[REKOMENDASI] 13 Anime Genre Isekai Terbaik [List Lengkap]


rekomendasi anime genre isekai terbaik

[Top Isekai Anime Recommendations] – Cerita dalam anime itu sangat beragam dan salah satu yang sangat populer adalah yang bertema isekai. Sudah tahukah kalian apa arti dari genre isekai itu? Anime bergenre isekai pada dasarnya hampir mirip dengan anime bertema sci-fi. Kedua genre ini biasanya berlatar di sebuah dunia yang keadaan maupun suasananya berbeda dengan dunia nyata saat ini. Namun ada perbedaan mendasar antara keduanya, jika unsur sci-fi masih bisa dijelaskan dengan teori maka dalam isekai banyak hal mustahil yang tidak bisa terjadi di dunia nyata.

Secara harfiah isekai bisa diartikan sebagai dunia lain, dunia parallel, dimensi lain dsb. Intinya anime yang mengambil tema yang satu ini akan berlatar di sebuah dunia yang jauh berbeda dari dunia nyata. Biasanya mereka selalu diiringi dengan unsur fantasy dan magic sehingga banyak hal unik yang bersifat imajinasi. Ada beberapa rumus cerita yang sering digunakan dalam genre isekai. Dan mungkin yang paling sering ditemui adalah ketika seorang karakter dibawa maupun diseret ke dunia lain.

Meskipun premis seperti ini sudah cukup sering digunakan, ternyata ada banyak sekali anime yang memiliki cerita khas dan menarik. Masing-masing dari mereka mampu memberikan warna dan aroma tersendiri dalam ceritanya. Penasaran dengan anime yang mengisahkan tentang karakter yang ditransfer ke dunia lain? Setelah mengumpulkan beberapa judul pilihan, Chameleonime telah berhasil membuat list anime bertema isekai terbaik yang wajib kalian tonton.

Rekomendasi Anime Bergenre Isekai dan Game MMORPG

Demi memberikan sebuah saran akan anime dengan kualitas dan rating yang tinggi, kami telah memfilter beberapa judul terbaik. Daftar anime berikut ini terbukti mampu membawakan konsep isekai dengan baik. Walaupun premis yang dipakai hampir sama, daftar anime isekai berikut ini sangatlah populer karena ceritanya yang seru dan bagus.

#1. Sword Art Online

rekomendasi anime genre isekai terbaik

Kita mulai dengan anime bergenre isekai yang pasti sudah kamu ketahui, apalagi kalau bukan Sword Art Online. Anime yang satu ini mengisahkan tentang sekelompok player yang terjebak di dunia game bernama SAO. Teknologi bernama Nerve Gear yang digunakan oleh game MMORPG ini memungkinkan untuk mentransfer kesadaran pemain ke dalam dunia virtual. Namun secara mengejutkan sang pencipta SAO, Kayaba Akihiko berencana untuk menjebak para pemain disana.

Bukan hanya tidak bisa logout, kini dunia SAO bagaikan sebuah neraka yang memaksa para pemainnya untuk bertahan hidup. Bagi siapapun yang kalah dan mati disana maka nyawanya yang ada di dunia nyata juga akan ikut melayang. Hanya ada satu cara untuk bisa keluar dari sana yaitu dengan menyelesaikan game dan mengalahkan boss di lantai 100 menara Aincrad. Sebuah kisah anime action romance terbaik yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi kualitas ceritanya.

#2. Drifters

rekomendasi anime genre isekai terbaik

Beranjak ke salah satu anime genre isekai action yang masih terbilang baru namun memiliki cerita yang badass. Drifters berkisah tentang Toyohisa Shimazu yang sedang terlibat perang sengit Sekigahara. Demi menyelamatkan sang paman, ia rela menghadapi satu pasukan musuh sendirian. Walaupun akhirnya selamat, Toyohisa berakhir dengan luka yang teramat parah di seluruh tubuhnya.

Dengan berjalan tertatih-tatih dalam keadaan sekarat, tiba-tiba ia mendapati dirinya di sebuah ruangan putih yang aneh. Disanalah ada seorang pria misterius bernama Murasaki. Secara aneh pria tersebut menyeret Toyohisa ke sebuah dunia lain. Disana ia bertemu dengan berbagai tokoh penting dari berbagai sejarah manusia. Dibandingkan dengan yang lainnya, Drifters merupakan anime dengan action terbaik dan pertarungan yang sangat seru.

#3. Isekai wa Smartphone to Tomo ni

rekomendasi anime genre isekai terbaik

Di tempat selanjutnya ada judul Isekai wa Smartphone to Tomo ni, apa kalian tahu anime yang satu ini? Rilis pada musim Summer 2017, ia awalnya cukup menyita perhatian banyak fans anime dan dianggap sebagai salah satu kandidat anime isekai terbaik 2017. Namun ternyata ekspetasi tidak berbanding lurus dengan realita. Banyak dari penonton yang mengeluhkan akan adaptasi anime dari light novel terkenal yang satu ini. Mereka mengangap cerita dari adaptasinya kurang maksimal dan hanya menjadikannya sebuah anime isekai harem.

Ceritanya sendiri berpusat pada Touya Mochizuki yang secara tidak sengaja terbunuh karena kesalahan seorang dewa. Sebagai permintaan maaf, dewa tersebut memberi kesempatan bagi Touya untuk hidup kembali di sebuah dunia fantasy. Ia pun di bawa ke sebuah dunia yang baru dengan membawa smartphone kesayangannya. Meskipun banyak yang menganggap anime ini memiliki alur cerita yang sangat biasa. Setidaknya ia bisa mengisi beberapa hari kalian yang kosong. Lihat juga Daftar Judul Anime yang Mirip Isekai wa Smartphone to Tomo ni.

#4. Overlord

rekomendasi anime genre isekai terbaik

Rekomendasi anime isekai selanjutnya ada serial berjudul Overlord. Anime yang diproduksi oleh Madhouse ini sangat terkenal di kalangan para fans anime. Overlord yang mengambil tema game MMORPG ini memiliki konsep yang mirip dengan SAO. Berlatar di sebuah game online bernama Yggdrasil yang telah mengumumkan penutupannya secara tiba-tiba. Ada seorang pemain dengan ID Momonga yang ingin menghabiskan waktu disana hingga servernya benar-benar ditutup.

Namun suatu keanehan terjadi, ketika sudah melewati batas waktu penutupan Momonga tidak logout dari Yggdrasil. Bahkan ia kini tidak bisa keluar dari game virtual reality tersebut. Tidak berhenti disitu, beberapa keanehan lainpun mulai bermunculan. Para NPC yang tadinya hanya bertindak sesuai program kini punya emosi dan kepribadian masing-masing. Berharap menemukan sesuatu, Momonga pun memulai petualangannya untuk menyelidiki apa yang sebenarnya sedang terjadi. Bagi yang suka anime ini, silahkan lihat juga anime yang ceritanya seperti Overlord.

#5. Hataraku Maou-sama

rekomendasi anime genre isekai terbaik

Di urutan berikutnya ada sebuah anime yang bisa dibilang memakai konsep terbalik dari genre isekai umumnya. Jika biasanya genre ini akan mengisahkan seorang manusia yang dibawa ke dunia fantasy, maka Hataraku Maou-sama malah melakukan yang sebaliknya. Berawal dari seorang raja iblis Satan yang sedang berada dalam pertarungan sengit dengan Yusha Emilia. Karena merasa terpojok, raja iblis tersebutpun membuat sebuah dimensi lain yang terhubung dengan dunia manusia.

Akibat hal tersebut, ia bersama dengan jenderal iblis bernama Alciel terdampar di dunia manusia. Tidak seperti tempat asalnya, kekuatan sihir di dunia manusia itu terbatas. Akhirnya mereka harus terjebak disana sambil mengumpulkan informasi terkait dengan sumber sihir di dunia manusia. Satan pun mengubah namanya menjadi Sadao Maou dan mengambil sebuah pekerjaan paruh waktu. Karena sulit beradaptasi dengan kehidupan manusia, hari-hari mereka pun selalu dipenuhi dengan kejadian comedy yang lucu dan kocak.

#6. Kono Subarashi Sekai ni Sufuku wo

rekomendasi anime genre isekai terbaik

Kita berlanjut ke nomor selanjutnya ada anime yang sering disingkat menjadi Konosuba. Bisa dibilang anime ini mirip dengan Isekai wa Smartphone to Tomo ni. Kenapa begitu? Karena Konosuba ini mengambil konsep karakter anime yang bereinkarnasi ke dunia lain. Ceritanya bermula ketika Satou Kazuma mengalami sebuah kecelakaan yang mengakibatkan dirinya meninggal. Namun sebenarnya penyebab kematiannya bukanlah kecelakaan, melainkan shock atau kaget.

Kemudian ia bertemu dengan dewi Aqua yang memberinya 2 pilihan yaitu beristirahat dengan tenang atau terlahir kembali di sebuah dunia fantasy. Setelah berpikir sejenak akhirnya Kazuma mengambil pilihan kedua, kini ia telah bereinkarnasi di sebuah dunia fantasy yang menakjubkan. Namun terlepas dari itu kehidupan barunya juga tidak berjalan mudah. Untuk makan saja dirinya harus banting tulang bersama dewi Aqua. Banyak adegan action dan comedy lucu yang akan mengocok perut kalian di anime ini.

#7. Log Horizon

rekomendasi anime genre isekai terbaik

Selanjutnya masih ada sebuah anime tentang terjebak di dunia lain, tepatnya adalah game MMORPG bernama Elder Tale. Tanpa sebab yang jelas, tiba-tiba para pemain dari game ini tidak bisa keluar dari dalam game. Shiroe merupakan karakter utama dari anime ini, ia dijuluki sebagai “penjahat berkacamata” karena dirinya merupakan seorang ahli strategi yang hebat. Dulunya ia pernah menjadi bagian dari Debauchery Tea Party yang terkenal mampu menyelesaikan berbagai quest sulit.

Namun tanpa alasan yang jelas party tersebut pun bubar, dan setelah itu Shiroe memutuskan untuk tidak bergabung dengan guild manapun. Namun setelah tragedy para permain yang terjebak di Elder Tale tersebut, Shiroe memutuskan untuk mendirikan guild bernama Log Horizon bersama beberapa mantan anggota Debauchery Tea Party. Karena keadaan Elder Tale yang tidak stabil akibat fenomena ini, Shiroe bermaksud untuk mengembalikan kedamaian di Elder Tale.

#8. Mondaiji-tachi ga Isekai kara Kuru Sou Desu yo?

rekomendasi anime genre isekai terbaik

Masih tentang main character yang ditransfer ke dunia parallel. Kali ini ada 3 karakter utama yaitu Sakamaki Izayoi, Kudou Asuka dan Kasukabe You. Mereka bertiga adalah karakter yang memiliki kekuatan overpower. Karena kekuatan tersebutlah ketiganya merasa hidupnya sangat membosankan. Namun hal itu berubah ketika ada sebuah amplop misterius yang menghampiri mereka. Saat dibuka, secara ajaib ketiganya dibawa ke sebuah dunia fantasy bernama Little Garden.

Kuro Usagi adalah seseorang yang telah membawa mereka ke dunia tersebut. Tujuan ketiganya diseret kesana adalah untuk membantu Usagi yang telah kehilangan status sosialnya karena kalah dalam sebuah permainan bernama Gift Game. Karena mereka bertiga bisa dibilang sebagai karakter anime terkuat, maka untuk mengalahkan musuh-musuhnya pun akan sangat mudah. Tujuan utama dari trio overpower ini adalah untuk mengalahkan raja iblis dari setiap wilayah di Little Garden.

#9. Re: Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu

rekomendasi anime genre isekai terbaik

Lagi-lagi sebuah anime yang mengisahkan karakter utama yang diseret ke dunia alternative layaknya Konosuba maupun Isekai wa Smartphone. Disini karakter utama adalah seorang Hikikomori bernama Natsuki Subaru. Secara tiba-tiba, ia ditransfer ke sebuah dunia fantasy sesaat setelah ia belanja di supermarket. Di dunia yang baru tersebut ia bertemu dengan Emilia, seorang gadis cantik yang merupakan keturunan setengah elf. Maka dimulailah petualangan keduanya untuk mencari benda berharga milik Emilia yang hilang.

Namun tidak lama kemudian keduanya diserang oleh monster yang mengakibatkan mereka berdua meninggal. Namun cerita belum selesai, ternyata Subaru memiliki sebuah kemampuan untuk kembali ke masa lalu ketika dirinya mati. Konsep time looping seperti di Steins;Gate dan dipadukan dengan isekai memang agak unik. Namun tidak berhenti sampai disitu, ada beberapa momen romance di anime ini yang membuat ceritanya semakin menarik. Tidak seperti Konosuba yang berfokus pada kisah comedy yang lucu, Re: Zero adalah sebuah anime dengan cerita yang menyedihkan karena berbagai momen baper yang ada disana.

#10. No Game No Life

rekomendasi anime genre isekai terbaik

Daftar anime selanjutnya berlanjut ke sebuah anime strategy yang digabungkan dengan tema isekai. No Game No Life adalah sebuah serial tentang karakter anime yang terlempar ke dunia lain. Semua berawal dari Sora dan Shiro yang dikenal dengan ID Kuhaku, mereka sangat handal dalam segala jenis game baik online maupun offline. Kemampuan mereka pun menarik perhatian Tet sang dewa Game. Setelah berhasil mengalahkan Tet dalam permainan catur, mereka berdua pun di seret ke sebuah dunia alternative.

Di dunia fantasy tersebut segala hal yang menggunakan kekerasan adalah dilarang. Semua hal baik itu konflik maupun permasalahan lainnya harus diselesaikan dengan cara bermain game. Layaknya sebuah anime judi, setiap game yang dimainkan membutuhkan taruhan yang setara. Dengan kecerdasan serta kemampuan Sora dan Shiro, keduanya mampu beradaptasi dengan aturan di dunia ini. Sebuah anime yang mampu memberikan kisah yang tidak membosankan karena akan membuat kita ikut berpikir sepanjang jalannya cerita. Berikut ini kumpulan anime menarik yang hampir sama dengan NGNL.

#11. Inuyasha

rekomendasi anime genre isekai terbaik

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas bahwa sebenarnya konsep isekai ini sudah ada sejak lama. Namun mungkin baru akhir-akhir ini banyak cerita yang memakai tema ini. Salah satu contoh yang bisa membuktikannya adalah Inuyasha. Kamu pasti sudah tahu dong dengan judul yang satu ini. Berkisah tentang seorang gadis muda bernama Kagome, di dekat rumahnya ada sebuah sumur keramat yang disebut sebagai sumur pemakan tulang.

Namun Kagome hanya menganggap semua hal magis tersebut sebagai takhayul belaka. Suatu hari ada seekor siluman yang keluar dari sumur tua tersebut dan menyeret Kagome masuk kesana. Dan anehnya, ia malah berpindah ke dunia lain yang berbeda dari tempat asalnya. Sebuah dunia yang nampak kuno dan berada 500 tahun di masa lalu. Dijelaskan bahwa Kagome merupakan reinkarnasi dari seorang pendeta Shinto bernama Kikyo.

Ia juga mewarisi bola 4 arwah yang dulu dimiliki oleh Kikyo. Kemudian Kagome dipertemukan dengan Inuyasha, seorang manusia setengah siluman. Akhirnya mereka berdua ditugaskan untuk mengumpulkan bola 4 arwah yang tercerai-berai karena serangan siluman. Memang ini merupakan salah satu anime jadul, namun ceritanya tetap menarik dan membuat banyak anime yang mirip Inuyasha bermunculan setelahnya.

#12. Zero  no Tsukaima

rekomendasi anime genre isekai terbaik

Mengisi nomor selanjutnya ada anime Zero no Tsukaima, terdiri dari 4 season anime yang satu ini akan sangat memuaskan kalian. Berpusat pada seorang gadis muda dari kalangan bangsawan bernama Louise Francoise Le Blanc de La Vallier. Ia kini tengah belajar di sebuah sekolah sihir. Namun meski berasal dari keluarga bangsawan, kemampuan sihirnya sangatlah payah. Setiap kali ia melakukan sihir maka pasti akan terjadi ledakan, oleh karena itu teman-teman menjulukinya sebagai Louise the Zero.

Suatu hari pada awal semester ajaran baru, semua murid diwajibkan untuk memanggil familia yang akan menemani mereka seumur hidup. Pada umumnya familia akan berbentuk makhluk mitos atau fantasy. Namun ketika Louise melakukan pemanggilan, yang muncul malah seorang pemuda dari dunia lain yaitu dunia manusia. Daripada diperlakukan sebagai partner, pemuda bernama Saito Hiraga tersebut lebih mirip sebagai pembantu. Namun lama kelamaan cerita mereka berlanjut menjadi kisah romance comedy yang manis tapi juga lucu.

#13. Knight’s & Magic

rekomendasi anime genre isekai terbaik

Di tahun 2017 ini juga terdapat sebuah anime isekai yang rilis, namun secara unik ia juga mengambil konsep yang tidak biasa. Berjudul Knight’s & Magic, anime mecha sekaligus isekai ini mengisahkan tentang Ernesti Echevarria yang meninggal karena sebuah kecelakaan. Namun beruntung, sosok yang lebih akrab dipanggil sebagai Eru ini memiliki kesempatan kedua untuk terlahir kembali di sebuah dunia fantasy.

Di dunia yang baru tersebut ada sebuah teknologi robot humanoid raksasa yang disebut sebagai Silhoutte Knight. Karena di kehidupan sebelumnya Eru merupakan seorang mecha otaku, maka dirinya sangat tertarik dengan benda tersebut. Sejak saat itu ia berniat untuk menjadi pilot dari Silhoutte Knight serta mengejar title Knight Runners. Dibandingkan dengan beberapa anime sebelumnya, konsep Knight’s & Magic cukup unik. Maka dari itu kalian harus menonton salah satu best mecha anime 2017 yang satu ini.

Demikian rekomendasi dan daftar judul anime yang bergenre isekai terbaik dan terpopuler saat ini. List anime diatas banyak menceritakan karakter utama yang dibawa maupun bereinkarnasi di dunia fantasy (game). Semoga informasi diatas bisa menambah daftar anime terjebak di dunia lain dalam list nonton kalian. Untuk berbagai rekomendasi menarik lainnya kalian bisa melihatnya di Rekomendasi Anime Terbaik.


Like it? Share with your friends!

850

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *