Karakter Utama Kok Kalah? Inilah Beberapa Alasan Kenapa Main Character Tidak Harus Menang!


Adegan pertarungan maupun arc yang mengisahkan tentang turnamen atau semacamnya memang sering muncul dalam dunia anime. Cerita semacam ini masih banyak digemari terutama untuk genre action dan shounen. Namun tidak semua cerita tersebut berakhir dengan kemenangan sang tokoh utama. Kadang kala malah main char harus menerima kekalahan dalam cerita tersebut. Kenapa bisa begitu? Apa cerita seperti ini memang perlu?

 

Kekalahan Karakter Utama Dalam Anime Bisa Berujung Baik?

Melihat seorang karakter utama menang pastilah akan memberikan kepuasan serta kesenangan tersendiri kepada para penonton. Namun beberapa anime lebih memilih untuk memberikan cerita yang tidak seperti itu. Backstory, pengembangan alur serta karakter kadang membutuhkan si tokoh utama untuk kalah terlebih dahulu. Bahkan pada beberapa kasus si main char nampak tidak memiliki harapan apapun untuk menang. Namun hal ini biasanya akan membuka jalan baru bagi karakter tersebut.

Contohnya seperti pada kisah Boku no Hero Academia, saat Midoriya melawan Todoroki dengan sepenuh kemampuan yang ia mliki. Pada pertarungan ini, bukan kekuatan karakter utama yang ingin ditonjolkan. Namun bagaimana Midoriya ingin membantu Todoroki untuk terlepas dari kekangan rasa bersalah terhadap quirk yang ia miliki. Dan seperti yang sudah dibahas diatas bahwa akhirnya Midoriya pun kalah padahal dia adalah main char. Meski begitu ceritanya tetap seru karena bukan kemenangan tujuannya, namun pengembangan cerita yang lebih menarik.

Sementara itu disisi lain, kekalahan karakter utama dapat melengkapi sebuah plot. Dapat kalian lihat pada arc Pemilihan Musim Gugur pada anime Shokugeki no Soma. Saat itu Souma, Ryou dan juga Hayama bertanding pada babak final. Ketiganya jelas memiliki kemampuan yang hebat satu sama lain. Dan yang menarik disini adalah, tidak hanya Souma yang ditonjolkan. Namun ketiga karakter tersebut masing-masing dikembangkan dengan backstory sebagai pendorong semangatnya.

Ketiga karakter tersebut telah mengeluarkan segala kemampuan yang mereka miliki. Pada tipe anime shounen umumnya, tentu Souma akan diunggulkan sebagai karakter utama. Namun disini ketiganya punya karakteristik masing-masing sehingga berdiri pada tingkat yang sama. Dan tentu arc yang berakhir dengan kekalahan malah membuat pengembangan cerita menjadi lebih baik. Seperti yang dikatakan oleh Souma sendiri, “Aku senang bisa kalah saat itu. Terima kasih Hayama. Jika aku tidak kalah saat itu, maka aku tidak akan menjadi koki seperti sekarang ini”.

Satu lagi kisah unik dimana sang karakter utama tidak menang ada pada anime Hunter x Hunter. Tepatnya pada saat ujian terakhir untuk mendapatkan lisensi Hunter. Ujian ini sifatnya unik dan tidak biasa. Jika umumnya mencari yang terbaik untuk menjadi pemenang, maka ujian ini mencari yang terburuk untuk menjadi yang kalah. Artinya bukan ada 1 pemenang, tapi hanya akan ada 1 pecundang. Barang siapa yang menjadi posisi terakhir maka hanya ia yang akan gagal pada ujian tersebut.

Secara kasat mata, tentu Gon sebagai karakter utama akan sangat diunggulkan. Begitu juga dengan Killua yang sudah sangat terlatih sebagai pembunuh bayaran dan bisa dibilang paling unggul bahkan dari karakter yang lebih tua darinya. Akan tetapi, arc ini berakhir dengan kekalahan Gon dari Hanzo (namun ia tetap lulus). Dan Killua yang secara kekuatan tidak mungkin kalah dalam pertarungan malah gagal dalam ujian. Hal ini karena ia membunuh lawannya akibat dipengaruhi oleh kakaknya sendiri (yang menyamar sebagai Gittarackur).

Berakhirnya arc Ujian Hunter dengan kekalahan Gon maupun Killua membawa babak baru dalam kisah HxH. Backstory dari Killua sendiri pun mulai terungkap dan terjadi pengembangkan yang luar biasa. Sedangkan Gon sendiri mendapatkan tujuan baru yaitu menyelamatkan Killua dari kekangan kakaknya sendiri. Terbukti kemenangan sang karakter utama bukanlah satu-satunya cara untuk membuat cerita yang baik.

 

Bagaimana menurut kalian? Apa kisah seperti ini akan membuat sebuah anime menjadi lebih seru? Tentu anime yang memiliki karakter overpower akan memiliki kisah yang berbeda. Mungkin setiap individu punya selera masing-masing ya, harap berdiskusi dengan baik dan benar. Jangan lupa untuk bookmark Chameleonime agar mendapatkan informasi dan artikel seputar anime menarik lainnya.


What's Your Reaction?

Unuseful Unuseful
0
Unuseful
Useful Useful
0
Useful

Comments

comments

Powered by Facebook Comments