[SINOPSIS] Bleach, Pekerjaan Seorang Shinigami

sinopsis anime bleach

Informasi Umum

Judul       : Bleach
Genre      : Action , Fantasy, Supernatural
Mangaka : Tite Kubo
Penerbit   : Shueshia
Volume    : 74 Volumes
Rilis         : Agustus 2001 – Agustus 2016

Bleach adalah manga karya Tite Kubo yag diterbitkan lewat majalah Weekly Shonen Jump dari Agustus 2001 hingga Agustus 2016. Manganya sendiri telah diadaptasi menjadi animasi TV, 2 buah OVA, 4 film animasi, sebuah rock musical, beberapa game dan trading card. Film live actionnya telah diumumkan pada 22 Agustus 2016 yang lalu lewat majalah WSJ bersamaan dengan rilisnya chapter terakhir.

Di Jepang kompilasi manga Bleach telah terjual sebanyak 50 juta copy dan telah meraih jajaran manga paling laris di Amerika Serikat. Ia juga mendapatkan penghargaan Shogakukan Manga Award di tahun 2005. Adaptasi animenya juga mendapatkan beberapa nominasi di American Anime Awards.

 

Sinopsis

sinopsis anime bleachCerita bermula ketika seorang shinigami bernama Rukia Kuchiki tiba-tiba muncul di kamar Ichigo Kurosaki. Ia tak menyangka keberadaannya dapat dilihat oleh Ichigo, namun pertemuan tersebut terganggu oleh munculnya sebuah roh jahat yang disebut Hollow. Setelah terluka parah karena mencoba melindungi Ichigo, Rukia bermaksud untuk menstransfer setengah kekuatan miliknya kepada Ichigo.

Namun tanpa diduga Ichigo malah menyerap hampir semua kekuatan Rukia, hal itu membuatnya dapat mengalahkan hollow dengan mudah. Keesokan harinya Rukia muncul di kelas Ichigo sebagai seorang manusia. Ia mengatakan bahwa Ichigo membuatnya terdampar di dunia manusia karena menyerap habis semua kekuatannya. Rukia harus tinggal di dunia manusia sambil menunggu kekuatannya pulih dan bisa kembali ke dunia shinigami. Ia juga harus mengajari Ichigo bagaimana cara menjadi seorang shinigami pengganti.

 

Karakter Utama Dalam Bleach

Semua karakter di Bleach adalah “roh”, baik manusia hidup dengan roh di dalamnya, roh tanpa tubuh ataupun roh yang terdiri dari partikel Reiryoku yang disebut Reishi. Ada berbagai jenis roh di Bleach, masing-masing memiliki bentuk dan perwujudan yang berbeda-beda.

 

Ichigo Kurosaki

sinopsis anime bleach

Merupakan tokoh utama dalam cerita ini, seorang murid SMA berambut orange yang dipaksa untuk menjadi shinigami pengganti setelah secara tidak sengaja menyerap hampir semua kekuatan Rukia Kuchiki. Awalnya ia tidak setuju dan tidak mau melakukan tugasnya sebagai shinigami pengganti, namun seiring berjalannya waktu Ichigo mulai menerima tugas tersebut. Ia menyadari bahwa jika ia tidak bisa menyelamatkan semua orang setidaknya ia berusaha untuk melindungi mereka.

 

Rukia Kuchiki

sinopsis anime bleach

Rukia Kuchiki adalah seorang shinigami yang dikirim untuk berpatroli di sekitar wilayah rumah Ichigo. Meskipun penampilan fisiknya terlihat seperti seorang gadis remaja, ia sebenarnya sudah berumur lebih dari 150 tahun. Rukia terpaksa memindahkan sebagian kekuatannya kepada Ichigo karena terdesak saat melawan hollow. Ia harus terjebak di dunia manusia untuk sementara waktu sambil memulihkan kekuatannya.

Sementara tinggal di dunia manusia, ia mendaftar di sekolah Ichigo dan tinggal di lemari di dalam rumah Ichigo. Rukia juga harus mengajari Ichigo  bagaimana menjalankan tugas sebagai seorang shinigami pengganti. Cara bertarung melawan hollow dan cara menyucikan mereka agar dapat pergi ke Soul  Society.

 

Orihime Inoue

sinopsis anime bleach

Inoue adalah teman sekelas Ichigo yang sudah ia kenal sejak lama, ia juga mempunyai seorang teman dekat bernama Tatsuki Arisawa. Saat kecil, Inoue bersama kakaknya melarikan diri dari rumah karena orang tua mereka yang kasar. Meskipun awalnya ia tidak punya kekuatan spiritual, Inoue mampu mengembangkan potensinya dan mendapatkan kekuatan penyembuh terhebat di Bleach.

Kekuatannya mampu membalikan kondisi tubuh tidak peduli seberapa parah kondisi lukanya. Secara teknis ini bukanlah kekuatan penyembuh, namun kekuatan untuk “menolak” sesuatu yang telah terjadi. Ia bisa menolak apa yang telah terjadi dan membuatnya seolah-olah tidak pernah terjadi. Semisal ia menolak luka sebagaimana luka tersebut tidak pernah didapatkannya.

 

Uryu Ishida

sinopsis anime bleach

Seorang teman sekelas Ichigo yang jenius namun cukup pendiam, terungkap bahwa Ishida adalah seorang Quincy. Sebuah ras prajurit pemanah dengan menggunakan kekuatan roh, Ishida menanggung dendam mendalam terhadap para shinigami, termasuk Ichigo. Hal ini karena ras nya dibantai oleh shinigami beberapa abad yang lalu. Ishida mendapatkan pelatihan sebagai Quincy dari kakeknya.

 

Yasutora Sado

sinopsis anime bleach

Yasutora Sado atau yang lebih dikenal sebagai Chad juga merupakan salah satu teman Ichigo. Ia adalah keturunan Jepang-Meksiko, meskipun memiliki fisik yang besar dan kuat, Chad cukup lemah lembut serta menolak untuk berkelahi. Awalnya ia tidak dapat melihat hantu layaknya Inoue, namun kemudian Chad dapat melihat mereka dengan jelas saat ada hollow yang akan menyerang sekelompok anak. Ia juga membangkitkan kekuatan untuk memperoleh armor di tangan kanannya yang dapat digunakan untuk melawan hollow

 

Renji Abarai

sinopsis anime bleach

Renji adalah wakil kapten dari divisi 6 gotei 13, awalnya ia muncul sebagai seorang musuh yang melawan Ichigo. Saat itu ia bingung harus memilih perintah atau temannya Rukia Kuchiki. Walaupun kadang terlihat kasar dan bodoh, Renji adalah seorang shinigami yang kuat sehingga layak menjadi wakil kapten.

 

Jenis Karakter Dalam Bleach

 

Manusia

sinopsis anime bleach

Kebanyakan manusia di Bleach tidak dapat melihat dan merasakan keberadaan roh. Satu dari 50.000 manusia dapat merasakan keberadaan roh di sekitarnya, namun hanya sepertiganya yang dapat melihat dengan jelas. Serta hanya beberapa saja yang dapat berbicara dan menyentuh roh.

Tentu saja manusia unik seperti Fullbringer secara alami mempunyai kemampuan untuk merasakan dan melihat roh di sekitarnya. Manusia biasa juga bisa merasakan roh tersebut jika berinteraksi dengan sumber energy roh yang besar.

 

Plus

sinopsis anime bleach

Adalah roh orang yang telah mati namun masih terikat dengan dunia manusia. Mereka memiliki rantai di dada yang disebut rantai takdir (Fate Chain), yang mengikat mereka dengan dunia manusia. Biasanya Plus akan dikirim oleh shinigami ke soul society, namun jika hal tersebut tidak segera dilakukan hingga rantai di dadanya terkikis habis, maka roh tersebut akan berubah menjadi hollow.

 

Shinigami

sinopsis anime bleach

Mereka adalah jiwa yang memiliki kekuatan spiritual sehingga direkrut untuk menjadi pemandu roh dan tinggal di soul society. Sama seperti roh pada umumnya, shinigami juga tidak bisa dirasakan dan dilihat oleh kebanyakan manusia.

Shinigami mempunyai sebuah pedang yang disebut Zanpakutou, sebuah manifestasi dan perwujudan dari kekuatan mereka sendiri. Selain menggunakan Zanpakutou, shinigami juga dapat menggunakan kido untuk melawan para hollow. Contoh shinigami adalah Renji, Ichigo dan Rukia.

 

Visored

sinopsis anime bleach

Adalah sekelompok shinigami yang telah mendapatkan kekuatan hollow, mereka dapat memakai topeng hollow untuk mengakses kekuatannya. Pada dasarnya visored masihlah seorang shinigami sehingga tetap bisa menggunakan zanpakutou seperti yang dilakukan Shinji dan Ichigo.

 

Hollow

sinopsis anime bleach

Seorang roh jahat yang tinggal di Hueco Mundo, mereka datang ke dunia manusia untuk memakan jiwa orang mati maupun hidup. Hollow terbuat dari partikel roh sehingga tidak semua orang bisa merasakan dan melihat keberadaannya. Kebanyakan hollow dapat dikalahkan oleh para shinigami dengan mudah, namun beberapa diantaranya cukup merepotkan dan sulit untuk dikalahkan.

Semua hollow memakai topeng putih di wajah mereka, namun ada beberapa hollow yang dapat melepas topeng tersebut, mereka disebut sebagai Arrancar. Dengan menghancurkan topengnya, hollow akan mendapatkan kekuatan yang jauh lebih besar serta mendapatkan bentuk yang lebih humanoid seperti Ulquiorra dan Grimmjow.

 

Quincy

sinopsis anime bleach

Manusia unik yang melawan hollow dengan menggunakan kekuatan spiritual, mereka mengimplementasikan kekuatan spiritual ke dalam bentuk busur dan panah. Berbeda dengan shinigami, Quincy menggunakan energy spiritual di sekitarnya saat mereka bertarung. Saat Quincy mengalahkan hollow, mereka akan benar-benar memusnahkannya. Ini sangat berbeda dengan metode shinigami yang menyucikan hollow dan mengirim roh mereka ke soul society.

Metode yang digunakan oleh Quincy tersebut beresiko untuk mengacaukan keseimbangan alam semesta. Mereka membuat jumlah jiwa yang masuk dan keluar dari soul society tidak seimbang. Perbedaan tersebut memaksa shinigami untuk membantai para Quincy pada 200 tahun yang lalu. Hanya sedikit Quincy yang tersisa salah satunya adalah Uryu Ishida.

 

Jiwa Buatan (Mod Souls)

sinopsis anime bleach

Sejenis jiwa yang diproduksi oleh para shinigami dalam bentuk pil, mereka digunakan untuk memaksa shinigami keluar dari sebuah Gigai (tubuh palsu). Mod Souls juga dapat digunakan untuk mengusir roh yang menolak untuk meninggalkan tubuh mereka yang sudah mati. Jiwa tersebut telah diberi kepribadian yang berbeda dan akan menghuni sebuah tubuh sampai pemiliknya kembali.

Ada jenis lain dari mod souls yang diciptakan dan diprogram untuk memburu hollow. Mereka dibekali dengan keunggulan aspek tertentu seperti kekuatan, kecepatan atau daya tahan. Namun proyek ini dibatalkan karena dianggap tidak manusiawi menggunakan mayat untuk bertarung. Di manga hanya ada satu mod souls yang muncul, namun di anime muncul tiga lainnya. Kon juga merupakan seorang mod soul.

 

Bount

sinopsis anime bleach

Mereka adalah ras vampire yang tercipta oleh sebuah kesalahan eksperimen olehj shinigami bernama Rantaro. Jiwa bount bercampur dengan jiwa normal sehingga menyebabkan mereka terlahir dari manusia. Para bount dilahirkan dengan kekuatan dan kemampuan tertentu, hal ini membuat mereka ditakuti dan ditinggalkan manusia pada umumnya.

Bount juga merupakan mangsa empuk bagi para hollow karena mereka mempunyai reiatsu yang besar. Hal ini memaksa shinigami untuk membasmi para bount yang masih tersisa. Bount seperti Jin Kariya dan Ugaki hanya muncul dalam versi anime.

 

Fullbringer

sinopsis anime bleach

Fullbringer adalah manusia yang terlahir dengan kekuatan khusus yang disebut Fullbring. Mereka dapat memanipulasi jiwa, materi ataupun menciptakan efek tertentu. Jenis kekuatan mereka ditentukan oleh hollow reiryoku. Chad dan Ginjo adalah contoh seorang fullbringer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *