6 Hal yang Perlu Kalian Ketahui Sebelum Menonton Steins;Gate 0


penjelasan cerita steins;gate 0

Apakah kalian sudah menonton seri Steins;Gate 0? Banyak orang kebingungan ketika menonton seri yang satu ini. Mereka tidak tahu akan awal mula cerita yang diangkat dalam Steins;Gate 0. Apakah merupakan lanjutan dari Steins;Gate season pertama? Nah jika kalian merupakan salah satu orang yang kebingungan, maka ini jawaban yang kalian cari. Dalam kesempatan kali ini, Chameleonime akan memberikan beberapa point penting yang harus kalian pahami terlebih dahulu sebelum menonton Steins;Gate 0.

 

Bagaimana Cara Menonton Steins;Gate 0 Dengan Benar?

Serial yang satu ini memang terbilang rumit apalagi mengangkat konsep time travel yang cukup kompleks. Jika kita tidak paham satu bagian saja, maka kemungkinan untuk memahami bagian lainnya akan semakin sulit. Lalu apa saja yang perlu diketahui agar lebih mudah memahami alur cerita Steins;Gate 0? Yuk mari kita simak bersama-sama!

 

Apa Itu Garis Dunia?

penjelasan cerita steins;gate 0Istilah Garis Dunia atau Worldline sangat sering disebut di anime yang satu ini. Memang konsep garis dunia merupakan salah satu tiang utama sebagai pembangun ceritanya. Secara sederhana, garis dunia adalah sebuah timeline yang masing-masing memiliki kemungkinan yang berbeda. Ada beberapa timeline alternatif yang diantaranya memiliki perbedaan yang besar namun kadang juga kecil. Satu-satunya cara untuk mengubah garis dunia adalah dengan melakukan time travel atau mengirim D-Mail ke masa lalu.

Ketika perjalanan waktu mengubah masa lalu, maka realita akan ditulis kembali berdasarkan masa lalu yang diubah tersebut. Orang pada umumnya tidak akan mengingat memory dari garis dunia lain (kadang muncul dalam bentuk ingatan samar). Namun tidak dengan Okabe Rintarou, ia memiliki kemampuan untuk menyimpan ingatan dari garis dunia lain yang disebut sebagai Reading Steiner. Tidak pernah dijelaskan secara khusus apa itu Reading Steiner. Namun ada kemungkinan berkaitan dengan sakit yang Okabe alami ketika ia masih kecil.

Dalam cerita Steins;Gate, ada beberapa garis dunia utama yang telah disebutkan. Alpha dimana Shiina Mayuri meninggal sedangkan Makise Kurisu hidup dan SERN menguasai dunia. Beta dimana Mayuri tetap hidup namun Kurisu meninggal dan perang dunia ketiga pun terjadi. Terakhir adalah garis dunia Steins;Gate dimana Okabe berhasil menyelamatkan Mayuri dan Kurisu agar keduanya tetap hidup.

 

Dimana Setting Cerita Steins;Gate 0 Terjadi?

penjelasan cerita steins;gate 0Ini adalah hal yang teramat penting, perlu diketahui bahwa cerita Steins;Gate 0 terjadi di garis dunia Beta. Dunia dimana Shiina Mayuri tetap hidup sedangkan Makise Kurisu meninggal. Di dunia tersebutlah Okabe berhasil menghentikan SERN dengan membatalkan semua D-Mail yang telah dikirimkan sebelumnya.

Lebih tepatnya, cerita Steins;Gate 0 ini berawal setelah episode 23 season 1. Saat dimana Okabe tidak mendapatkan pesan dari dirinya di masa depan dan akhirnya menyerah untuk menyelamatkan Kurisu serta perang dunia ketiga. Okabe dari garis waktu inilah yang nantinya di masa depan akan mengirimkan pesan berisi cara untuk menyelamatkan Mayuri dan Kurisu secara bersamaan.

 

Apakah Perlu Menonton Steins;Gate Season 1 Terlebih Dahulu?

penjelasan cerita steins;gate 0Sangat perlu, kenapa? Bukan hanya karena Steins;Gate 0 merupakan lanjutan/alternatif cerita di episode 23 season 1. Namun juga kalian tidak boleh melewatkan keseruan dari setiap cerita yang disajikan disana. Dengan menonton season 1 nya, kalian akan memahami apa motivasi Okabe untuk menyerah dalam menyelamatkan Kurisu. Disana kalian juga akan mendapatkan pengenalan serta pengembangan karakter yang lebih baik.

 

Apa Perlu menonton Movie dan OVAnya Juga?

penjelasan cerita steins;gate 0Kurasa tidak wajib namun tetap bagus untuk ditonton. Baik Movie maupun OVA nya terjadi pada garis dunia yang berbeda dari Steins;Gate 0. Selain dianggap sebagai non-canon, Movie dan OVA terjadi di garis dunia Steins;Gate yang merupakan hasil dari penyelamatan kurisu di ending season 1. Sedangkan untuk Steins;Gate 0 berlatar di garis dunia Beta dimana Okabe menyerah untuk menyelamatkan kurisu di episode 23 season 1.

 

Apa yang Terjadi Dengan SERN di Steins;Gate 0?

penjelasan cerita steins;gate 0Pada season pertamanya, SERN merupakan titik pusat dari konflik dalam cerita. Namun di Steins;Gate 0, nama SERN sangat jarang dan hanya beberapa kali disebut. Kenapa begitu, apa yang terjadi dengan organisasi tersebut? Pada cerita season 1, SERN mengambil mesin waktu Okabe dan menggunakannya untuk mengembangkan mesin waktu mereka sendiri. Dan oleh karena itulah SERN akhirnya berhasil mengambil alih dunia.

Seperti yang telah beberapa kali disebutkan diatas bahwa Steins;Gate 0 merupakan alternatif cerita setelah episode 23 season 1. Dan pada eps 22 season pertama, Okabe menghancurkan ponsel microwave dan menyuruh Daru menghapus segala jejak mereka dari data SERN. Dan inilah yang membuat garis dunia bergeser ke Beta.

Oleh karena itulah SERN tidak pernah mengembangkan mesin waktu karena mereka tidak mendapatkan milik Okabe. Sederhananya, di garis dunia Beta, SERN tidak berhasil membuat mesin waktu dan gagal menguasai dunia sehingga peran mereka tidak terlalu penting lagi. Jadi untuk apa terlalu diributkan?

 

Apakah Steins;Gate Terhubung Dengan Anime Semicolon Lainnya?

penjelasan cerita steins;gate 0Pernahkah kaian mendengar anime berjudul Chaos:HEAd, ChaoS;Child, Occultic;Nine dan juga Robotic;Notes? Nampak memiliki format judul yang sangat mirip dengan Steins;Gate kan? Bukan hanya itu saja, beberapa hal di beberapa anime (adaptasi VN) tersebut juga menyebutkan hal yang sama. Seperti adanya penyebutan organisasi SERN pada seri lain selain Steins:Gate. Namun kalian tidak perlu memikirkan hal itu dan fokus saja ke seri Steins:Gate nya. Tapi jika ingin menonton yang lainnya juga tidak ada masalah.

 

Nah itulah beberapa hal penting yang harus kalian pahami terlebih dahulu sebelum menonton Steins;Gate 0. Yah memang cukup membuat pusing ya, namun jika kalian mampu memahaminya akan membuat cerita menjadi lebih seru untuk diikuti. Oh ya, jika kalian menemukan kesalahan atau hal janggal terhadap tulisan diatas, silahkan diberikan koreksi ya. Namanya juga manusia, harap dimaklumi hehehehe… Kami juga punya Daftar Rekomendasi Anime Mirip Steins;Gate. Ada juga Anime yang Bertemakan Mesin Waktu atau Perjalanan Waktu. Dan jangan lupa untuk selalu kunjungi Chameleonime agar mendapatkan info anime paling menarik sedunia!


What's Your Reaction?

Unuseful Unuseful
0
Unuseful
Useful Useful
0
Useful

Comments

comments

Powered by Facebook Comments