[REKOMENDASI] 9 Anime yang Mirip Eromanga Sensei

anime mirip eromanga sensei

Eromanga sensei merupakan sebuah anime yang diadaptasi dari light novel karya Tsukasa Fushimi. Selain diadaptasi menjadi anime, sebelumnya Eromanga Sensei juga telah diadaptasi menjadi manga yang dirilis pada Gekkan Komikku Dengeki Daio. Sebelum kita masuk ke bahasan utama tentang anime yang mirip Eromanga Sensei, mari kita lihat dahulu sinopsisnya agar lebih mengenal karakter serta jalan ceritanya.

Eromanga Sensei mengisahkan tentang kehidupan kakak beradik Masamune dan Sagiri Izumi. Walaupun tinggal serumah, keduanya tidak pernah berinteraksi selama lebih dari satu tahun dikarenakan sang adik menjadi seorang Hikikomori yang mengurung diri di kamar. Karena orang tua mereka sudah meninggal, Masamune menjadi seorang penulis light novel untuk mencukupi kebutuhan keduanya.

Namun karena tidak pandai dalam menggambar ilustrasi, Masamune pun bekerjasama dengan seorang illustrator dengan pen name “Eromanga”. Walaupun bekerja sama, keduanya bahkan belum pernah bertemu satu sama lain. Namun sebuah fakta mengejutkan terungkap, ternyata sang “Eromanga” tersebut adalah adiknya sendiri, Sagiri Izumi

Anime bergenre comedy, drama dan romance ini diproduksi oleh studio A-1 Pictures dan rilis pada musim Spring 2017 dengan jumlah 12 episode. Banyak penggemar anime yang sedih saat Eromanga Sensei tamat. Mereka pun mencari rekomendasi anime yang mirip dengan Eromanga Sensei untuk menggantikan animenya yang sudah tamat. Untuk menjawab kegalauan tersebut, Chameleonime telah membuat daftar anime yang memiliki kesamaan dengan Eromanga Sensei. So, Check This Out!!

Daftar Anime yang Memiliki Kemiripan Cerita Seperti Eromanga Sensei

1. Ore no Imouto ga Konnani Kawaii Wake ga Nai

Kita mulai dengan anime yang mempunyai judul mirip kereta api ini, untuk mempermudahnya kita sebut saja Oreimo. Berkisah seputar kehidupan kakak beradik Kyousuke dan Kirino Kousaka, meskipun bersaudara keduanya tidak saling akrab satu sama lain. Namun sebenarnya sang kakak ingin lebih akrab dan mengenal adiknya tersebut.

Suatu hari Kyousuke menemukan fakta bahwa adiknya merupakan seorang otaku yang menyukai game eroge dan dating visual novel. Namun otaku dianggap sebagai sosok yang aneh dan tidak normal jika di Jepang. Karena rahasianya sudah terbongkar dan ia tidak ingin popularitasnya di sekolah hancur karena title otaku nya. Kirino pun mulai berinteraksi dan meminta bantuan kakaknya dalam menjalani kehidupan otakunya. Dari sinilah keduanya mulai lebih dekat serta akrab satu sama lain.

Alasan mengapa saya menempatkan Oreimo di peringkat satu adalah karena sejuta kemiripan yang ia miliki dengan Eromanga Sensei. Mungkin dari luar kalian sudah tahu, kedua anime ini sama-sama memfokuskan diri pada kehidupan dan hubungan kakak beradik yang kurang akrab serta berinteraksi satu sama lain.

Ketika “rahasia” dari sang adik terungkap, hal ini merupakan titik balik dari cerita di kedua anime ini. Selain itu hal yang perlu kalian ketahui adalah, Oreimo diadaptasi dari light novel karya Tsukasa Fushimi yang mana juga penulis Eromanga Sensei, jadi jangan heran kalau ceritanya memiliki kemiripan. Oreimo merupakan anime pertama yang wajib kamu coba!!

Baca Juga : [REKOMENDASI] Anime yang Mirip Oreimo

 

2. Bakuman

Kita beralih ke salah satu anime yang diadaptasi dari manga duo Tsugumi Ohba dan Takeshi Obata. Bakuman terdiri dari 3 season yang bercerita tentang sosok Mashiro Moritaka yang bercita-cita untuk menjadi mangaka seperti pamannya sejak ia masih kecil. Namun kematian sang paman membuat dirinya mengubur dalam-dalam impian tersebut.

Saat kelas 3 SMP, Akito Takagi yang melihat bakat serta kemampuan Mashiro dalam menggambar manga memutuskan untuk mengajaknya bekerjasama. Meski awalnya tidak setuju, namun Takagi mampu membujuk dan membuat Mashiro mau bekerjasama dengannya. Keduanya kini bekerja keras demi membuat sebuah manga yang akan dikenal banyak orang.

Yosh, di peringkat kedua ini tidak lagi bercerita tentang kehidupan kakak beradik, namun lebih fokus kepada perjuangan dua anak muda demi meraih mimpinya. Di kedua anime ini karakter utamanya bekerjasama untuk menjadi yang terbaik di dunia kreatif. Yahh, meski berbeda bidang namun atmosfer persaingan sangat terasa di kedua anime ini.

Selain cerita Bakuman yang seru dan tidak membosankan, banyak sekali karakter yang masing-masing memiliki ciri khasnya sendiri. Meskipun mereka rival, jiwa persahabatan masih tetap mereka junjung tinggi. Jangan khawatir, bagi kalian penggemar romance juga akan dimanjakan dengan kisah malu-malu kucing antara MC dan heroinenya.

 

3. Himotou! Umaru-chan

Anime ini tayang pada Juli 2015 hingga September 2015 dengan total berjumlah 12 episode. Untuk season 2 nya akan dirilis pada musim Fall 2017. Jalan ceritanya berpusat pada seseorang dengan nama Umaru yang bisa dibilang sebagai sosok gadis yang sempurna. Ia memiliki hampir semual hal yang para gadis dan laki-laki inginkan, pintar, cantik, pandai olahraga serta music dan sopan merupakan segelintir kelebihan yang ia miliki.

Namun semua kesempurnaan tersebut hanya bertahan sampai ia berada di depan pintu rumahnya. Saat Umaru  masuk ke dalam rumah, dirinya berubah menjadi sosok yang 180 derajat berbeda dengan dirinya saat berada di sekolah. Dengan memakai hoodie dan menjadi sosok yang kecil, Umaru kini berubah menjadi gadis pemalas yang kerjaannya hanya tidur, bermain game dan nonton anime. Hanya sang kakak, Doma Taihei yang mengetahui rahasia besar dari Umaru tersebut.

Anime bergenre comedy, school dan slice of life ini sangat cocok ditonton saat santai. Selain ceritanya yang tidak terlalu berat, banyak kejadian lucu yang akan membuat kalian tertawa ngakak. Meski sama-sama otaku, Umaru cenderung memiliki perilaku yang lebih energik jika dibandingkan dengan Sagiri. Namun tetap saja keduanya cantik dan lucu, pedofil harap mundur ya…

 

4. Gekkan Shoujo Nozaki-kun

Cerita dimulai ketika Sakura Chiyo membulatkan tekad untuk menyatakan perasaannya kepada Umetarou Nozaki. Namun karena terlalu gugup, momen itu malah berubah menjadi sebuah kesalahpahaman. Setelah kejadian itu, Chiyo diajak untuk pergi ke rumah pria idamannya tersebut. Disanalah ia mengetahui fakta bahwa Nozaki sebenarnya adalah seorang mangaka.

Sejak saat itu, Chiyo sering membantu Nozaki dalam mengerjakan projek manga buatannya. Meskipun Nozaki sendiri adalah seorang mangaka shoujo, ia tak pernah mengalami yang namanya kisah percintaan sehingga dirinya kurang peka terhadap perasaan Chiyo padanya. Meski begitu, Chiyo tidak pernah menyerah pada pujaan hatinya tersebut.

Dari segi cerita mungkin lebih mirip ke Bakuman daripada Eromanga Sensei, namun tetap saja mereka sama-sama bergerak di bidang kreatif.  Cerita Gekkan Shoujo Nozaki-kun juga lebih berfokus pada kisah romance antara Nozaki dan Chiyo. Namun jangan khawatir, bumbu comedy yang kreatif akan membuat ceritanya semakin legit serta tidak membosankan untuk ditonton.

 

5. Ore no Kanojo to Osananajimi ga Shuraba Sugiru

Kembali kita menemukan sebuah anime dengan judul panjang lebar, kali ini kita singkat menjadi Oreshura. Anime bergenre comedy, harem, romance dan school ini diproduksi oleh A-1 Pictures dan merupakan adaptasi dari sebuah light novel. Singkat kata begini alur ceritanya…

Temui karakter utama kita yang bernama Kidou Eita, dia ini orangnya anti banget dengan yang namanya romance dan percintaan. Hal ini karena dirinya ingin fokus untuk belajar dan menjadi seorang dokter. Dari sini kita tahu bahwa Eita merupakan sosok yang baik, dan lagi karena tinggal bersama bibinya, Eita belajar sangat keras demi mendapat beasiswa dan meringankan beban bibinya. Sungguh mengharukan…

Eitss.. tapi ini bukan kisah drama lho, suatu hari Eita dipertemukan dengan Natsukawa Masuzu yang tiba-tiba meminta Eita untuk menjalin hubungan palsu dengannya. Berbekal rahasia bahwa Eita pernah mengidap sindrom Chunnibyou (silahkan gugel artinya), ia berhasil memaksanya untuk menjalin sebuah hubungan palsu dengannya.

Tapi ga seru kalau cuma begitu, disinilah muncul karakter heroine lain seperti Harusaki Chiwa, Akishino Himeka dan Fuyumi Ai. Gadis-gadis cantik ini harus berebut untuk memenangkan hati seorang Kidou Eita. Jika dilihat-lihat, kisah Eita ini mirip dengan Masamune, mereka ini selalu bertemu gadis-gadis cantik dalam kehidupannya. Bikin jones ngiri ajah…

 

6. Saenai Heroine no Sodatekata

Yang satu ini judulnya juga lumayan panjang yah, jadi disingkat jadi Saekano saja. Seperti Eromanga ataupun Oreshura. Saekano juga diadaptasi dari sebuah light novel, untuk animenya sampai artikel ini ditulis sudah rilis sebanyak 2 season dengan jumlah total 23 episode. Untuk sinopsisnya kira-kira seperti ini…

Kita dihadapkan lagi dengan karakter yang juga seorang otaku bernama Aki Tomoya. Suatu hari saat ia bertemu gadis cantik bernama Katou Megumi, dirinya mendapatkan ide untuk menjadikan Katou sebagai heroine dalam sebuah Gyaruge (Gal Games). Yah, angan-angan itu nampaknya akan sulit terwujud karena dirinya tidak bisa menulis ataupun menggambar ilustrasi.

Disinilah beberapa karakter lain muncul, Aki meminta pertolongan Eriri Sawamura yang merupakan seorang artist doujinshi. Kemudian merekrut kakak kelasnya, Kasumigaoka Utaha yang merupakan seorang penulis light novel. Keempatnya kini berusaha keras demi mewujudkan game tersebut agar bisa rilis saat event Comiket musim dingin nanti.

Dari segi cerita mungkin lebih terfokus pada kisah harem romance antar karakternya sih, mirip-mirip Oreshura. Namun kisah mereka untuk menyelesaikan game tersebut juga cukup menarik untuk ditonton. Bagaimana seorang otaku, artist doujinshi, penulis LN dan seorang gadis biasa bekerjasama dan bersaing dalam satu waktu.

 

7. Nisekoi

Yosh, siapa yang tidak kenal dengan anime ini, digadang-gadang sebagai salah satu anime romance terbaik, membuat Nisekoi pantas masuk ke dalam list ini. Sebenarnya Nisekoi juga hanya membawa genre harem, romance, comedy, school sih. Lalu apa yang membuatnya menarik dan wajib ditonton? Langsung saja kita simak sinopsisnya.

Raku Ichijou merupakan seorang putra dari boss Yakuza, sedangkan Kirisaki Chitoge merupakan seorang putri dari boss Mafia. Karena konflik antara kedua kubu tersebut, Raku dan Chitoge dipaksa untuk pura-pura berpacaran demi mendinginkan suasana. Meskipun cantik, Chitoge ini bukanlah kriteria Raku, begitu juga dengan sebaliknya. Hal tersebut membuat kisah cinta palsu ini tidak selalu berjalan dengan lancar.

Selain karena alasan tersebut, Raku sudah membuat janji dengan seorang gadis pada 10 tahun yang lalu. Namun ia tidak bisa mengingat nama serta wajah gadis tersebut, hanya sebuah kalung liontin yang menjadi tanda akan janji tersebut. Nah, ternyata Chitoge ini juga pernah membuat janji dengan seorang anak laki-laki 10 tahun yang lalu, namun kasusnya ia juga tidak mengingat nama dan wajahnya.

Tapi ga akan seru kalau cuma begitu, disinilah mulai bermunculan gadis-gadis lain yang ternyata juga punya kisah serupa dengan mereka. Setidaknya ada 3 gadis yang memegang kunci, namun hanya akan ada 1 kunci yang bisa membuka liontin milik Raku sebagai bukti bahwa ia adalah gadis dalam cerita tersebut. Siapakah gadis dalam janji tersebut?

Saya pribadi mengakui Nisekoi sebagai anime harem romance comedy yang keren. Dimana ceritanya tidak pernah membosankan dan selalu kreatif. Karakternya juga unik dan moe-moe, apalagi Chitoge dan Onodera. Dari segi art anime ini sangat fresh dan mirip dengan Eromanga Sensei. Pokoknya bagi kamu pecinta maupun bukan pecinta romance wajib mencoba Nisekoi, jangan sampai tidak!!

 

8. Gamers!

Anime yang satu ini bisa dibilang sangat segar karena saat artikel ini saya tulis, masa tayangnya aja belum selesai. Dari judulnya aja kalian pasti udah bisa nebak apa isinya, yang pasti tentang seorang maniak game. Saya sendiri belum tahu bagaimana kisahnya tapi singkat cerita mungkin seperti ini.

Keita Amano adalah seorang yang kesepian dan selalu menghabiskan waktunya hanya untuk bermain game. Beruntungnya, ia diajak bergabung ke sebuah klub game oleh Karen Amano yang mana merupakan gadis paling cantik di sekolah (widihh). Tujuan mereka belum tau sih, mungkin mau main bareng, ehh tapi main game lho bukan yang lain.

Dari yang tertulis, anime ini bergenre comedy, romance, school, tapi saya sendiri mulai mencium bau-bau unsur harem di dalamnya. Inti ceritanya sih tentang orang yang nerd atau kecanduan akan sesuatu. Kalo dibandingin dengan Eromanga Sensei, keduanya sama-sama berunsur comedy kuat.

 

9. Watashi ga Motenai no wa Dou Kangaetemo Omaera ga Warui!

Kenapa para penulis sekarang suka ngasih judul panjang banget yak, singkat aja dah Watamote. Karakter utama kita kali ini juga seorang gamer akut bernama Kuroki Tomoko. Tapi berbeda dari gamer pada umumnya, Tomoko ini selalu bermain game simulasi kehidupan SMA dsb. Hal ini ia lakukan dalam rangka menyiapkan dirinya untuk menghadapi kehidupan “keras” di SMA.

Singkat cerita, Tomoko sudah memainkan puluhan jenis game simulasi, dengan penuh kepercayaan diri, iapun mulai mempraktekkan apa yang telah ia pelajari dari game ke kehidupan sebenarnya. Namun ternyata kepercayaan diri itu tidak cukup untuk menolongnya, Tomoko bahkan tidak bisa mendapatkan satu orang teman pun disana.

Kisah Tomoko ini dipenuhi dengan humor dan kelucuan karena usahanya untuk menarik perhatian orang di sekitarnya. Tapi jangan salah, Watamote tidak hanya terfokus pada unsur comedy, sesekali kita akan diajak untuk ikut meratapi serta berempati terhadap nasib dari karakter utama kita ini. Yah, bisa dibilang ikut mikul beban dia dah…

Dari segi karakter, Kuroki Tomoko punya beberapa kemiripan dengan Sagiri Izumi dari Eromanga Sensei. Mereka ini sama-sama tidak mempunyai kehidupan sosial dan lebih suka menyendiri. Namun dari segi desain kayaknya kedua karakter ini bertolak belakang, Tomoko digambarkan sebagai seorang karakter dengan aura yang selalu gelap dan murung. Ga heran kehidupannya juga tampak suram.. wkwkwk..

 

Yosh… kita sudah sampai di penghujung artikel yang membahas tentang daftar anime yang mirip dengan Eromanga Sensei. Diatas saya sudah menyajikan list judul anime yang bisa menjadi pengganti Eromanga Sensei yang sudah tamat. Yah, itung-itung bisa mengganjal “rasa lapar” sambil menunggu lanjutan animenya. Nantikan artikel tentang anime yang mirip dengan serial favorit kalian lainnya!! Untuk yang ingin request silahkan tinggalkan komentar…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *