Pengertian dan 30 Pengguna Geass Terkuat [Code Geass]


Pengertian Pengguna Geass Terkuat [Code Geass]

Pengertian Geass

Geass adalah sebuah kemampuan supernatural yang dapat diberikan oleh orang-orang tertentu kepada oranng lain. CC dan VV merupakan salah satu karakter paling menonjol dalam Code Geass yang dapat memberikan geass kepada orang lain.

Kemampuan geass berbeda pada setiap individunya, hal ini merupakan manifestasi dari keinginan serta kepribadian individu tersebut. Jika pengguna geass tidak punya kemauan yang keras, semakin banyak ia menggunakannya maka geass akan semakin tidak terkendali. Hal ini seperti yang telah terjadi pada Lelouch dan Mao. Pengguna geass juga tidak akan kebal terhadap geass milik orang lain (ada beberapa pengecualian).

Pengertian Pengguna Geass Terkuat [Code Geass]

Walaupun sangat kuat, setiap geass pasti memiliki batasan serta kelemahan masing-masing. Hal ini lah yang bisa membuat pengguna geass kalah di hadapan orang biasa yang mengetahui kelemahan tersebut. Pada awalnya, geass hanya akan ada di salah satu mata dari penggunanya. Namun seiring dengan penggunaan yang berulang-ulang, geass akan mulai menguat serta menyebar ke kedua buah mata. Jika pengguna tidak memiliki mental yang kuat, geass akan menjadi tidak terkendali dan aktif secara permanen.

Satu-satunya orang yang diketahui bisa mengendalikan geass secara sempurna adalah Charles zi Britannia. Meskipun geass miliknya berada di kedua mata, ia tetap bisa mengaktifkan serta menonaktifkannya sesuka hati. Begitu geass berkembang menjadi dua mata, maka hal tersebut cukup untuk mentransfer Code dari pemberi geass kepada pemilik geass, hal ini akan menjadikannya abadi dan kebal terhadap segala jenis geass.

30 Karakter Pengguna Geass Terkuat di Code Geass

Lelouch Lamperouge

Pengertian Pengguna Geass Terkuat [Code Geass]

Geass milik Lelouch memanifestasikan dirinya sebagai “kekuatan kepatuhan mutlak” yang memungkinkan dirinya untuk menanam perintah ke dalam otak seseorang melalui kontak visual langsung. Lelouch diberi geass oleh CC di awal seri, kelemahannya adalah geass ini tidak akan berpengaruh pada orang yang sama sebanyak 2x.

Namun telah diketahui bahwa efek dari geass milik Lelouch tidak terbatas oleh waktu. Hal ini terbukti saat Lelouch memberikan perintah kepada Suzaku untuk “tetap hidup”, hal itu berlaku hingga akhir cerita. Lelouch awalnya hanya memiliki geass di mata kirinya, iapun bisa mengaktifkannya sesuka hati.

Namun dengan seiring penggunaannya, geass tersebut mulai tidak terkendali, kemungkinan hal ini dikarenakan ketidakstabilan mentalnya saat itu. Kemudian geass mulai menyebar ke kedua matanya dan akhirnya menjadi aktif secara permanen.

Mao

Pengertian Pengguna Geass Terkuat [Code Geass]

Kemampuan yang disebut “Seal of Absolute Sound” memungkinkan ia untuk mendengar isi pemikiran dari seseorang dalam radius 500 meter. Jika Mao berkonsentrasi dan memusatkan targetnya, ia bisa menggali kenangan seseorang lebih dalam. Namun geass ini tidak bisa mencari informasi jika korbannya tidak tahu atau tidak ingat akan informasi tersebut.

Mao menerima geass ini dari CC saat ia berumur enam tahun. Seiring berjalannya waktu, geass tersebut menjadi tidak terkendali dan akhirnya menjadi aktif secara permanen. Hal ini menyebabkan Mao selalu mendengar isi kepala orang-orang yang ada di sekitarnya. Hal itulah yang menyebabkannya mulai menjadi gila dan terobsesi dengan CC karena dia merupakan satu-satunya orang yang tidak terpengaruh geassnya.

Charles zi Britannia

Pengertian Pengguna Geass Terkuat [Code Geass]

Geass yang didapat dari VV ini memungkinkan Charless untuk mengubah dan memanipulasi ingatan target sesuka hatinya. Ia juga bisa menghilangkan kemampuan indera orang lain (seperti pada Nunnaly) dan bahkan menyegel kekuatan geass lain. Charless merupakan satu-satunya orang yang dapat mengendalikan geass secara sempurna walaupun sudah menyebar ke kedua matanya. Selain itu, ia juga kebal terhadap semua jenis geass sehingga menjadikannya yang terkuat.

CC

Pengertian Pengguna Geass Terkuat [Code Geass]

CC mendapatkan geassnya dari seorang biarawati pada masa abad pertengahan, hal ini memberinya kemampuan untuk “menjadi dicintai”. Siapapun yang terkena efek geass tersebut akan “mencintai” CC. Awalnya ia hanya memiliki geass di mata kirinya, namun kemudian menyebar dan menjadi aktif secara permanen.

Efek geass milik CC nampaknya menghilang segera setelah ia mendapatkan Code dari sang biarawati, hal ini juga yang menjadikan dirinya abadi. Hal ini dibuktikan saat ia langsung diserang dan dieksekusi oleh orang-orang yang pernah terkena efek geassnya.

Bismarck Waldstein

Pengertian Pengguna Geass Terkuat [Code Geass]

Geass Bismarck memungkinkan dirinya untuk melihat beberapa detik ke masa depan. Kemampuan ini biasanya ia gunakan saat sedang bertempur menggunakan knightmare frame. Suzaku merupakan lawan pertama setelah Marianne yang bisa memaksa dirinya untuk menggunakan geass miliknya. Hal ini menyiratkan Bismarck jarang menggunakan geass, namun kemungkinan geass tersebut telah aktif permanen di mata kirinya.

Rolo Lamperouge

Pengertian Pengguna Geass Terkuat [Code Geass]

Geass milik rolo bisa membuat subjek terkait yang berada dalam jangkauannya menjadi tidak bisa bergerak untuk beberapa saat. Walaupun sudah memperoleh geass ini sejak umur 6 tahun dan sudah menggunakannya kurang lebih selama 10 tahun, Rolo kelihatannya tidak memiliki tanda kehilangan kendali atas geassnya.

Kelemahan geass ini adalah selama digunakan jantung Rolo berhenti berdetak. Selain itu ia juga akan mengalami kelelahan jika menjangkau radius yang cukup luas. Rolo juga akhirnya meninggal karena terlalu sering menggunakan geass ini dalam waktu yang singkat berkali-kali.

Marianne vi Britannia

Pengertian Pengguna Geass Terkuat [Code Geass]

Marianne vi Britannia merupakan ibu dari Lelouch dan Nunnaly, ia juga memiliki geass yang memungkinkan dirinya untuk mentransfer jiwa ke dalam pikiran orang lain. Terkadang, ia juga bisa mengendalikan tubuh orang yang ia singgahi. Selain itu, selama tubuhnya masih utuh, Marianne tetap bisa kembali ke tubuhnya seperti semula.

Anak di Labolatorium

Pengertian Pengguna Geass Terkuat [Code Geass]

Saat penyerangan Kuro no Kishidan, terlihat beberapa anak ada disebuah labolatorium. Salah satunya terlihat menggunakan geass yang bisa membuatnya mengendalikan pergerakan korban. Untuk mengaktifkan efek ini, sepertinya dibutuhkan kontak visual secara langsung. Setelah berhasil, pengguna bisa memanipulasi gerakan target dengan menggerakkan tubuhnya sendiri.

Orpheus Zevon

Pengertian Pengguna Geass Terkuat [Code Geass]

Geass yang didapatkannya dari VV ini memberikan ia kemampuan untuk “menjadi” siapapun yang ia mau. Saat diaktifkan, Orpheus bukan hanya mengambil bentuk sebagai orang lain, namun suaranya juga ikut berubah. Geass ini bekerja dengan cara menipu otak korban yang berada dalam jangkauannya. Hal ini juga yang menjadi kelemahannya, geass ini tidak bisa menipu barang elektronik seperti kamera yang tidak mempunyai otak.

Geass ini awalnya juga hanya berada di mata kirinya, namun akhirnya meluas ke mata kanannya juga. Kelemahan lain yang dimilikinya adalah kemampuan tersebut akan nonaktif dengan sendirinya tanpa sebuah peringatan setelah 5 menit digunakan. Jika Orpheus menggunakannya berturut-turut, maka ia tidak akan bisa menggunakannya selama satu jam penuh.

Clara Lanfranc

Pengertian Pengguna Geass Terkuat [Code Geass]

Geass milik Clara memberinya kemampuan untuk membuat tubuh orang lain bergerak seperti kemauannya meski orang tersebut berusaha menolaknya. Ada syarat agar kemampuan ini aktif, Clara harus melihat target dan kemudian memanggil namanya. Saat Orpheus sedang menyamar sebagai Oldrin Zevon, Clara mengendalikannya dengan memanggil nama aslinya. Hal ini membuktikan bahwa nama yang diperlukan adalah nama asli, tidak peduli penampilan orang tersebut.

Toto Thompson

Pengertian Pengguna Geass Terkuat [Code Geass]

“Geass of Forgetting” milik Toto memungkinkan dirinya untuk menghapus suatu kenangan dari korbannya. Sekilas nampak mirip dengan milik Charles, namun geass ini hanya terbatas pada menghapus ingatan, sedangkan milik Charles dapat memanipulasi ingatan seseorang.

Marrybell mel Britannia

Pengertian Pengguna Geass Terkuat [Code Geass]

Geass ini bisa dibilang merupakan versi keras dari geass milik Lelouch, kemampuannya disebut sebagai “Absolute Submission”. Hal ini memungkinkan dirinya untuk memperbudak korbannya, mengubah target menjadi boneka tanpa akal yang akan menuruti semua perintahnya. Geass ini didapat dari kontraknya dengan VV.

Shin Hyuga

Pengertian Pengguna Geass Terkuat [Code Geass]

Geass ini memiliki kemampuan untuk membuat orang-orang yang ia cintai agar melakukan bunuh diri. Hal ini dimanifestasikan dari semangat ibunya untuk membebaskan orang-orang yang dicintainya dari “kutukan”. Akito Hyuga merupakan satu-satunya orang yang diketahui dapat tetap hidup meski sudah terpengaruh geass tersebut. Hal ini karena dirinya masih terlalu muda untuk memahami konsep kematian saat itu.

Uniknya Shin tidak mendapatkan geass ini berdasarkan kontrak dengan orang yang memiliki Code seperti CC dan VV. Ia justru mendapatkannya setelah membunuh ayahnya sendiri, sebuah tengkorak dengan symbol geass padanya.

Leila Malcal

Pengertian Pengguna Geass Terkuat [Code Geass]

Meski belum terungkap apa kemampuannya, namun telah terbukti bahwa Leila memiliki geass yang didapatkannya dari CC. Saat diaktifkan, warna mata kirinya akan berubah menjadi biru.

Lorenzo il Soresi

Pengertian Pengguna Geass Terkuat [Code Geass]

Geass miliknya dapat membuat korban melihat sebuah ilusi seperti yang ia inginkan.

Shiori

Pengertian Pengguna Geass Terkuat [Code Geass]

Geass milik Shiori memungkinkannya untuk membalik suatu prioritas keputusan pada hati seseorang.

Jeremiah Gottwald

Pengertian Pengguna Geass Terkuat [Code Geass]

Bisa dibilang geass ini adalah versi sintetis karena tidak didapat berdasarkan kontrak dengan orang yang memiliki Code. Disebut sebagai “geass canceler”, kemampuannya adalah membatalkan semua efek dari geass yang ada pada jangkauannya.

Geass Non Canon (Mungkin karakter yang sama dengan anime memiliki kemampuan yang berbeda)

Nunnaly vi Britannia

Setelah melakukan kontrak dengan entitas yang dikenal sebagai Nemo, Nunnaly memiliki geass yang memungkinkan dirinya untuk melakukan precognitive vision (melihat ke masa depan). Saat diaktifkan, symbol sigil burung merah akan muncul di mata kiri Nemo.

Alice

Ditanami sel yang diambil dari CC, memberikan Alice sebuah geass yang disebut sebagai “The Speed”. Kemampuan ini memungkinkannya untuk mempercepat semua objek yang ada dalam radius tertentu dengan memanipulasi tarikan gravitasi. Kemampuan penuh geass ini adalah kecepatan super tinggi yang menyerupai teleportasi. Karena bukan hasil dari kontrak, segel geass akan muncul di dahi Alice saat diaktifkan. Namun aktivitas sel CC yang ditanamkan padanya cenderung membebani tubuhnya.

Sancia

Geass milik Sancia memungkinkannya untuk mengetahui posisi target secara akurat. Selain itu ia juga bisa memberikan perhitungan kemungkinan kemana target tersebut akan bergerak. Saat diaktifkan sebuah sigil geass akan menyala di dahinya.

Lucretia

Geass ini dapat membuat Lucretia untuk memetakan daerah 3 dimensi yang masuk ke dalam radius jangkauannya.

Dalque

Saat diaktifkan, geass ini akan mampu meningkatkan kekuatan fisik Dalque dengan sangat signifikan.

Mao

“The Refrain” memungkinkannya untuk membaca kenangan korbannya kemudian memaksa mereka untuk mengingat kembali kenangan tersebut. Efek ini sama dengan yang dihasilkan oleh obat Refrain.

Rolo vi Britannia

Geass Rolo memberikannya kemampuan untuk membekukan wilayah yang berada dalam jangkauannya. Hal ini nampak seperti kemampuan untuk membekukan waktu, terlihat ia bisa membekukan knightmare beserta pilotnya sekaligus.

Charles zi Britannia

Berbeda dengan versi animenya, disini geass milik Charles membuatnya dapat menghidupkan orang mati dan menjadikannya sebagai budak. Dia pertama kali menggunakan geass ini saat orang tuanya dibunuh.

Marrianne vi Britannia

“The Soul” memungkinkan Marianne untuk memindahkan jiwanya ke tubuh orang lain.

Lelouch dan Nunnaly vi Britannia

Nemo memanifestafikan geass ini sebagai “kekuatan untuk mengembalikan semua ciptakan menjadi ketiadaan”. Lelouch mewujudkannya sebagai sebuah ledakan berdasarkan kontak antara objek dengan tangannya menyebabkan sebuah kerusakan besar.

Semetara versi Nunnaly “The Zero” digambarkan sebagai kunci untuk Eden Vital. Hal ini dapat membuka “pintu ke surga”, membuat portal menuju Eden Vital yang mana menjadi tujuan dari Charles, Marianne dan CC demi membunuh Tuhan.

Castor rui Britannia

Geass milik Castor disebut sebagai “Bless”, yang memungkinkannya untuk “memaksakan pemikirannya ke dalam otak orang lain”. Hal ini juga dapat digunakan untuk melakukan komunikasi telepati serta membuat orang lain sakit kepala.

Pollux rui Britannia

Sama seperti saudara kembarnya, Pollux memiliki geass dengan kemampuan untuk meyakinkan orang lain dengan pemikirannya, cukup berkata “Tuhan memberkatimu”.

Rai

Rai memiliki geass non optic dengan kemampuan sama seperti “Power of Abolute Obedience” milik Lelouch. Bedanya jika Lelouch menggunakan kontak visual, maka Rai menggunakan suara sebagai medium. Geass ini juga tidak bisa mempengaruhi orang yang sama dua kali, namun orang yang telah terkena efek geass Lelouch masih bisa dipengaruhi.


What's Your Reaction?

Unuseful Unuseful
0
Unuseful
Useful Useful
0
Useful

Comments

comments

Powered by Facebook Comments