Urutan dan Cara Nonton Anime Steins;Gate [NO SPOILER]

[generate_safelink]

cara urutan nonton anime steins gate

Steins;Gate, sebuah anime scifi bertema time travel dengan cerita yang sangat kompleks. Tak heran jika banyak fans anime yang masih cukup kebingungan tentang keseluruhan ceritanya. Apalagi karena tema ceritanya tentang perjalanan waktu membuatnya semakin rumit untuk dipahami. Oleh karena itu, solusi terbaik adalah mengetahui urutan dan cara nonton anime Steins;Gate terbaik. Itukan yang sedang kalian cari sekarang?

 

Kronologi Urutan Cerita Anime Steins;Gate

cara urutan nonton anime steins gateApa yang membuat anime ini sulit dipahami bukan cuma soal perjalanan waktunya saja. Ada juga konsep timeline Alpha dan Beta yang membuatnya semakin bikin pusing. Dimana saat cerita berpindah timeline, maka kita juga harus melupakan kejadian di timeline lain untuk sementara waktu. Sebelum masuk ke pembahasan utama, berikut ini list daftar anime Steins;Gate yang telah rilis hingga sekarang.

TV Series :

  • Steins Gate Season 1
  • Steins Gate 0

OVA :

  • Steins;Gate : Oukoubakko no Porlomanla
  • Steins;Gate : Kyoukaimenjou no Missing Link – Divide by Zero
  • Steins;Gate 0OVA

ONA :

  • Steins;Gate : Soumei Eichi no Cognitive Computing

Movie :

  • Steins;Gate : The Movie – Lad Regin of Deja Vu
  • Steins;Gate Oukoubakko no Porlomania (Prequel)

Baca Juga : Daftar Anime yang Mirip Steins;Gate

Diatas merupakan list dari cerita yang telah diangkat menjadi anime. Lalu bagaimana urutan nontonnya? Well, sebenarnya ketika menanyakan urutan nonton anime Steins;Gate, jawabannya cukup relatif. Tapi, jika tentang cara terbaik untuk nonton maka itu adalah hal yang berbeda. Untuk bisa lebih mudah memahami tentang ceritanya kita perlu mengurutkannya berdasarkan kronologi kejadian. Kurang lebih akan seperti ini :

 

#1. Steins;Gate Season 1 Episode 1-22 (Jangan nonton eps 23 dan 24 dulu)

cara urutan nonton anime steins gateCerita awal serial ini dimana kalian akan diperkenalkan dengan kerangka cerita utamanya. Sebaiknya kalian harus memahami keseluruhan konsepnya terlebih dahulu sebelum lanjut. Dan kenapa disarankan untuk tidak menonton eps 23 dan 24, kalian akan mengetahuinya nanti.

 

#2. Steins;Gate Eps 23 Beta (Steins;Gate: Kyoukaimenjou no Missing Link – Divide By Zero)

cara urutan nonton anime steins gateSederhananya, episode ini merupakan cerita alternatif yang akan mengantarkan kalian ke seri Steins;Gate 0. Banyak fans yang terlanjur bingung ketika nonton SG 0 karena tak tahu awal penyebabnya. Terlebih lagi mereka terlebih dahulu menonton SG Season 1 episode 23 dan 24. Nah eps ini akan memberikan pijakan utama tentang bagaimana cerita SG 0 berawal.

Baca Juga : Cara Nonton Anime Suzumiya Haruhi yang Benar

#3. Steins;Gate 0

cara urutan nonton anime steins gateSebuah cerita alternatif dari Steins;Gate yang mana terjadi di timeline lain. Seri ini akan memperjelas dan menjembatani antara SG Season 1 eps 22 ke 23 + 24. Dengan memahami cerita di SG 0, kalian jadi akan tahu penyebab kejadian di SG S1 eps 23 dan 24. Singkatnya seri ini memperlihatkan perjuangan Okabe dengan lebih rinci dan detail

 

#4. Steins;Gate Season 1 Episode 23 dan 24

cara urutan nonton anime steins gateBisa dibilang ini merupakan klimaks dari kisah Steins;Gate itu sendiri. Setelah kalian memahami kronologi ceritanya secara keseluruhan, maka akan sangat mudah untuk tahu apa yang terjadi di 2 eps terakhir ini.

 

Lalu bagaimana dengan OVA, ONA dan Movie lainnya? Mayoritas hanya berisi cerita alternatif dan sampingan, jadi kalian boleh menontonnya setelah menyelesaikan cerita utama. Ingat, kalian harus pelan-pelan ketika menonton anime Steins;Gate. Pahami semua dialog dan detail ceritanya dengan saksama. Karena kehilangan satu detail saja bisa menyebabkan kebingungan nantinya. Ok, sudah pahamkan? Jika memang nantinya kalian masih bingung tentang endingnya, silahkan baca Penjelasan Detail Ending Anime Steins;Gate

47 Replies to “Urutan dan Cara Nonton Anime Steins;Gate [NO SPOILER]”

    1. tidak ada kaitan secara langsung, cuma semacam easter egg aja… tidak pengaruh ke cerita masing-masing secara langsung

  1. THANK U MIN AHAHAH. mantep udah mau jelasin ! saya sangat terbantukan dengan jalan cerita steins gate……………………. termimaksih

        1. Min boleh nanya? Kalo steins gate movie yang lad region of dejavu nonton setelah s1, atau zero? Sama yang steins gate oukobako no porlomania nonton setelah s1 atau zero?

          1. Ini maaf min agak spoiler tapi mau nanya lagi karo yang steins gate s1 movie ova itu di garis dunia alpha terus yang di steins gate 0 itu di garis dunia beta itu benar gak min?

          2. kalo SG S1 awalnya di Beta, kemudian setelah kematian Kurisu dan terkirimnya D-Mail pertama garis dunia berpindah ke Alpha.
            Sdgkan SG 0 bersetting di Beta, garis dunia dimana Kurisu mati. Untuk OVA belum tahu, blm sempet nonton…

          3. kalo SG S1 awalnya di Beta (worldline dimana Kurisu mati adl mutlak), kemudian setelah kematian Kurisu dan terkirimnya D-Mail pertama garis dunia berpindah ke Alpha (worldline dimana kematian Mayuri tidak akan bisa dicegah).
            Sdgkan SG 0 bersetting di Beta, garis dunia dimana Kurisu mati dan Mayuri hidup. Untuk OVA belum tahu, blm sempet nonton…

        1. Min maaf nih agak keluar dari konteks pertanyaan an nya min menurut lu anime clannad ama no game no life bagus mana?

          1. Kemampuan untuk menyimpan ingatan dari garis dunia lain, jadi meskipun wordline berpindah orang yang punya reading steiner ttp mengingat kejadian di wordline sebelumnya.

  2. maksudnya itu gimana
    #2. Steins;Gate Eps 23 Beta (Steins;Gate: Kyoukaimenjou no Missing Link – Divide By Zero)
    #4. Steins;Gate Season 1 Episode 23 dan 24
    episode 23 nya ditonton 2x?

    1. Steins;Gate S1 episode 23 dan eps 23 Beta itu beda… eps 23 Beta itu semacam alternatif dimana disitu okabe tidak membuka pesan dari dirinaya di masa depan… sehingga akhirnya okabe menyerah untuk menyelamatkan Kurisu dan inilah awal dari cerita Steins;Gate 0. Nah kemudian di akhir Steins;Gate 0 Okabe bakal nerima pesan dari dirinya di masa depan, dan akhirnya nyambung dengan episode 23 dan 24 Season 1 nya.

      1. Oh jadi abis 23 beta kita nonton SG 0 dri eps 1 – 23 min? Abis itu lanjut ke SG S1 eps 23 dan 24 gtu min mksdnya?

  3. kalo nonton movie Steins;Gate : The Movie – Lad Regin of Deja Vu itu enaknya setelah nonton steins gate bagian yang mana

  4. kalo nonton yang Steins;Gate : The Movie – Lad Regin of Deja Vu itu enak nya setelah nonton yang SG bagian yang mana

    1. Selesaiin urutan diatas, lalu > Steins;Gate: Oukoubakko no Poriomania > Steins;Gate : The Movie – Lad Regin of Deja Vu

    1. sebenarnya begini, di eps 22 SG season 1 itu ada 2 alternatif cerita…
      untuk yang pertama bisa langsung lanjut ke eps 23, tapi untuk cerita alternatif kedua lanjut ke OVA Open the Missing Link(biasa juga disebut sebagai eps 23 Beta, karena disini Okabe membuat keputusan berbeda dari SG S1 eps 23. Dan OVA ini akan mengantarkan kita ke cerita Steins;Gate 0.

      Jadi kalau berencana mengikuti semua serial SG, silahkan gunakan urutan seperti artikel diatas.

  5. Eps 23 dan 24 ending, sinopsisnya apa min? Soalnya aku punyanya yang eps 23 Beta. Yang 23 season 1 kagak ada. Kalau bisa kirim linknya juga…

    1. yah intinya saat eps 23 SG Season 1, Okabe menerima pesan dari dirinya di masa depan cara untuk membuka Steins:Gate. Ia memutuskan tidak menyerah untuk menyelamatkan Kurisu dan akhirnya tercapai di Eps 24. Sedangkan di Eps 23 Beta, Okabe tdk menerima pesan dari dirinya di masa depan dan akhirnya memilih menyerah untuk menyelamatkan kurisu.

      1. Min saya mau nanya dong.. di SG episode 1 kan ada mesin waktu yang jatuh di gedung radio. Itu sebenernya apa min? saya bingung. Terima kasih

  6. Min yang SG S1 eps 1 kan aa mesin waktu jatuh ke atas gedung radio. Itu mksdnya apa min? Saya ga paham. Terimakasih.

  7. Min saya ga ngerti ko kyoma udh ada di tahun dimana dia buat video yang mau dikasih ke kyoma 2010? Ko kagari udh gede trus suzuha nya msh umur 7-8 tahun?

    1. kagari dewasa di tahun 2025 dan kagari kecil di tahun 2036 adalah karakter yang berbeda (berasal dari timeline berbeda). Kagari dewasa di tahun 2025 berasal dari masa depan time travel bersama Suzuha namun keduanya terpisah di tahun 1998. Lalu ia tumbuh dewasa dan akhirnya seperti yang kita lihat pada tahun 2025.

  8. Min, sy abis selesain urutan yang diatas. Mau lanjut OVA ONA & Movie nya enak nya urutanny gimana ya?

  9. Min, sy abis nonton sesuai urutan yang diatas. Mau lanjut OVA ONA & Movie nya, ena nya urutannya gmn ya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *