Kenapa Banyak Anime Bertema Incest (Hubungan Adik-Kakak)? Berikut Penjelasannya!

alasan kenapa banyak anime incest

[vc_row][vc_column][vc_column_text css_animation=”fadeIn”]

Anime kadang suka mengeksplorasi sebuah topik yang dianggap tabu dalam berbagai budaya. Misal saja soal seksualitas, pada umumnya topik ini sangat sensitif terutama di Amerika maupun negara barat lainnya. Namun di anime, hal ini malah sering muncul. Dan salah satu yang paling populer adalah incest atau hubungan romantis antara anggota keluarga
Banyak sekali contoh anime yang terdapat kisah incest di dalamnya. Misal saja Kyoukai no Kanata, Kiss x Sis, Koi Kaze, Tenshi Kinryouku, Candy Boy, Fruits Basket dan masih banyak yang lainnya. Setiap anime bertema incest memiliki tujuan tersendiri dan juga berada pada tingkatan yang berbeda-beda.
Nah ada satu pertanyaan yang sering terdengar. Kenapa topik incest ini sering muncul dan bisa diterima terutama dalam budaya Jepang? Mungkin ada satu hal yang bisa memberikan jawaban terhadap pertanyaan tersebut. Jepang memandang topik seksualitas dengan cara yang berbeda dibandingkan dengan negara lainnya.

Anime juga termasuk seni, dan dalam bentuk seni apapun pasti memiliki keterkaitan dengan sebuah kepercayaan. Di Jepang, seks adalah topik yang lebih terbuka dan nyaman untuk dibahas daripada di negara Barat. Hal ini membuat topik yang berhubungan dengannya seperti incest menjadi cenderung muncul dalam berbagai jenis seni mereka, termasuk anime. Apapun alasan lainnya, kemungkinan tema incest ini hanyalah sebuah topik yang diungkapkan dalam bentuk seni anime.

alasan banyak hubungan incest di anime

Di Jepang, saudara kandung biasanya lebih dianggap sebagai pengasuh dan bertanggung jawab untuk memberikan bimbingan terhadap saudara atau adiknya. Ada berbagai alasan mengapa tema incest ini begitu sering muncul di anime. Meskipun dalam kenyataan di dunia nyata, semua tidak semudah yang terlihat di anime. Namun kemungkinan hubungan antara saudara kandung ini dieksplorasi hanya untuk kebutuhan hiburan saja.

Anime yang memiliki tema incest biasanya termasuk ke dalam genre shoujo. Ini merupakan sebuah genre yang mana biasanya ditujukan untuk para wanita dewasa. Ceritanya sendiri berpusat pada hubungan pribadi ataupun romantisme. Incest sering menjadi bumbu di dalamnya yang akan memberikan pengalaman emosional lebih dalam kepada para penonton.

Baca Juga : Rekomendasi Anime Bertema Incest dan Siscon Terbaik

Ketika tema yang sering dianggap tabu seperti ini muncul di cerita, biasanya akan berfokus pada perjuangan untuk menemukan cinta atau mengeksplorasi hasrat seseorang akan asmara. Hal ini akan menambah kesan emosional dari cerita anime yang dibawakan.

alasan banyak hubungan incest di anime

Koi Kaze adalah salah satu anime yang mampu membawakan hal itu dengan baik. Bercerita tentang kisah romantisme Saeki Koushiru, seorang wedding organizer yang memiliki kisah perjuangan cintanya sendiri. Ia adalah anak dari pasangan yang sudah bercerai. Saeki kini tinggal bersama ayahnya. Ia memiliki ibu dan seorang adik perempuan yang belum pernah ditemuinya.

Suatu hari, Saeki bertemu dengan seorang gadis SMA yang telah berhasil mengembangkan cinta di hatinya. Namun kemudian baru diketahui bahwa gadis tersebut adalah adiknya sendiri yang akan tinggal bersama dirinya dan juga ayahnya. Ini merupakan salah satu contoh kisah incest yang menarik dan dapat dipercaya oleh penonton.

Kadang unsur incest ini juga digabungkan dengan genre ecchi. Meskipun tidak semua orang menyukainya, namun beberapa lainnya sangat menggemari hal tersebut. Comedy juga merupakan genre yang sering dipadukan dengan tema incest. Hubungan antara saudara tersebut kadang dibuat sebagai adegan yang ditertawakan dan bukannya masuk ke dalam tahap serius.

alasan banyak hubungan incest di anime

Contohnya saja adalah Kiss x Sis yang berpusat pada kisah romantisme Keita Suminoe dan saudara kembarnya Ako dan Riko. Mereka berdua memendam perasaan tidak biasa terhadap adik laki-lakinya tersebut. Namun karena sifat Keita sendiri yang menolak dan malu-malu dengan perlakuan kedua kakaknya. Hal itu membuat berbagai adegan incest menjadi sebuah komedi yang kocak. Ini sangat berbeda dengan apa yang dibawakan dalam anime Koi Kaze.

Sampai disini mungkin kita bisa sedikit menarik kesimpulan. Budaya Jepang memang memandang segala hal tentang seksualitas dengan lebih santai daripada negara lainnya. Hal ini membuat beberapa tema yang dianggap tabu seperti incest tetap bisa diterima oleh beberapa kalangan di Jepang. Meski begitu juga tidak sedikit dari mereka yang menganggap kisah seperti itu tidak layak untuk ditampilkan. Nah bagaimana menurut kalian, apakah tema incest ini bagus dan menarik?[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *