Penjelasan Ending Hello World, Mana True Endingnya?

Hello World, sebuah anime movie yang sempat menjadi perbincangan hangat akhir-akhir ini. Salah satu penyebabnya adalah banyak yang bertanya tentang penjelasan ending dari movie ini. Manakah yang dunia nyata dan apakah ceritanya berakhir dengan happy ending?

Sebenarnya mimin termasuk orang yang agak terlambat menonton anime ini. Karena sebelumnya sempat tidak tertarik saat melihat posternya, dikira ini sebuah anime romance biasa. Dan mimin sendiri kurang tertarik dengan anime genre tersebut.

Namun ketika Hello World menjadi perbincangan di komunitas anime dan banyak yang menanyakan bagaimana endingnya. Dari situ mimin mulai penasaran, yang tadinya dikira anime romance biasa mulai cari tahu dah sinopsisnya.

Dan sampai disini, akan mimin kasih peringatan BIG SPOILER ALERT bagi yang belum menontonnya. Tapi karena kalian sudah datang sejauh ini untuk mencari penjelasan tentang akhir ceritanya. Maka mimin yakin kalian sudah menontonnya kan?

Sinopsis Hello World

Sinopsis Hello World

Secara sederhana, premis cerita dari anime ini tentang teknologi bernama ALLTALE. Sebuah teknologi yang mampu menyimpan setiap record atau detail dunia ke dalam sebuah ruang memory yang tak terbatas.

Dijelaskan juga bahwa ALLTALE ini dapat dimanipulasi, dimana seseorang bisa memproyeksikan diri untuk masuk ke dalamnya demi mengubah masa lalu (dalam dunia data tersebut).

Karena ALLTALE memilki ruang penyimpanan yang tak terbatas, maka seluruh sejarah dan data yang tersimpan disana benar-benar detail. Sehingga menciptakan sebuah dunia begitu nyata dengan manusia yang mampu berpikir. Sehingga dunia dalam ALLTALE ini seperti sebuah rekaman data tentang masa lalu.

Baca Juga : Urutan Nonton Anime Steins;Gate

Timeline di Dalam Hello World

Sebelum kita memulai penjelasan tentang bagaimana cerita ending dari movie ini. Mari perjelas terlebih dahulu tentang timeline atau lebih tepatnya dunia yang ada di dalamnya. Karena ini merupakan salah satu faktor yang menyebabkan banyak kebingungan.

Jadi, di dalam Hello World setidaknya ada beberapa timeline atau dunia, diantaranya :

1. Timeline Masa Lalu (Timeline A)

Timeline A Hello World

Ini merupakan dunia dimana Naomi muda bertemu dengan Naomi-sensei (dewasa). Timeline ini adalah dunia data yang berisi rekaman tentang masa lalu dan bersetting di tahun 2027.

Naomi-sensei yang mengaku dari masa depan (tahun 2037) datang ke dunia data ini untuk membantu Naomi muda agar dapat berpacaran dengan Ruri. Selain itu juga untuk menyelamatkannya (Ruri muda) dari sambaran petir yang menyebabkannya koma.

Timeline A Hellow World

Namun tujuan utamanya adalah menculik kesadaran Ruri muda demi membangunkan tubuh Ruri yang asli karena masih dalam keadaan koma akibat tersambar petir. Untuk lebih mudahnya kita akan sebut dunia ini sebagai timeline A.

2. Timeline Past-Present (Timeline B)

Timeline B Hello World

Setelah Naomi-sensei berhasil menculik kesadaran Naomi muda, ia ‘kembali’ ke dunianya yang bersetting di tahun 2037. Dimana diperlihatkan bahwa Ruri dewasa akhirnya sadar terbangun kembali. Disini kita seperti sudah mendekati ending, namun ternyata bukan.

Saat momen-momen membahagiakan tersebut, secara mengejutkan Sistem Perawatan Otomatis muncul tepat di depan Ruri dewasa yang sudah terbangun. Hal tersebut membuat Naomi-sensei menyadari bahwa dunia yang selama ini ia anggap sebagai dunia nyata ternyata hanyalah sebuah dunia data semata.

Timeline B Hello World

Sistem Perawatan otomatis ini muncul karena adanya data asing yang harus dimusnahkan. Dalam hal ini targetnya adalah Ruri dewasa, karena data yang terdapat di dalam tubuh tersebut adalah Ruri muda yang dianggap asing bagi sistem.

3. Timeline Present (Dunia Nyata)

Timeline Dunia Nyata Hello World

Saat para penonton menyangka bahwa mereka sudah sampai ending, ternyata masih ada plot twist lagi. Dimana di akhir terlihat justru Naomi-sensei dewasa yang terbangun dari koma nya. Dan di depan dirinya berdiri sosok Ruri dewasa yang bahagia dengan kembalinya Naomi-sensei.

Bulan Hello World

Dan yang lebih mengejutkan lagi, diperlihatkan juga bahwa mereka tidak berada di bumi. Melainkan di sebuah fasilitas yang berada di bulan. Dari sinilah banyak anggapan bahwa ini merupakan dunia nyata yang sebenarnya.

Mana Dunia Nyata yang Sebenarnya?

Mana Dunia Nyata di Hello World

Nah loh? Kok yang koma jadi Naomi-sensei, bukannya sepanjang film diceritakan bahwa yang koma akibat sambaran petir itu Ruri? Apa kejadian tersebut cuma sebatas ilusi serta simulasi data dan tidak nyata?

Hmmm… Pasti kalian juga mempertanyakan hal tersebut ketika baru selesai menontonnya. Maka dari itu, Chameleonime akan memberikan sedikit teori penjelasan tentang bagaimana ending yang sebenarnya dari anime movie yang satu ini.

Semua yang diceritakan oleh Naomi-sensei tentang kecelakaan yang menimpa Ruri adalah nyata. Karena apa yang terjadi di Timeline A merupakan rekaman masa lalu. Namun dengan kedatangan Naomi-sensei, maka beberapa kejadian mengalami perubahan. Oleh karena itulah Sistem Perawatan Otomatis muncul dan berusaha mengembalikannya ke kondisi normal.

Setelah Naomi-sensei berhasil melaksanakan rencananya untuk menculik kesadaran Naomi muda. Akhirnya Naomi dewasa kembali sadar, namun ketika itu secara tiba-tiba Sistem Perawatan Otomatis muncul lagi. Padahal sebelumnya semua orang menganggap Timeline B adalah dunia nyata tempat Naomi-sensei berasal.

Timeline B Adalah Dunia Data

Akan tetapi ternyata Timeline B tak lain juga merupakan dunia data sama seperti Timeline A. Akhirnya Naomi muda pun datang ke Timeline B untuk menyelamatkan Ruri dan membawanya kembali ke dunianya.

Dan memang banyak kebingungan terjadi karena di ending kita justru melihat Naomi-sensei yang terbangun dari koma. Bukannya Ruri yang sepanjang movie diceritakan koma akibat tersambar petir. Lalu mana cerita yang sebenarnya?

Baca Juga : Penjelasan Ending Steins:Gate 0

Kronologi Ending Movie Hello World

Menurut teori dan bukti yang kita dapatkan di sepanjang film. Ruri muda memang benar-benar tersambar petir di tahun 2027 hingga kemudian koma. Setelah itu, Naomi berusaha keras untuk mencari cara menyadarkan Ruri kembali. Ia pun bergabung dengan project ALLTALE.

Dan akhirnya ia menyadari sebuah cara yaitu dengan mengambil kesadaran dari Ruri muda yang ada di dalam ALLTALE kemudian disatukan dengan tubuh Ruri dewasa yang koma. Naomi-sensei pun melakukan percobaan yang tak terhitung jumlahnya untuk melakukan Full-Dive ke dalam Timeline A (ini adalah kejadian di dunia nyata).

Percobaan Naomi Melakukan Full Dive

Karena banyaknya percobaan yang gagal, hal tersebut justru melukai tubuh Naomi-sensei. Hingga akhirnya ia berhasil melakukan Full-Dive dan memproyeksikan dirinya ke dunia data tahun 2027 serta bertemu dengan Naomi muda.

Namun karena adanya beberapa kesalahan sistem, setelah berhasil menculik kesadaran Ruri muda, Naomi-sensei justru terjebak di dalam Timeline B. Pada awalnya ia tak menyadari hal tersebut dan menganggap Timeline B adalah dunia nyata sampai akhirnya Sistem Perawatan Otomatis muncul.

Namun sampai disini Naomi-sensei memang sudah berhasil menyelamatkan Ruri YANG ASLI. Di dunia nyata yang kita lihat di ending, Ruri asli sudah terbangun. Namun justru ia melihat Naomi-sensei dalam keadaan koma karena kesadarannya terjebak di Timeline B.

Akhirnya, Ruri yang asli pun ganti berjuang untuk menyelamatkan Naomi-sensei agar kembali siuman. Bagaimana caranya? Yaitu dengan memproyeksikan dirinya ke dalam dunia data dalam bentuk gagak.

TAPI INGAT!! Di dalam film ini ada 2 ekor gagak yang berbeda. Pertama yang kita lihat diawal, dimana gagak tersebut tidak dapat berbicara dan selama bersama Naomi-sensei. Kedua adalah gagal yang terlihat di ending, dimana ia terlihat sedikit berbeda dengan rambut berwarna kuning dan dapat berbicara.

Gagak Bicara Hello World

Nah gagal kedua itulah yang merupakan proyeksi dari Ruri dewasa untuk membantu Naomi muda menyelamatkan Ruri muda. Karena gagak itu baru muncul setelah Naomi-sensei berhasil menculik kesadaran Ruri muda yang akhirnya membangunkan Ruri yang asli.

Gagak proyeksi Ruri yang asli kembali memberikan God Design kepada Naomi Muda. Dan seperti yang kita ketahui, bahwa akhirnya di pertarungan terakhir Naomi-sensei tertusuk dan akhirnya dihapus oleh Naomi muda menggunakan God Design.

Nah setelah itulah ending yang sebenarnya terjadi. Dimana setelah Naomi-sensei terhapus, ia pun kembali terbangun seperti yang kita lihat di akhir. Dan ini merupakan bagian yang dianggap sebagai True Ending oleh banyak orang sekaligus dunia nyata yang sebenarnya.

0

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *