Pengertian Virus Corona Serta Perbedaannya Dengan Covid-19

Perbedaan Virus Corona dan Covid-19

Pengertian virus corona merupakan salah satu hal yang paling banyak dicari akhir-akhir ini. Seiring dengan merebaknya pandemi Covid-19 yang tengah melanda dunia. Kini masyarakat merasa perlu tahu apa sebenarnya coronavirus itu.

Dan sekarang ini bisa dibilang masih banyak terjadi kerancuan di masyarakat. Banyak yang salah tangkap tentang virus corona dan juga covid-19. Lalu apa perbedaan antara keduanya? Apakah mereka sama saja?

Pengertian Virus Corona

Pengertian Virus Corona

Biasa juga disebut Coronavirus, merupakan sebuah keluarga besar virus yang umumnya menyebabkan infeksi saluran pernapasan. Dan perlu kalian ketahui bahwa hampir setiap orang pasti pernah terjangkit virus corona paling tidak sekali seumur hidup.

Virus yang satu ini bisa menjangkit baik manusia maupun hewan. Ia dapat menimbulkan infeksi saluran pernapasan ringan, sedang hingga berat. Mulai dari flu ringan hingga MERS dan SARS.

Nah disinilah terjadi banyak kesalahpahaman yang terjadi di masyarakat. Mereka menganggap virus corona itu baru muncul akhir-akhir ini saja. Padahal coronavirus sendiri sudah ada sejak dulu namun dengan jenis yang berbeda.

Perlu diketahui bahwa virus corona ini memiliki banyak jenis. Karena mereka bermutasi dan memunculkan virus jenis baru. Salah satunya adalah penyakit COvid-19 yang disebabkan oleh virus corona baru yaitu SARS-CoV-2.

Pengertian Covid-19

Pengertian Covid-19

Covid-19 sendiri merupakan akronim dari COrona VIrus Disease. Itu merupakan sebuah nama resmi yang diberikan oleh WHO untuk penyakit yang disebabkan oleh coronavirus jenis SARS-CoV-2.

Penyakit yang saat ini sudah menjadi pandemi di dunia tersebut untuk pertama kalinya dideteksi di kota Wuhan, China. Menurut penelitian yang dilakukan diduga bahwa virus corona jenis baru ini ditularkan dari kelelawar ke manusia.

Perbedaan Virus Corona dan Covid-19

Jenis Virus Corona

Sebenarnya perbedaan antara keduanya itu sangatlah sederhana. Coronavirus merupakan sebuah keluarga besar virus. Sedangkan Covid-19 adalah nama resmi dari penyakit yang disebabkan oleh virus corona jenis baru bernama SARS-CoV-2.

Dan yang perlu digarisbawahi adalah virus corona itu bukan hanya menyebabkan Covid-19 saja. Dalam sejarah manusia, setidaknya sudah ada 7 jenis virus corona yang pernah menginfeksi diantaranya :

1. NCoV-229E (Alpha Coronavirus)

Ditemukan sekitar tahun 1960an, para pasien yang terinfeksi akan mengalami tanda flu ringan. Biasanya menyerang anak-anak atau orang yang sudah lanjut usia. Virus corona jenis ini terbilang tak terlalu berbahaya bagi manusia.

2. HCoV-NL63 (Alpha Coronavirus)

Pertama kali dideteksi di tahun 2004 pada seorang bayi berumur 7 bulan. Ia menyebabkan sebuah infeksi pernapasan yang mirip seperti penyakit Bronkhitis.

3. HCoV-OC43 (Beta Coronavirus)

Ini merupakan coronavirus yang seringkali kita temukan, yaitu penyebab dari flu biasa. Biasanya akan menyerang saluran pernapasan serta memiliki beberapa varian.

4. HCoV-HKU1 (Beta Coronavirus)

Pertama kali dideteksi di Hongkong pada tahun 2005. Korban pertamanya adalah seorang kakek yang telah berusia 71 tahun.

5. Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS)

Salah satu jenis virus corona yang pernah mengguncang dunia. Ditemukan pada tahun 2002 di Guangdong, China, coronavirus jenis ini diperkirakan ditularkan dari hewan musang ke manusia. Sejumlah 9% dari pasien yang terinfeksi SARS berakhir dengan kematian.

6. Middle East Respiratory Syndrome-Coronavirus (MERS-CoV)

Selanjutnya ada jenis virus corona yang ditemukan pada tahun 2012 di Arab Saudi. Penyakit MERS ini sempat menyebar ke beberapa negara timur tengah dan Eropa. Diperkirakan virus ini ditularkan oleh unta kepada manusia.

7. 2019-nCoV (SARS-CoV-2)

Inilah mutasi virus corona jenis baru yang kini tengah melanda dunia. Ia menyebabkan sebuah penyakit infeksi saluran pernapasan yang dinamai sebagai Covid-19.

Pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China dan diduga ditularkan oleh hewan kelelawar. Virus yang satu ini sudah hampir menyebar ke negara di seluruh dunia. Penyebarannya yang sangat cepat membuatnya sangat sulit diatasi.

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian virus corona serta perbedaannya dengan covid-19. Nah sekarang kalian jangan sampai tertukar lagi antara kedua istilah tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *