Death Note Berlanjut? 3 Tahun Setelah Kematian Light, Munculnya Kira Baru!

aturan death note

Siapa yang tak kenal dengan serial Death Note. Salah satu manga dan anime bergenre psychological terbaik ini memang sangat seru. Memperlihatkan adu strategi antara 2 karakter yang jenius yaitu Light Yagami dan L.

Untuk manganya sendiri telah tamat pada 15 Mei 2006. Dan mendapatkan adaptasi anime yang juga telah berakhir pada 26 Juni 2007. Selain itu, serial ini juga mendapatkan beberapa adaptasi live action baik berupa series ataupun movie.

Meski ceritanya sudah lama berakhir, namun serial ini masih terus melekat di hati para penggemarnya. Dan beberapa tahun yang lalu, chapter terbarunya dirilis. Sebenarnya cerita ini telah dirilis tahun 2008, namun kemudian direpublish kembali..

Takeshi Obata selaku mangaka dari Death Note merilis sebuah manga dalam bentuk one shot. Berjumlah 46 halaman, manga ini bercerita tentang kondisi beberapa tahun setelah kasus Kira berhasil diselesaikan.

 

SPOILER WARNING!

Baca Juga : 126 Aturan dan Cara Menggunakan Death Note Lengkap!

Tepatnya 3 tahun setelah kematian Light dan 7 tahun setelah kematian L. Meski kasus Kira sudah terungkap. bukan berarti semuanya telah berakhir. Kira ‘tidak mati’, ia hanya beristirahat untuk sejenak.

Death Note Season TerbaruKarena tak lama setelah itu, seorang Kira baru yang menggunakan Death Note pun muncul. Isu ini dengan cepat menyebar dan mendapatkan respon dari orang-orang yang dulu menjadi pengikut Kira (Light).

Namun Kira yang satu ini (kita sebut saja sebagai C-Kira) berbeda dengan Light atau Kira sebelumnya. Ia bukan membunuh para kriminal atau untuk kepentingannya sendiri. C-Kira hanya membunuh orang yang menginginkan kematian.

Yap, orang-orang yang berumur lebih dari 60 tahun dan dalam keadaan sakit parah. Mereka merasa tidak kuat lagi menjalani hidup. Akhirnya mereka pun mengupload fotonya ke internet dan memohon pada Kira untuk mengakhiri hidupnya.

Fenomena ini memancing pro dan kontra dari berbagai macam pihak. Bahkan Matsuda yang dulu ikut menangani kasus Kira pun sedikit ragu dengan hal ini. Tindakan C-Kira yang hanya membunuh orang yang menginginkan kematian, dianggap seperti membebaskan mereka dari penderitaan akibat usia dan penyakit yang diderita.

Sementara itu, Near yang kini menjadi pengganti sekaligus penerus L juga mengetahui munculnya Kira baru ini. Near adalah sosok yang mengagumi L dan ingin melampauinya. L sendiri adalah sosok yang hanya mengambil kasus yang menarik perhatiannya. Near juga sedang berpikir apa yang akan L lakukan jika dalam situasi seperti sekarang ini.

Sementara itu beralih ke dunia Shinigami, Ryuk sedang duduk dan menikmati apel. Lalu muncul shinigami lain yang menghampirinya. Ia mengatakan bahwa ada seorang shinigami yang membawa death note ke dunia manusia lagi, yang dikira itu adalah Ryuk.

Death Note Season TerbaruNamun ternyata itu adalah shinigami lain yang bernama Midra. Akan tetapi, untuk dapat memberikan death note ke dunia manusia, setidaknya seorang shinigami harus punya 2. Dan Midra berhasil mendapatkan 1 death note tambahan dari Raja Shinigami dengan menukarkan 13 buah apel.

Yup, setelah Ryuk membawa apel dari dunia manusia, hal itu menjadi sangat disukai di dunia shinigami. Dan bahkan Raja Shinigami pun rela memberikan death note hanya untuk beberapa buah apel.

Kembali ke dunia manusia, dimana fenomena C-Kira ini terus menimbulkan perdebatan. Bahkan juga diadakan acara debat di TV antara orang yang pro dan kontra dengan tindakan Kira. Namun acara tersebut tak dapat berjalan lancar dan berakhir kacau.

Death Note Season TerbaruDimana saat itu ada orang-orang muda yang sudah tidak tahan lagi untuk hidup. Mereka bahkan mneyesal sudah dilahirkan dan meminta secara live di TV agar C-Kira membunuhnya. Dan tidak butuh waktu yang lama, permohonan tersebut dikabulkan olehnya.

Death Note Season TerbaruSiaran tersebut pun akhirnya dihentikan dan berganti dengan suara dari Near sebagai L. Kemunculan Near ini tentu sudah dinantikan terutama oleh tim yang dulu bekerja untuk kasus Kira. Namun apa yang dikatakannya dalam siaran tersebut jauh apa dari yang diharapkan.

Near mengumumkan bahwa ia tidak akan ikut campur dalam fenomena pembunuhan massal tersebut. Ia mengatakan hanya akan menangani kasus yang menarik perhatiannya, sama seperti yang dilakukan oleh L.

Death Note Season TerbaruDan kasus C-Kira ini nampaknya tidak cukup menarik baginya. Ia juga mengatakan bahwa kepolisian Jepang harus menangani kasus ini dengan tangan mereka sendiri. Dan Near juga mengatakan sebuah pesan kepada pelaku pembunuhan massal tersebut :

 

KAU ADALAH PEMBUNUH YANG MENGERIKAN!!

 

Scene kemudian berpindah ke dunia shinigami. Diperlihatkan Midra, shinigami yang pergi ke dunia manusia telah kembali dan menemui Ryuk. Ryuk bertanya apakah semuanya sudah selesai dan ia menjawab sudah.

Midra turun ke dunia manusia untuk mencari kesenangan sama seperti yang Ryuk lakukan. Saat aksi pembunuhan dimulai, ia mengira hal-hal menyenangkan akan mulai terjadi. Namun setelah si pemegang death note mendengar ucapan Near, semuanya berbalik.

Death Note Season TerbaruSi pengguna death note tersebut langsung pucat dan tidak melakukan pembunuhan lagi. 3 hari kemudian, ia menulis namanya sendiri di dalam death note. Midra tidak mengerti kenapa hal tersebut bisa terjadi.

Mendengar cerita tersebut, Ryuk teringat akan perkataan Light :

“Seorang manusia yang ingin menggunakan death note, harus punya jiwa dan keyakinan yang kuat.”

Apakah kalian tahu apa yang sebenarnya terjadi? Yap, inilah perbedaan besar antara Light dan C-Kira. Dimana C-Kira menganggap tindakannya sebagai bentuk pertolongan bagi mereka yang tak menginginkan untuk hidup lagi.

Saat Near mengatakan bahwa dirinya adalah seorang pembunuh yang mengerikan. Hal tersebut mengguncang jiwa dan pikirannya. Dengan kata lain, ia tak sanggup menanggung beban sebagai seorang pembunuh yang menggunakan death note.

Near pernah mengatakan hal yang sama juga kepada Light. Namun Light tidak peduli akan pembunuhan yang dilakukan selama tujuannya untuk menciptakan dunia tanpa kejahatan berhasil. Disinilah perbedaan besar antara keyakinan yang dimiliki oleh Kira asli (Light) dan C-Kira.

Orang yang tidak punya cukup keberanian untuk menggunakan death note. Maka ia akan tertelan oleh rasa bersalah yang teramat dalam sebagai seorang pembunuh. Ketika Near mengatakan tidak ingin ikut campur, sebenarnya dia tahu bahwa C-Kira ini tidak seperti Kira yang asli.

Dilihat dari metode yang digunakan, C-Kira bukanlah orang yang punya cukup keberanian untuk menggunakan death note demi kepentingannya sendiri. Ia tidak perlu bertarung secara langsung untuk menghentikannya. Karena sebenarnya ia sudah memenangkan pertarungannya sebelum itu dimulai.

Nah bagaimana menurut kalian lanjutan dari versi One Shot ini? Bagi yang ingin membaca versi lengkapnya bisa cek di Gugel ya…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *