10 Aturan yang Bisa Bikin Kamu Kebal Terhadap Death Note!

aturan death note

Kita semua tentu setuju bahwa Death Note merupakan senjata pembunuh massal yang sangat mengerikan. Kita bisa dengan mudah membunuh seseorang hanya dengan menuliskan namanya saja. Namun dalam penggunaannya, ada sejumlah aturan yang semuanya berjumlah 126 poin.

Sebenarnya semua aturan tersebut sudah pernah Chameleonime bahas. Silahkan cek kembali di Daftar Aturan Penggunaan Death Note Lengkap Part 1, Part 2 dan Part 3. Disana sudah tertulis semua aturan yang bisa membuat kalian menjadi penerus Kira.

 

Aturan Death Note yang Tak Banyak Diketahui

Lalu apa yang akan kita bahas sekarang? Dari sekian banyak aturan yang ada, pasti kalian tidak hafal semuanya kan. Nah disini Chameleonime akan berusaha mengambil beberapa poin penting dari aturan tersebut yang mana tidak banyak diketahui oleh para fans Death Note. Apa saja ya?

 

1. Batasan Usia

  • Death Note tidak akan berpengaruh pada manusia berusia kurang dari 780 hari (sekitar 2 tahun lebih sedikit)
  • Death Note tidak akan berpengaruh pada manusia yang berusia lebih dari 124 tahun.
  • Shinigami tidak boleh menyerahkan Death Note secara langsung kepada anak berusia di bawah 6 tahun.

aturan death note

Dari aturan diatas bisa disimpulkan bahwa manusia dengan usia kurang dari 2 tahun atau lebih dari 124 tahun akan aman dari Death Note. Selain itu, Shinigami juga tak bisa memberikan Death Note kepada anak di bawah 6 tahun secara langsung. Namun bukan berarti anak-anak tidak bisa menggunakannya. Hanya saja mereka tak bisa menerima Death Note langsung dari Shinigami.

Sumber : Chapter 13 (Countdown), Chapter 36 (Father and Son), Chapter 41 (Matsuda)

 

2. Salah Pengejaan Nama

  • Death Note tidak akan berfungsi jika nama korban salah eja sebanyak 4 kali.
  • Jika pengguna Death Note secara tidak sengaja salah mengeja nama korban sebanyak 4 kali, maka si korban tersebut akan kebal dan tidak bisa dibunuh dengan Death Note lagi. Apabila si pengguna dengan sengaja salah mengeja nama sebanyak 4 kali, maka pengguna tersebut akan mati.
  • Orang yang namanya salah dieja dengan sengaja, maka ia tidak akan kebal dari Death Note.

aturan death note

Pasti banyak dari kalian yang tidak tahu akan aturan ini. Sebuah cara yang membuat kalian bebas dari ancaman Death Note. Yaitu jika seorang pengguna secara tidak sengaja salah menulis nama kalian di dalam Death Note sebanyak 4 kali.

Apabila hal tersebut terjadi, maka si korban tidak akan mati dan malah kebal terhadap Death Note. Sebagai pertukarannya, pengguna yang salah mengeja tersebut akan langsung mati. Namun jika si pengguna dengan sengaja salah mengeja nama, maka si korban tidak akan kebal dari Death Note.

Sumber : Chapter 13 (Countdown), Chapter 49 (Potted Plant)

 

3. Satu Nama di 2 Death Note

  • Saat nama orang yang sama ditulis di 2 Death Note yang berbeda, maka yang paling pertamalah yang akan berefek terlepas dari waktu kematian yang ditulis.
  • Jika perbedaan waktu penulisan nama di kedua Death Note tersebut kurang dari 0,06 detik, maka Death Note tidak akan berefek dan korban tidak akan mati.

aturan death note

Mungkin kasus seperti aturan diatas akan sangat sulit terjadi. Di dalam animenya, Light dan Mikami menulis nama Takada di waktu yang hampir bersamaan. Dan hanya salah satu saja yang akhirnya berefek pada si korban yaitu yang lebih dulu menulisnya.

Sumber : Chapter 25 (fool)

 

4. Aturan 23 Hari

  • Jika kamu menulis “mati karena penyakit” dengan nama penyakit tertentu tanpa waktu kematian yang jelas, akan butuh setidaknya 24 hari agar si korban mati. Aturan 23 hari tidak akan berefek dan korban akan mati tergantung pada kondisi penyakit yang telah ditentukan.

aturan death note

Secara umum, Death Note hanya membatasi pengguna untuk menentukan waktu kematian tidak lebih dari 23 hari setelah nama korban ditulis. Namun jika korban dibuat mati karena suatu penyakit tertentu tanpa keterangan waktu kematian, maka setidaknya akan butuh 24 hari sampai ia mati. Maka aturan 23 hari yang telah disebutkan sebelumnya tidak berlaku lagi.

Sumber : Chapter 40 (Allies)

 

5. Batas Minimal Usia Tersisa

  • Death Note tidak akan berefek pada manusia dengan sisa umur kurang dari 12 menit.

aturan death note

Jadi secara sederhana, jika usia seseorang hanya tersisa 12 menit dan namanya ditulis dalam Death Note maka hal tersebut tidak akan berefek. Yah walaupun tidak ditulis pun dia juga akan mati dalam 12 menit kemudian secara alami tanpa bantuan Death Note.

Sumber : Chapter 41 (Matsuda)

 

6. Batasan Membunuh Para Shinigami

  • Pengguna Death Note tidak akan bisa dibunuh oleh Shinigami yang ada di dunia Shinigami.
  • Shinigami yang datang ke dunia manusia dengan tujuan membunuh pengguna Death Note juga tidak akan bisa dilakukan.
  • Hanya Shinigami yang menyerahkan Death Note tersebut yang bisa membunuh penggunanya.

aturan death note

Dari aturan diatas bisa disimpulkan bahwa seorang manusia yang menerima Death Note akan kebal dari Shinigami lain. Artinya hanya Shinigami yang memberikannya Death Note yang bisa membunuhnya. Karena hal tersebut merupakan salah satu bentuk perjanjian antara Shinigami pembawa Death Note dan penerimanya. Sama seperti yang terjadi pada Light dan Ryuuk.

Sumber : Chapter 48 (Give and Take)

 

7. Shinigami Berhubungan Seksual?

  • Shinigami ada yang laki-laki dan perempuan, namun tidak pernah disebutkan apakah mereka bisa berhubungan seksual satu sama lain atau tidak. Baik dengan sesama shinigami atau dengan manusia.

aturan death note

Pasti banyak yang bertanya-tanya, bagaimana para Shinigami itu tercipta? Apakah mereka juga bereproduksi layaknya manusia atau tercipta begitu saja? Walaupun ada Shinigami laki-laki seperti Ryuuk dan perempuan seperti Rem. Namun tidak pernah dijelaskan apakah mereka bisa berhubungan seksual untuk bereproduksi. Kita sepertinya harus terus penasaran tentang hal ini.

Sumber : Chapter 52 (Split Second)

 

8. Hukum Shinigami

  • Ada hukum yang berlaku di dunia Shinigami dengan tingkatan level 1 sampai 8 ditambah tingkat ekstrem. Jika mereka melanggar aturan level 1, 2 dan 3 maka akan langsung dibunuh setelah menerima hukuman. Sementara itu membunuh manusia tanpa menggunakan Death Note termasuk pelanggaran tingkat ekstrem.

aturan death note

Sepertinya dunia Shinigami pun tak terlalu jauh berbeda dengan dunia manusia. Dimana mereka juga punya aturan-aturan yang berlaku dan mengikat. Ada 9 tingkatan dengan yang terendah yaitu lv 8 hingga lv 1 dan sebuah tingkat ekstrem.

Jika aturan tingkat 3 atau yang lebih tinggi dilanggar, maka mereka akan dieksekusi mati. Di sisi lain, seorang Shinigami membunuh manusia untuk mendapatkan sisa umur mereka. Namun membunuh manusia tanpa menggunakan Death Note adalah sebuah kejahatan paling berat di dunia Shinigami.

Sumber : Chapter 70 (Tremble)

 

9. Batas Jumlah Death Note

  • Hanya 6 buah Death Note yang boleh berada di dunia manusia dalam waktu yang bersamaan. Hanya Death Note yang telah diserahkan kepada manusia yang dihitung. Artinya, Death Note yang ada di tangan para Shinigami tidak masuk hitungan.
  • Seorang Shinigami hanya boleh menyerahkan Death Note maksimal kepada 3 orang di waktu yang bersamaan.
  • Dimungkinkan bagi seorang Shinigami menyerahkan 6 buah Death Note sekaligus. Yaitu dengan memberikan 2 buah Death Note kepada 3 orang berbeda.

aturan death note

Ternyata ada batas tertentu tentang jumlah Death Note yang ada di dunia manusia. Hanya 6 buah yang bisa dimiliki dunia manusia di saat yang bersamaan. Jika ada Death Note ke-7 yang muncul, maka ia tidak akan bisa digunakan sebelum salah satu dari yang lainnya hancur atau dibawa kembali ke dunia Shinigami.

Sumber : How to Use It XLIX, How to Use It L

 

10. Pengembalian Ingatan

  • Pengguna akan kehilangan ingatan terkait Death Note jika ia melepas kepemilikannya. Namun ia dapat memperoleh kembali ingatan tersebut saat menyentuh Deat Note atau mendapatkan hak kepemilikannya lagi. Hal ini bisa dilakukan sebanyak 6x untuk satu buah Death Note.
  • Jika sudah terjadi 6x fase pengembalian ingatan, maka memori tentang Death Note tidak akan kembali lagi meski orang tersebut menyentuh atau mendapatkan kepemilikannya kembali.

aturan death note

Hal ini pernah terjadi di seri utama yang juga menjadi salah satu bagian dari rencana Light. Dalam usaha untuk membebaskan dirinya dari tuduhan, Light melepaskan kepemilikan Death Note nya dan kehilangan ingatan atas buku tersebut. Namun ketika ia menyentuh Death Note setelah penangkapan Higuchi, seluruh ingatannya terkait Death Note akhirnya kembali.

Sumber : Chapter 54 (Inside)

 

Itulah sejumlah peraturan penting dan unik dalam penggunaan Death Note yang mungkin tidak pernah kalian ketahui. Ternyata menjadi Kira bukanlah sesuatu yang mudah ya, karena ada sangat banyak aturan yang harus kita ketahui. Bagaimana, apa kalian mau menjadi penerus Kira selanjutnya?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *