Penjelasan Ending Steins;Gate 0 dan Rahasia Menuju Garis Dunia Steins;Gate

alur cerita ending anime steins gate 0

Anime Steins;Gate 0 tayang pada musim Spring 2018 sebanyak 23 episode. Sudahkah kalian menontonnya? Bagi yang belum dan ada rencana untuk menontonnya, silahkan baca Hal Penting yang Harus Diketahui Sebelum Menonton Steins;Gate 0. Artikel diatas akan membantu kalian dalam memahami cerita dari serial tersebut, tapi tenang tidak ada SPOILER kok. Jadi kalian tetap akan merasakan betapa seru cerita di dalamnya.

Nah bagi yang sudah menontonnya, mungkin banyak juga yang masih bingung dengan ending Steins;Gate 0. Wajar sih karena serial ini memang terbilang memiliki cerita yang komplek dan juga berat. Jika kalian penasaran dengan apa sih yang sebenarnya terjadi di akhir ceritanya bisa menyimak artikel ini. Kami akan berusaha untuk menjelaskan dengan sederhana agar mudah dipahami.

Kronologi Akhir Cerita Anime Steins;Gate 0

alur cerita ending anime steins gate 0Sebelum masuk ke pembahasan utama, kami ingin memberi peringatan terlebih dahulu bahwa artikel ini mengandung SPOILER. Jadi untuk yang belum menonton serinya disarankan untuk tidak membacanya terlebih dahulu. Namun jika kalian sudah penasaran dan tidak tahan, resiko bisa ditanggung sendiri ya.

Alur Cerita Ending Steins;Gate 0

alur cerita ending anime steins gate 0Di Vega dan Altair, Mayuri dan Suzuha dari tahun 2011 melakukan perjalanan waktu ke 21 Agustus 2010. Mayuri dari tahun 2011 memberitahukan Mayuri di tahun 2010 agar menampar Okabe dan membuatnya tidak menyerah untuk menyelamatkan Kurisu. Setelah itu Mayuri dan Suzuha (2011) meninggalkan tahun 2010.

alur cerita ending anime steins gate 0Mayuri dan Suzuha (2011) pun terjebak dalam aliran waktu karena bahan bakar mesin waktunya tidak cukup untuk kembali ke tahun 2011. Dan akhirnya mereka pun terlempar ke 18.000 tahun sebelum masehi, WOW ngga terbayang ya guys…

alur cerita ending anime steins gate 0Okabe (2011) menyadari bahwa Mayuri dan Suzuha tidak akan pernah kembali lagi. Ia juga percaya bahwa misi yang mereka jalankan telah berhasil namun belum dapat membuka jalan menuju Steins;Gate ataupun mengubah masa depan. Hal ini terbukti karena Reading Steiner tidak aktif, namun meski begitu mereka telah selangkah di jalan yang benar.

alur cerita ending anime steins gate 0Okabe (2011) akhirnya mulai bekerja untuk membuat mesin waktu demi tujuan menyelamatkan Mayuri dan Suzuha dari penjara waktu. Selain itu mereka juga terus mencari cara untuk membuka jalan menuju garis dunia Steins;Gate. Hal ini membuat Okabe mampu melakukan perjalanan waktu ke garis dunia yang berbeda. Ini jugalah yang menjelaskan kenapa Kagari tetap hidup di ending padahal seharusnya ia mati di Vega dan Altair. Sederhananya, Ending yang terjadi tersebut ada di garis dunia yang berbeda.

alur cerita ending anime steins gate 0Okabe dan Daru di tahun 2025 telah berhasil membuat prototipe mesin waktu C-193. Dan mereka akhirnya juga berhasil menemukan cara untuk membuka Steins;Gate. Daru pun merekam pesan yang akan dikirimkan ke Suzuha di tahun 2011 yang menyuruhnya untuk membawa Mayuri time travel ke Agustus 2010 dalam rangka menyadarkan Okabe (2010) agar tidak menyerah menyelamatkan Kurisu. Sementara Okabe (2025) juga mengirim pesan kepada dirinya di tahun 2010 dan mengatakan tentang betapa bodohnya dunia (pesan ini terlihat di Ending Season 1).

alur cerita ending anime steins gate 0Jika kalian teliti, disinilah banyak terjadi kebingungan. Jika pesan tersebut telah dikirim baik sebelum atau sesudah Okabe (2025) pergi dengan mesin waktu untuk menyelamatkan Mayuri dan Suzuha, secara teori garis dunia akan langsung berubah dan Steins;Gate akan terbuka. Benar begitukan? Jadi segala sesuatu yang ada di tahun 2025 menjadi tidak penting karena akan terhapus dan ditulis lagi oleh sejarah. Lalu untuk apa Okabe (2025) pergi menyelamatkan Mayuri dan Suzuha yang tersesat di aliran waktu?

alur cerita ending anime steins gate 0Jawabannya adalah salah besar, meskipun 2 pesan tersebut merupakan kunci untuk membuka Steins;Gate masih ada hal lain yang belum lengkap. Apa itu? Ialah Suzuha yang seharusnya tahu tentang operasi Skuld (misi penyelamatan Kurisu dan menipu dunia). Namun saat di tahun 2025, Suzuha baru berumur 7-8 tahun, maka dari itu ia perlu terus hidup hingga 2036 dan akhirnya time travel ke masa lalu seperti pada season pertamanya.

alur cerita ending anime steins gate 0Ketika pesan dari tahun 2025 sampai, Suzuha menyuruh Okabe untuk melihatnya dan ia mengatakan, “ternyata benar, ini berhasil”. Hal ini merujuk pada percobaan pertama untuk menyelamatkan Kurisu sebenarnya sudah diprediksi akan gagal. Jadi Suzuha yang ada disana ketika Steins;Gate dibuka bukanlah Suzuha yang ada di Steins;Gate 0 melainkan Suzuha yang dari timeline lainnya.

alur cerita ending anime steins gate 0Ini adalah POIN PENTING nya, pada akhir cerita Steins;Gate 0, di tahun 2025 Steins;Gate masih belum berhasil dibuka. Mereka harus menunggu hingga tahun 2036 hingga Suzuha cukup dewasa untuk melakukan time travel ke masa lalu seperti yang terjadi di S1. Sementara menunggu hari tersebut, Okabe (2025) pun memutuskan untuk memakai prototipe mesin waktu pertama untuk menemukan Mayuri dan Suzuha yang terjebak aliran waktu dan membawa mereka kembali ke tahun 2025. Ini terbukti dari perkataan, “Kita masih memiliki perjuangan yang panjang hingga tahun 2036”.

alur cerita ending anime steins gate 0Dan tahun 2036 pun tiba, mesin waktu C204 pun berhasil dibuat dan Suzuha sudah cukup dewasa untuk melakukan time travel dan menjalankan operasi Skuld (penyelamatan Kurisu dan membohongi dunia). Akhirnya ia kembali ke 21 Agustus 2010 dan mengajak Okabe (2010) untuk menyelamatkan Kurisu. Sebenarnya Suzuha sudah tahu bahwa percobaan pertama penyelamatan Kurisu akan gagal. Ketika Okabe (2010) dan Suzuha mencoba menyelamatkan Kurisu untuk pertama kali, Mayuri dan Suzuha dari tahun 2011 datang untuk menyuruh Mayuri (2010) menampar Okabe agar tidak menyerah menyelamatkan Kurisu (episode 23 S;G 0).

alur cerita ending anime steins gate 0Ketika Okabe dan Suzuha kembali setelah gagal meyelamatkan Kurisu, pesan dari masa depan pun diterima. Dalam pesan tersebut diberitahukan cara untuk menyelamatkan Kurisu serta membuka Steins;Gate. Dan akhirnya mereka pun berhasil menuju garis dunia Steins;Gate seperti pada Ending S;G S1.

Baca Juga : Penjelasan Ending Hello World

Rahasia dan Cara Membuka Garis Dunia Steins;Gate

Garis dunia Steins;Gate merupakan tujuan utama dari sepanjang ceritanya. Okabe dkk berusaha untuk menemukan cara agar dapat membuka jalan menuju Steins;Gate. Dunia dimana Shiina Mayuri dan Makise Kurisu tetap hidup serta dunia tidak jatuh dalam kekacauan. Lalu bagaimana sih cara untuk menuju garis dunia steins;gate itu? Ada beberapa hal yang harus dipenuhi sebagai berikut ini :

  • Suzuha harus melakukan time travel dari tahun 2036 ke tahun 2010 untuk memperingatkan Okabe akan perang dunia ketiga dan menyelamatkan Kurisu dari kematian. Suzuha juga harus menerima D-mail dari ayahnya di tahun 2025 yang berisi perintah untuk mengajak Mayuri kembali ke tahun 2010 bersamanya.
  • Seperti yang dikatakan diatas, Mayuri (2011) harus ikut bersama dengan Suzuha kembali ke tahun 2010. Hal ini dalam rangka menyadarkan Okabe tidak menyerah untuk menyelamatkan Kurisu setelah percobaan pertamanya gagal.
  • Okabe (2010) harus menerima D-mail dari Okabe (2025) yang berisi petunjuk bagaimana cara menyelamatkan Kurisu dan membuka jalan menuju Steins;Gate.
  • Milky Way Crossing, beralih ke tahun 2025 dimana Okabe dkk menghabiskan 14 tahun sejak 2011 untuk menemukan jalan menuju Steins;Gate. Mereka pun akhirnya menemukan solusi diantaranya memalsukan kematian Kurisu dan memastikan terbakarnya kertas penelitian profesor Nakabachi dalam kecelakaan pesawat. Hal itu disebutkan dalam pesan D-mail yang dikirimkan ke Okabe (2010) pada anime S;G S1 eps 23.
  • Okabe ditakdirkan meninggal (atau sekarat) pada tahun 2025, untuk mencegahnya ia pun meninggalkan tahun tersebut dengan mesin waktu agar tidak terjadi time paradox. Okabe pun pergi dengan prototipe mesin waktu pertama untuk mencari Mayuri dan Suzuha yang terjebak di aliran waktu. Sementara itu Suzuha kecil (2025) nantinya akan tumbuh hingga akhirnya pada tahun 2036 ia akan time travel seperti pada season pertamanya. Jadi Suzuha kecil disini adalah yang berasal dari timeline berbeda dengan yang terjebak di aliran waktu bersama Mayuri.

Itulah sederet kronologi dan penjelasan mengenai ending dan akhir cerita dari anime Steins;Gate 0. Semoga artikel diatas bisa memberikan pemahaman mudah tentang apa yang sebenarnya terjadi di akhir kisah mereka ya. Memang cukup rumit dan harus membuat otak kita berpikir keras. Namun jika sudah paham, kalian akan tahu betapa serunya cerita yang sebenarnya. Nah gimana, mantap bangetkan? Kami juga menyediakan Rekomendasi Anime Mirip Steins;Gate lho! Dan untuk yang lainnya silahkan cek di bagian Rekomendasi Anime Terbaik.

24 Replies to “Penjelasan Ending Steins;Gate 0 dan Rahasia Menuju Garis Dunia Steins;Gate”

    1. Eh bukan prediksi, maksudnya teori admin sendiri bukan? Heheheh… maklum sambil mikir artikel ini 😆

      1. emang kronologi ceritanya begitu, bukan sekedar opini… mimin cuma mengurutkan biar gampang dipahami.. 95% fakta sisanya mgkn ada berupa asumsi krn ga diperlihatkan secara jelas… 🙂

  1. min, bukankah kalau suzuha yang terdampar di tahun sebelum masehi dijemput sama okabe (2025) dan dibawa ke tahun 2025 kan harusnya ketemu sama suzuha kecil, jdi klo suzuhan dewasa (2011) ketemu sma suzuha kecil (2025) harusnya terjadi paradox dong, trus apa yg dilakukan suzuha dewasa ditahun tersebut

    1. Untuk di anime, tidak ada penjelasan lengkap mengenai apa yang terjadi setelah Okabe menyusul Suzuha dan Mayuri. Karena pada dasarnya, Okabe harus menghilang dari dunia agar steins;gate terbuka, jadi dia tidak bisa kembali ke tahun 2025. Pertanyaannya adalah, apakah mesin waktu okabe dirancang untuk melakukan time travel berulang kali atau hanya sekali jalan. Karena itu adalah mesin waktu prototipe pertama…

  2. Min jadi ending steinsgate0 itu ttp di dunia beta yang kirisunya mati kan?

    Dan buat ending steinsgate season 1 yg kirisu sama mayuri hidup itu di dunia pararel lain (gema) kan?

  3. Jadi ada 3 ending kan min?
    Dunia alpa = mayuri mati
    Dudia beta = kirisu mati
    Dunia gema = kirisu dan mayuri hidup.

    1. di wordline Alpha, kematian Mayuri adalah sesuatu yang mutlak dan tak bisa dihindari. Sementara di worldline Beta, kematian Kurisu adalah mutlak juga.
      Dalam cerita mengenal konsep worldline dengan kemungkinan yang berbeda-beda. Ketika Okabe berpindah worldline, maka worldline sebelumnya akan inaktif (secara teori).
      Worldline Steins;Gate adalah satu-satunya worldline yang memiliki kemungkinan Mayuri dan Kurisu hidup.

    1. Itu karena ingatan Okabe 2011 tersimpan di dalam amadeus, kemudian Okabe koma… sampe tahun 2025, trus backup ingatannya dari 2011 masuk ke tubuhnya di tahun 2025.

  4. Berati mesin lompatan waktu menuju ke okabe2025 dan kemudian bangun dari koma di tahun 2036 mengunakan backup ingatan okabe2011 lalu kembali ke tahun 2025 dan mencegah kematian okabe2025 dan juga mengirim dmail ke okabe2010? Bener gak min

    1. Jadi begini, Okabe 2011 membackup ingatannya ke dalam Amadeus, setelah itu ia hidup sampai 2025, Okabe ditakdirkan untuk mati di tahun 2025, sebenarnya kondisi tubuhnya saat itu masih hidup, tapi pikirannya mati karena mental rusak akibat berbagai percobaan yang dilakukan terhadapnya untuk mengekstrak ingatan Okabe (lupa sama siapa, SERN atau bukan). Kemudian di tahun 2036, Daru merestore (istilahnya memasukan) ingatan Okabe 2011 yang ada di dalam Amadeus ke tubuh Okabe di tahun 2036. Jadi dia bukan melakukan timeliap ataupun time travel, cuma ingatan/memory dari tahun 2011 di masukan ke tubuhnya yang di tahun 2036 (yang saat itu dalam kondisi koma karena rusak mental)

      1. Oh terus okabe2036 kemudian kembali ke tahun 2025 untuk mencegah agar okabe tdk di tangkap oleh organisasi ok min one thing nih lagi kenapa amadeus masih ada padahal di tahun 2011 udah di hapus severnya? Emang ni anime buat otak kudu mikir keras wkwkwk

  5. Oh terus okabe2036 kemudian kembali ke tahun 2025 untuk mencegah agar okabe tdk di tangkap oleh organisasi ok min one thing lagi nih kenapa amadeus masih ada di tahun 2036 padahal di tahun 2011 udah di hapus severnya? Emang ni anime buat otak kudu mikir keras wkwkwk

  6. Min di steins gate 0 yang okabe tiba tiba timeleap balik lagi jadi ke dunia alfa tanpa mesin waktu, itu penyebab nya kenapa ya??

      1. yang pas eps 8 steins gate 0 kayaknya maksud dia min yang okabe tiba2 pindah ke worldline alpha pas pesta malem malem

        1. karna adanya ujicoba mesin waktu/dmail (berita lokal ngomongnya gempa bumi), akibatnya okabe salah server ke dunia alfa ( dunia mayuri mati) tahunnya sama 2011 yg berarti setaun setelah kematian mayuri , untungnya saja disana kurisu udah bikin oven ponsel, dan okabe bisa balek lagi ke dunia beta yang seharusnya ia berada setelah pesta tersebut ( dunia kurisu yang harusnya mati)

    1. Kan, dia ngirim D-mail ke emak ruka untuk banyak makan sayuran daripada daging, yg katanya bisa ganti kelamin*atau apalah saat masih ngandung/hamil.

  7. pokoknya dalam anime ini,,,, okabe gak betah di dunia beta (mayuri mati), paling jauh dia bertahan beberapa hari ditahun 2011 (itupun posisinya nyasar ga sengaja),, disisi lain okabe di dunia alfa bisa jauh survive ke 2025 bahkan 2036 walau kondisi sekarat,,
    yang kuragukan:
    1. setelah menyelamatkan mayuri dan suzuha di 18.000 seblum masehi, apa tindakan okabe? tentu ga bisa balek ke 2025 (karna itu tahun musibahnya), klo suzuha dibalekkan di th 2025 timbul time paradok, keknya teoriku tujuannya di 2036 dimana suzuha 2036 dberangkatkan ke 2010, lha suzuha yang diselamatkan okabe itu bisa aman disana, KALAU MESIN WAKTU PROTOTIPE NYA itu bisa bolak balik perjalannannya,
    2. SIAPA ortu kagari wkwk,????

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *