Asal-Usul One For All, Quirk Warisan dari Generasi ke Generasi


sejarah one for all

One For All bisa dibilang sebagai quirk utama yang menjadi pusat cerita dalam serial Boku no Hero Academia. Seperti yang telah diketahui, OFA merupakan quirk yang bisa diwariskan dari satu orang ke orang lain. Secara umum, pengguna OFA terlihat memiliki peningkatan kekuatan fisik layaknya seorang superhuman. Namun faktanya quirk OFA tidak hanya sebatas itu lho. Dalam kesempatan kali ini Chameleonime akan mengupas tuntas tentang quirk yang satu ini.

 

Sejarah dan Asal Usul One For All

sejarah one for allDahulu kala, ada seorang pria dengan kemampuan mencuri quirk dan juga dapat memberikannya ke orang lain. Kita mengenal orang ini sebagai All For One, untuk lebih mudahnya kita sebut sebagai AFO. AFO ini mempunyai seorang adik laki-laki yang tidak memiliki quirk. Karena itulah AFO memberikan quirk ‘penimbun kekuatan’ kepada adiknya sendiri. Namun disisi lain, adik AFO ternyata sudah punya quirk sendiri namun memang tak memiliki efek secara langsung. Quirk tersebut adalah untuk mentransfer quirk kepada orang lain. Quirk penimbun kekuatan dan transfer quirk, bergabung menjadi satu dan terciptalah One For All.

sejarah one for allBerbeda dari AFO yang ambisius, sang adik malah punya rasa keadilan yang tinggi. Ia pun berusaha untuk melawan kakaknya sendiri demi menghentikan kekacauan yang ia buat. Namun karena perbedaan kekuatan yang sangat jauh, ia pun gagal melakukannya. Oleh karena itulah dirinya memutuskan untuk mewariskan quirk miliknya pada pahlawan masa depan dengan harapan mereka bisa menghentikan AFO. OFA pun terus diwariskan dari satu orang ke yang lainnya, dan semakin banyak pengguna yang dilewati maka OFA akan semakin kuat. Sampai saat ini diketahui bahwa ada 9 orang yang pernah menjadi pengguna OFA (termasuk Deku).

 

Kekuatan One For All

sejarah one for allSeperti yang telah disebutkan diatas bahwa OFA merupakan quirk warisan dari generasi ke generasi. Quirk yang satu ini memungkinkan pengguna untuk mengakses kekuatan dari para pengguna quirk OFA sebelumnya. Semakin OFA melewati banyak generasi pengguna, maka ia akan menimbun kekuatan yang lebih banyak dan kuat daripada sebelumnya. Metode untuk pewarisan OFA adalah dengan menelan DNA dari pemilik sebelumnya. Namun hal ini hanya bisa dilakukan jika pemilik setuju untuk mewariskannya. Sehingga OFA tak bisa dicuri atau diambil secara paksa, bahkan oleh AFO.

Nampaknya OFA juga memiliki perubahan tampilan yang berbeda pada masing-masing penggunanya. Misal pada All Might akan merubah penampilan fisik dari kurus kering menjadi berotot secara signifikan. Sedangkan pada Deku tak seperti itu, nampak muncul kilatan-kilatan serta motif di tubuhnya saat menggunakan OFA. Namun belum diketahui bagaimana efek penggunaan OFA pada pemilik sebelumnya.

sejarah one for allSetelah OFA ditransfer ke orang lain, pengguna sebelumnya tidak langsung kehilangan akses ke quirk ini. Namun prosesnya akan berjalan secara perlahan dimana bara api sisa OFA dalam dirinya akan semakin melemah dan akhirnya hilang sepenuhnya. Selain itu, OFA bukanlah quirk yang mudah untuk dikendalikan. Dibutuhkan latihan dan tubuh pengguna yang kuat agar dapat menggunakan OFA secara baik. Deku pun pada awalnya terlihat tak mampu mengendalikan jumlah kekuatan yang di keluarkan sehingga berakibat mencederai tubuhnya sendiri.

Inti dari kekuatan One For All adalah akses terhadap sumber kekuatan yang memungkinkan pengguna mendapatkan kemampuan layaknya superhuman. Namun ini bukanlah satu-satunya kemampuan yang ada di dalam OFA itu sendiri. Setelah melewati 9 pengguna OFA dan berakhir di Deku sekarang, OFA telah mewarisi quirk-quirk dari para pengguna sebelumnya. Karena seperti yang kita tahu bahwa OFA tak selalu diwariskan pada seorang quirkless layaknya All Might dan Deku.

sejarah one for allSampai saat ini baru 3 quirk yang terungkap ada di dalam OFA. Pertama quirk milik adik AFO sendiri yaitu mentransfer quirk pada orang lain. Kemudian quirk penimbun kekuatan yang diberikan oleh AFO. Dan terakhir yang baru terungkap adalah Blackwhip yang merupakan milik dari salah satu pengguna OFA di masa lalu. Untuk berapa quirk di dalam OFA yang belum terungkap masihlah misteri. Kita belum bisa memastikan apakah para pengguna sebelumnya juga memiliki quirk masing-masing ataukah seorang quirkless. Mari kita nantikan saja kelanjutan kisahnya dalam serial Boku no Hero Academia.


Like it? Share with your friends!

853

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *