antara mereka berdua berakhir.

10. Gundam Unicorn – UC 0096

urutan nonton anime gundam century universeSalah satu seri Gundam terbaru, Unicorn berusaha membungkus universe Century dengan caranya sendiri. Maka dari itu dari segi grafik Unicorn ini jauh lebih baik daripada seri lama dan sangat layak untuk ditonton.

11. Gundam F91 – UC 0123

urutan nonton anime gundam century universeFilm ini sebenarnya dimaksudkan untuk memberikan panggung kepada Crossbone. Namun saat harus memperbendek seri dari 50 episode menjadi sebuah movie, ceritanya jadi tak tersampaikan dengan baik. Malah banyak orang yang mengatakan bahwa ceritanya hanya berputar-putar.

12. Victory Gundam- UC 0153

urutan nonton anime gundam century universeBersetting jauh di masa depan di Century universe. Seri ini bercerita tentang seorang anak laki-laki yang mengemudikan robot Gundam untuk melawan kerajaan Zanscare. Apa yang menjadi masalah adalah ketika ceritanya tidak terlalu terhubung dengan universe ini secara keseluruhan.

2. After Colony

Selanjutnya ada universe After Colony yang cukup populer setidaknya di Eropa. Namun universe ini nampaknya kurang berkembang karena hanya memiliki 1 TV series dan 1 movie. Unsur politik yang kurang kompleks dan hanya berfokus pada pertarungan, comedy serta drama. Bisa dibilang universe ini menceritakan kembali apa yang telah ada di Century universe namun dengan bumi ada di pihak kejaahatan.

1 .Gundam Wing

urutan nonton anime gundam after colonySerial yang menceritakan tentang 5 orang pilot Gundam yang dikirim dari koloni untuk pergi ke bumi dan berperang. Nampaknya seri ini juga tak mendapatkan respon yang cukup baik dari penonton.

2. Endless Waltz

urutan nonton anime gundam after colonyPada dasarnya, ini adalah movie hasil pengembangan dari Gundam Wing. Dimana ia berusaha menggali lebih jauh tentang cerita masa lalu para pilot dalam Gundam Wing. Sebenarnya cukup bagus untuk ditonton, namun kalian wajib untuk menonton Gundam Wing terlebih dahulu ya.

3. Cosmic Era

Sebuah universe yang pada dasarnya mengambil semua yang ada di Century universe. Dan kemudian menceritakannya dengan cara yang lebih modern dan grafik yang bagus. Kalian akan mendapatkan banyak karakter yang di moefikasi hingga menjadi kawaii. Dari segi plot dan cerita serta unsur politiknya juga cukup baik.

1. Gundam SEED

urutan nonton anime gundam cosmic eraGundam Seed sebenarnya berusaha menampilkan kembali apa yang ada di Mobile Suit Gundam dengan tampilan yang lebih menarik. Dari segi OST juga sangat bagus sementara konflik politiknya dapat disajikan dengan cara yang klasik dan sungguh menawan.

2. Gundam SEED Destiny

urutan nonton anime gundam cosmic eraMerupakan kelanjutan dari Gundam SEED dengan kisah yang lebih gelap. Serial ini cukup banyak mendapatkan respon positif. Tapi jika kalian ingin tahu, cobalah untuk menontonnya sendiri.

3. CE 73 Stargazer

urutan nonton anime gundam cosmic eraSeri ini mengisahkan tentang kelanjutan dari Gundam SEED Destiny. Namun hanya mengisahkan side story tentang pasukan spesial Phantom Pain. Sehingga dari segi ceritanya, kita tak bisa banyak berharap pada perkembangannya.

4. MSV : Astray

urutan nonton anime gundam cosmic eraSecara teknis, setelah Gundam SEED ada 2 film pendek mengisahkan side story yang terjadi. Dari segi cerita sih bisa dibilang tidak terlalu menarik. Tapi jika penasaran, kalian bisa menontonnya.

4. One Shot Gundam Universes

Nah ada satu universe lagi, yaitu One Shot type. Seri ini berusaha menampilkan settings yang berbeda Namun tetap saja kadang memakai tema yang sama seperti seri Gundam pada umumnya.

Baca Juga : Rekomendasi Anime Genre Mecha Terbaik

1. After War – Gundam X

urutan nonton anime gundam one shotGundam X menceritakan tentang kisah setelah apokaliptik. Dimana bumi telah mampu menciptakan Mobile Suit dan menghancurkan Koloni dalam satu tembakan. Hal tersebut memancing respon dengan jatuhnya koloni kosong ke bumi.

Seri ini bercerita tentang seorang pencuri muda yang hidup di tengah dunia apokaliptik tersebut. Gundam X lebih berfokus pada kisah survival daripada perang antara Mobile Suit. Inilah yang coba ditampilkan seri ini dengan cara yang berbeda.

2. Future Century – G Gundam

urutan nonton anime gundam one shotAlih-alih melanjutkan perang yang terjadi, koloni justru memutuskan mengirim beberapa pilot untuk mengikuti turnamen antara Mobile Suit Gundam di bumi. G Gundam bisa dibilang sebagai seri yang biasa saja. Dengan plot yang standart namun juga cukup menarik.

3 .Anno Domini – Gundam 00

urutan nonton anime gundam one shotSeri ini mengisahkan tentang 3 faksi yang saling berselisih dan juga sebuah kelompok disebut Celestial Being. Kelompok inilah yang pertama kali mengembangkan Gundam. Mereka juga berencana untuk memusnahkan pihak-pihak yang menciptakan perang.

Hal ini demi membuktikan pada mereka bahwa perang tidak akan membuahkan hasil yang bagus. Dari segi cerita memiliki plot yang cukup menarik. Dan beberapa filosofi yang terkandung di dalamnya bisa menjadi alasan untuk ditonton.

4. Correct Century – Turn A Gundam

urutan nonton anime gundam one shotMengisahkan tentang manusia yang hidup di bulan dan berkunjung ke bumi. Hal tersebut justru menyebabkan perang pecah di planet bumi. Plot yang dipakai masih seperti Gundam klasik lainnya, namun dengan karakter yang kebanyakan masih muda.

Dari segi visual, seri ini memiliki grafik yang sangat bagus. Dimana kita diperlihatkan dengan berbagai macam hal dengan tampilan yang terbilang wow.

5. Advanced Generation – Gundam AGE

urutan nonton anime gundam one shotSeri ini dibagi menjadi 3 bagian, mengikuti kisah Flit saat masih anak-anak, remaja dan kemudian menjadi kakek-kakek. Premis yang terbilang unik daripada seri lainnya. Dengan animasi yang menarik dan juga bagus, seri ini sangat layak untuk ditonton.

6. Regild Century – Reconguista in G

urutan nonton anime gundam one shotSetelah menganut kepercayaan anti teknologi, manusia memasuki masa kedamaian di seluruh universe. Namun kemudian muncul seorang anak yang mempiloti sebuah Mobile Suit yang ditemukannya.

Dari segi cerita, cukup kompleks sehingga pasti banyak yang akan sulit memahaminya. Setidaknya hingga seri ini akan tamat, ada banyak hal yang dipertanyakakan. Namun kemudian akan dijawab pada bagian endingnya.

7. Post Disaster – Iron Blooded Orphans

urutan nonton anime gundam one shotBersetting 3.000 tahun setelah peristiwa Calamity War. Kini bumi telah berada dalam kedamaian. Namun di sisi lain, terjadi perang besar di planet Mars. Seri ini sebenarnya bukan berfokus pada perang, namun lebih ke aksi pemberontakan dengan skala yang lebih kecil.

Karena termasuk seri Gundam terbaru, dari segi animasi tentu memiliki visual yang bagus. Apalagi dengan plot yang terbilang kompleks akan membuat kita bernostalgia dengan seri Gundam lama. Maka dari itu, ia sangat worth it untuk masuk list kalian.

Itulah daftar urutan dan cara menonton anime Gundam yang benar lengkap dari awal hingga sekarang. Dengan melihat panduan diatas, kalian tidak perlu bingung lagi mau nonton anime gundam darimana. Apabila ada yang ingin kalian tanyakan, bisa tulis komentar di bawah. Jangan lupa untuk bookmark Chameleonime untuk info anime lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *