[REKOMENDASI] 6 Anime yang Mirip Violet Evergarden


[Daftar Anime yang Seperti Violet Evergarden]Rilis pada musim Winter 2018, judul serial Violet Evergarden ini menyita perhatian cukup banyak orang. Bagaimana tidak, anime yang dikerjakan oleh Kyoto Animation ini memang memiliki cerita yang cukup unik. Ia mengisahkan tentang perang yang tentu saja penuh dengan hal menyedihkan. Namun tidak seperti kebanyakan anime lainnya. Violet Evergarden tidak menceritakan masa perangnya, tapi masa setelah perang tersebut.
Dalam anime ini kita akan disajikan kisah penuh emosional tentang karakternya setelah melewati masa perang. Dan hal ini memang cukup berhasil, terbukti banyak fans yang setia menunggu perilisan setiap episodenya. Nah kita tinggalkan sejenak Violet Evergarden. Kali ini kita akan membahas anime yang mirip dan serupa dengannya. Apa ada? Tentu saja ada! Berikut ini kumpulan judul anime yang hampir sama dengan Violet Evergarden.

Daftar Judul Anime yang Ceritanya Seperti Violet Evergarden

 

Mahoutsukai no Yome

rekomendasi daftar anime mirip violet evergarden

Chise Hatori adalah seorang gadis berumur 15 tahun yang telah melewati hidup dengan keras. Setelah ditinggalkan oleh orang tuanya, ia dimasukkan ke tempat penjualan budak. Chise hanya mengenal kekejaman yang selama ini ia rasakan. Namun semua itu berubah saat dirinya dibeli oleh seorang pria bernama Elias. Ia bukanlah seorang pria biasa melainkan seorang penyihir legendaris. Dari sana mereka berdua memulai kehidupan baru yang lebih cerah daripada sebelumnya.

Untuk yang pertama kita akan menempatkan Mahoutsukai no Yome. Walaupun ia lebih berlandaskan pada genre fantasy, konsep serta ide di dalamnya masih mirip dengan Violet Evergarden. Chise dan juga Violet memiliki background dengan masa lalu yang tragis. Rasa kemanusiaan mereka juga hilang karena pengalaman pahit yang telah dilalui. Sementara Violet mencari tahu apa itu cinta, Chise juga mencari tempat yang bisa disebut sebagai rumah.

Plastic Memories

rekomendasi daftar anime mirip violet evergarden

Berpusat pada Tsukasa Mizukagi berumur 18 tahun yang kini bekerja di Artificial Intelligence Corporation setelah sebelumnya gagal masuk perguruan tnggi. Tsukasa bergabung dalam Terminal Service One yang menangani AI yang disebut sebagai Giftias. Walaupun Giftias adalah manusia buatan yang mengagumkan, 9 tahun 4 bulan yang lalu pernah terjadi kehilangan kontrol yang menyebabkan kekacauan. Ini adalah kisah tentang bagaimana hubungan Giftias dan manusia, bagaimana mereka dicintai ataupun dijaga oleh para pemiliknya.

Sama seperti Violet Evergarden, dalam serial ini masih mengedepankan emosi kepada pada penontonnya. Isla adalah karakter yang berupa manusia buatan yang ingin tahu tentang emosi. Mungkin Plastic Memories akan lebih condong ke romance daripada Violet Evergarden. Namun keduanya memiliki MC wanita yang sangat menarik untuk diikuti kisahnya.

Shuumatsu Nani Shitemasu ka? Isogashii desu ka? Sukutte Moratte Ii desu ka?

rekomendasi daftar anime mirip violet evergarden

Willem Kmetsch pernah menjadi seorang pejuang yang melawan para binatang buas yang mengancam umat manusia. Setelah pertempuran itu, Willem membeku dan tidur untuk waktu yang lama. 500 tahun telah berlalu dan kini bumi telah diambil alih oleh monster sehingga manusia pun berada di ambang kepunahan. Ketika Willem ditemukan dan terbangun kembali, ia tidak mengenali dunia lagi. Namun tujuannya saat ini adalah menjaga para anak-anak yang disebut sebagai Leprechaun. Mereka lah satu-satunya harapan manusia untuk melawan para monster tersebut.

Suka-Suka merupakan anime yang dikerjakan oleh studio Satelight dan C2C. Diadaptasi dari sebuah light novel, serial ini mengisahkan tentang perjuangan bertahan hidup. Ia juga berusaha mengatakan bahwa betapa berharganya hidup ini. Suka-Suka nampak memiliki porsi genre action yang lebih banyak. Namun tema tentang emosional dan perasaan yang ia bawa membuatnya seperti Violet Evergarden. Jangan lupa untuk menyiapkan tisu sebelum menontonnya.

Death Parade

rekomendasi daftar anime mirip violet evergarden

Apa yang terjadi setelah kita mati? Apakah kita akan pergi keakhirat kemudian berlanjut ke surga atau neraka? Mungkin yang menanti kita bukanlah hal seperti itu. Kita akan sampai di Quindecim, sebuah tempat dimana nasib setelah kematian akan ditentukan. Melalui sebuah permainan penuh tekanan psikologis. Para orang mati ini akan dipaksa mengeluarkan emosi terdalam dan mengakui dosanya semasa hidup. Itulah yang akan menentukan apakah kita akan bereinkarnasi atau berakhir di jurang kehampaan tanpa batas.

Dalam serial anime yang dikerjakan oleh Studio Madhouse ini memang bersifat episodic. Disini kita akan diperlihatkan bagaimana untuk menggali kisah penuh emosi dari masing-masing individu. Dengan berjumlah 12 episode, Death Parade akan menyajikan kisah yang cukup emosional. Jika kamu suka dengan Violet Evergarden, maka kemungkinan kalian juga akan cocok untuk menonton Death Parade.

Tegami Bachi

rekomendasi daftar anime mirip violet evergarden

Berkisah tentang seorang Tegami Bachi bernama Gauche Suede yang bertugas untuk mengantarkan surat. Namun kali ini bukan surat biasa, ia harus mengantarkan seorang anak berumur 7 tahun yang bernama Lag Seeing. Memang hal ini lebih sulit daripada mengantar surat biasa. Ditambah lagi dalam perjalanannya, mereka dihadang oleh para Gaichu yang mengincar surat yang dibawa para Tegami Bachi. Emosi dan perasaan yang ditulis oleh para pemilik surat itulah yang menjadi makanan para Gaichu.

Ada beberapa kesamaan yang membuat Tegami Bachi dan Violet Evergarden nampak serupa. Pertama adalah adanya ‘surat’ yang menjadi pusat dari ceritanya. Selain itu, Tegami Bachi juga masih berfokus pada emosi dan perasaan dari alur ceritanya. Meskipun tidak terlalu populer, anime ini sangatlah layak untuk ditonton.

Sakurasou no Pet na Kanojo

rekomendasi daftar anime mirip violet evergarden

Kanda Sorata harus ‘terjebak’ dan tinggal di asrama SMP Suimei yang katanya berisi orang-orang aneh. Yap, memang disana ia bertemu dengan teman-teman dengan kepribadian yang berbeda dan kadang nyeleneh. Meskipun kehidupan barunya kini jauh dari apa yang ia harapkan, namun ada satu hal baik yang terjadi. Disana ia bisa menemukan pertemanan dan bahkan romantisme yang tidak ia temui sebelumnya.

Untuk yang terakhir kami akan merekomendasikan Sakurasou no Pet na Konojo. Namun agak berbeda, anime ini bisa dibilang lebih condong ke arah comedy. Sedangkan Violet Evergarden nampak penuh drama yang gelap. Namun keduanya sama-sama mengisahkan seseorang yang berusaha menemukan cinta. Yah, meskipun Sakurasou nampak lebih cerah, tapi mungkin ini bisa menjadi salah satu alternatif bagi kalian.

 

Itulah beberapa rekomendasi anime yang mirip dengan Violet Evergarden versi Chameleonime. Semua judul dalam list anime yang sama dan seperti Violet Evergarden diatas memiliki cerita yang menarik dan seru. Semoga kumpulan serial diatas bisa menjadi alternatif pengganti untuk kalian tonton. Ingin tahu anime apa aja yang hampir sama? Silahkan lihat di Anime Mirip / Similar Animanga.


Like it? Share with your friends!

841

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *