Apa Itu Wibu dan Otaku? Pengertian Serta Perbedaannya

[generate_safelink]

Pengertian Wibu Otaku

Apakah kalian seorang wibu atau otaku? Kedua istilah tersebut pastilah sudah tidak asing lagi terutama bagi para penikmat anime dan manga. Bahkan sampai sekarang definisi antara wibu dan otaku ini masih sering menjadi perdebatan di sosial media.

Nah pasti kalian juga penasaran sebenarnya apa yang membedakan kedua istilah tersebut. Untuk menjawab pertanyaan itu, Chameleonime akan membahas tentang apa itu wibu dan juga otaku. Supaya dapat diketahui kalian itu termasuk makhluk jenis apa.

Pengertian Otaku

Perbedaan Wibu dan Otaku

Otaku sendiri sering diartikan sebagai orang yang suka dengan anime dan manga. Definisi tersebut memang tidak salah namun masih terlalu sempit untuk mengartikan istilah otaku yang sebenarnya.

Lalu apa itu otaku? Adalah sebuah istilah untuk menyebut seseorang yang terobsesi terhadap suatu hal seperti hobi tertentu. Istilah ini muncul sekitar setengah abad yang lalu dengan stereotipe bersifat negatif.

Kenapa begitu? Karena otaku seringkali terlihat sebagai seseorang yang nerd dan begitu terobsesi akan suatu hal. Contohnya seperti anime, manga, video game bahkan benda atau hobi tertentu. Deku dari BnHA adalah seorang All Might Otaku (karena sangat mengagumi dengan segala hal terkait All Might)

Perbedaan Wibu dan Otaku

Seorang otaku sendiri seringkali digambarkan sebagai sosok yang culun, berkacamata, kemeja kotak-kotak, membawa ransel dengan berbagai hiasan dari karakter favorit mereka.

Otaku juga seringkali diartikan sebagai orang yang menyukai pop culture jepang. Dimana dengan penyebaran budaya anime dan manga yang sangat cepat membuat budaya otaku ini ikut menyebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa istilah otaku sendiri sebenarnya tidak hanya terbatas pada anime, manga ataupun video game. Ada banyak jenis otaku tergantung pada objek yang membuat mereka terobsesi, diantaranya :

  • Anime Otaku
  • Manga Otaku
  • Video Game Otaku
  • Idol Otaku
  • Cosplay Otaku
  • Figure Otaku
  • Robot Otaku
  • Pasocon Otaku (Computer)
  • Seiyuu Otaku

Pengertian Wibu

Perbedaan Wibu dan Otaku

Wibu sendiri merupakan plesetan dari kata Weaboo. Istilah ini pada awalnya digunakan sebagai kata offensive terhadapan para western fans yang mana begitu terobsesi terhadap budaya jepang seperti pop culture. Sehingga ia digunakan untuk seserang yang berasal dari luar Jepang.

Namun akhir-akhir ini istilah wibu atau weaboo ini seringkali disalahartikan terutama di komunitas anime dan manga (seperti Indonesia). Dimana wibu dianggap sebagai sosok yang suka anime manga dan juga nolep dan terobsesi dengan seorang waifu.

Apakah hal tersebut benar? Mungkin ada beberapa bagian dari definisi tersebut yang benar. Namun weaboo sendiri merupakan sebutan untuk orang yang begitu kecanduan atau mendewakan jepang dengan segala budayanya.

Dimana para wibu umumnya menganggap Jepang adalah surga, Jepang adalah yang terbaik. Semua tempat selain Jepang bukanlah apa-apa dan mereka ingin lahir sebagai orang Jepang. Oleh karena itulah weaboo ini seringkali disebut sebagai “wanna be japanese”.

Perbedaan Wibu dan Otaku

Jika seseorang sudah menjadi seorang wibu, maka kehidupannya bisa dianggap tidak sehat. Karena obsesi yang mereka miliki melebihi tingkat seorang otaku. Bukan hanya soal kesukaan terhadap pop culture, namun hal tersebut juga mempengaruhi gaya hidupnya sehari-hari.

Karena seorang weaboo umumnya juga memiliki obsesi ingin seperti orang Jepang. Sehingga tak jarang banyak dari mereka yang berbicara dengan bahasa yang dicampur atau sering disebut sebagai “wapanese”. Contohnya saja seperti “Nama watashi Rizki-desu”.

Dan yang lebih menganggu adalah ketika seorang wibu berbicara seperti itu bahkan ketika di luar circle mereka. Saat berbicara dengan orang normal pun seringkali menggunakan bahasa wapanese. Tak heran jika weaboo dianggap sebagai orang aneh.

Mereka memiliki tingkat obsesi terhadap pop culture yang sangat ekstrem. Sehingga tak akan menerima sedikit pun pendapat negatif orang lain terhadap apa yang disukainya. Oleh karena itulah wibu akan cenderung mudah triggered ketika ada yang membicarakan hal buruk terkait jepang, pop culture ataupun anime dan manga.

Perbedaan Otaku dan Wibu

Perbedaan Wibu dan Otaku

Kedua istilah tersebut sebenarnya tetap merujuk pada arti yang negatif, namun pada tingkat yang berbeda. Otaku adalah seseorang yang menyukai suatu hal (benda atau hobi) secara sedikit berlebihan. Sedangkan Weaboo adalah sosok yang begitu terobsesi dengan jepang dan pop culturenya.

Seorang otaku memang menyukai objek tertentu, seperti anime dan manga. Namun hal tersebut hanya dijadikan sebagai hobi yang harus dinikmati. Sedangkan seorang weaboo adalah pemuja Jepang. Mereka menganggap Jepang dan budayanya adalah suatu hal yang sempurna.

Tak heran jika weaboo adalah sosok yang mendewakan pop culture. Sehingga tak akan bisa menerima sedikit kritik negatif terhadap hal yang mereka sukai. Serta menganggap hobi orang lain yang tak berkaitan dengan Jepang adalah sampah.

Kesimpulan

Jadi, apakah kalian seorang wibu atau otaku? Semoga penjelasan tentang kedua istilah diatas bisa sedikit mencerahkan akan jati diri kalian masing-masing. Silahkan cek artikel menarik lainnya dari Chameleonime.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *