11 Karakter Antihero Terbaik di Anime, Badass dan Keren!


anime dengan karakter utama jahat antihero villain

Dalam sebuah cerita seperti di anime, kita mengenal berbagai karakter dengan peran mereka masing-masing. Mulai dari protagonis, antagonis hingga tokoh-tokoh tambahan yg melengkapi cerita. Namun tidak hanya itu saja, kita juga mengenal yg namanya karakter Antihero. Apa sih yg dimaksud dengan antihero itu? Apakah karakter kebalikan dari seorang hero?

Seringkali kita mendengar istilah antihero, namun ternyata masih banyak yg belum tahu artinya. Secara sederhana, antihero bisa diartikan sebagai kebalikan dari karakter baik dan juga jahat. Nah loh, gimana maksudnya? Begini, protagonist itu sering digambarkan sebagai orang yang baik. Sedangkan antagonis adalah tokoh kebalikannya yang bersifat jahat. Formula ini memang tak selalu dipakai, namun mayoritas menggunakannya.

Nah antihero adalah kebalikan dari kebiasaan penokohan protagonist dan antagonis tersebut. Ketika protagonist seringkali memiliki sikap yang baik, maka unsur antihero membuat karakter tersebut punya sisi gelap tersendiri tidak murni baik. Contohnya karakter yang memiliki tujuan mulia namun memilih jalan yang salah untuk mencapainya.

Kemudian, jika seorang antagonis sering digambarkan sebagai penjahat. Maka ketika ia bertindak sebagai karakter antihero, dirinya punya secercah kebaikan dalam dirinya. Dirinya tak 100% jahat, atau bahkan kejahatan yang ia lakukan tersebut adalah karena alasan tertentu. Seringkali seorang antagonis ‘berbuat baik’ karena hal itu dibutuhkan untuk mencapai ‘ambisinya’.

Sederhananya, karakter antihero itu berada di sisi abu-abu. Ia tak pernah menyebrang ke sisi hitam ataupun putih. Antihero melakukan suatu hal untuk ambisinya dengan caranya sendiri. Hal inilah yang membuat seorang antihero cepat populer dan disukai. Bahkan beberapa anime menggunakan karakter utama (MC) antihero sebagai protagonisnya.

 

Daftar Karakter Antihero Paling Populer di Anime

Selain protagonis cerita, antihero seringkali menjadi karakter favorit bagi sebagian orang. Umumnya mereka disukai karena memiliki sikap yg cool, keren dan juga badass. Para antihero ini akan melakukan apapun sesuai dengan cara mereka. Penggambarannya pun sering disesuaikan dengan karakteristik yg misterius dan juga apatis. Nah kira-kira siapa saja ya karakter antihero terbaik yg ada di anime?

 

#1. Hisoka Morrow (Hunter x Hunter)

anime dengan karakter utama jahat antihero villainSeorang psikopat yg bersembunyi dibalik riasan badut. Karakter yg satu ini sudah menjadi favorit banyak orang bahkan sejak pertama muncul. Hisoka adalah tipe karakter yg punya 1 tujuan, yaitu melawan orang-orang kuat.
Dia tak peduli apakah nantinya akan menang atau kalah. Sesuatu yg dicarinya adalah sensasi kenikmatan saat sedang bertarung dg orang yg kuat. Bahkan ketika dirinya terbunuh (walau hidup lagi) saat bertarung dengan Chrollo, ia tetap bahagia. Bahkan nafsu bertarungnya semakin besar setelah itu.

Meski memiliki penampilan yg cukup menakutkan, Hisoka tak selalu ada di sisi jahat. Bahkan ia juga pernah membantu Gon yg merupakan karakter utama di HxH. Kembali lagi ia hanya punya tujuan agar memuaskan hasratnya untuk bertarung. Apabila ada lawan kuat yg menarik perhatiannya, Hisoka akan membuatnya jadi target.

 

#2. Light Yagami (Death Note)

anime dengan karakter utama jahat antihero villainApabila kalian sudah menonton animenya, pasti pahamlah kenapa dia masuk dalam daftar ini. Awalnya, Light adalah sosok pemuda pintar dan juga baik hati. Namun suatu hari ia menemukan Death Note, sebuah catatan yg bisa membunuh seseorang hanya dengan menuliskan namanya.

Dalam hatinya, Light ingin menciptakan sebuah dunia tanpa kejahatan. Dunia dimana orang-orang bisa hidup damai tanpa khawatir akan kriminalitas. Death Note bisa menjadi kunci dari impian tersebut. Dan dimulailah ‘pembersihan’ para penjahat dengan membunuh mereka menggunakan Death Note. Semakin lama, karakteristik Light mulai berubah.

Awalnya hanya seorang pemuda biasa, lambat laun menjadi seorang psikopat yg kejam. Bahkan ia mulai tak segan untuk menyingkirkan siapapun yg menghalangi tujuannya untuk menciptakan dunia tanpa kejahatan. Tujuan yang baik namun dengan cara yg tak bermoral. Karakter yg mampu menyembunyikan identitas psikopatnya dibalik wajah polos anak muda.

 

#3. Lelouch Lamperouge (Code Geass)

anime dengan karakter utama jahat antihero villainLahir sebagai anak dari raja Britannia, Lelouch malah bernasib sial dengan diasingkan ke jepang. Disana, ia tumbuh menjadi pemuda yang cerdas dan juga jenius. Ketika Lelouch mendapatkan kekuatan Geass dari CC, dimulailah ambisinya untuk menumbangkan Britannia. Demi membalaskan dendam sang ibu kepada ayahnya, ia pun memulai pemberontakan bersama Kuro no Kishidan.

Lelouch merupakan contoh karakter antihero yang tidak banyak disadari. Mungkin orang-orang ada yang mendeskripsikan dirinya sebagai karakter yang baik atau jahat. Namun Lelouch berdiri di tengah-tengah hal tersebut. Sebagai tokoh utama yang berniat membebaskan Jepang dari tirani Britannia. Ia rela melakukan apapun bahkan dengan cara-cara yang kotor sekalipun.

Bahkan semakin lamanya jalan cerita, dirinya dihadapkan dengan berbagai pilihan yang sulit. Namun dibalik kekejamannya yang tak segan menghabisi siapapun yang menghalangi. Lelouch merupakan sosok kakak yang baik dan begitu perhatian pada adiknya. Para penonton akan dibuat bingung dengan karakter ini apakah harus kasian atau benci padanya.

 

#4. Mellow (Death Note)

anime dengan karakter utama jahat antihero villainDeath Note memang penuh dengan karakter-karakter yang unik dan menarik. Salah satunya adalah Mellow, anak jenius yang digadang-gadang sebagai penerus L selanjutnya bersama Near. Namun Mellow bukanlah anak dengan kepribadian yang baik. Bahkan jika dilihat dari sifatnya, ia lebih mirip sebagai penjahat atau badboy. Tak ada kesan kebaikan yang muncul dari dirinya.

Selain itu, dirinya juga terbilang egois, tak suka bekerja sama serta memiliki cara sendiri. Meski begitu, sebenarnya Mellow punya rasa keadikan yang tinggi, hanya saja ia tak seperti Near. Bahkan Mellow secara terang-terangan menolak ajakan kerjasama Near dalam melawan Kira. Ia lebih memilih menggunakan caranya sendiri walau kadang hal tersebut tak bermoral.

 

#5. Scar (Fullmetal Alchemist)

Salah satu orang yang berhasil selamat dari pembantaian suku Isvalan dalam sebuah perang sipil. Scar tumbuh dengan kebencian terhadap para Alkemis Negara. Ia menganggap mereka adalah anjing pemerintah yang penuh dengan dosa. Sejak saat itu Scar mulai melancarkan aksinya untuk membalaskan dendam para saudaranya yang telah mati. Satu per satu Alkemis Negara tumbang di tangannya.

Namun dibalik tindakannya yang kejam tersebut, Scar bisa dibilang sebagai karakter yang religius. Namun dirinya punya tingkat ekstrem yang membuatnya mampu berbuat tindakan main hakim sendiri. Bahkan Scar sering membiarkan targetnya untuk berdoa terlebih dahulu sebelum menghabisi mereka.

 

#6. Vegeta (Dragon Ball)

anime dengan karakter utama jahat antihero villainSiapa sih yang tidak kenal dengan karakter yang satu ini? Rival dari Son Goku ini memang sangat populer. Awalnya Vegeta diperkenalkan sebagai sosok villain dan musuh bagi Goku. Namun lama kelamaan ia berubah dan menjadi teman baginya. Sebagai pangeran Saiya, Vegeta adalah sosok yang angkuh, sombong serta memiliki harga diri yang tinggi. Bahkan sampai sekarang pun ia sering bertengkar dengan Goku karena hal-hal sepele.

Kepribadian yang cool, misterius dan kadang menjadi konyol adalah poin plus baginya. Sikap pride nya yang sangat tinggi membuatnya sering menolak untuk bekerja sama dengan orang lain, terutama Goku. Namun tak jarang juga ia rela membuang harga dirinya dan mau bekerjasama demi menyelamatkan bumi. Hal ini menunjukkan bahwa jauh dalam dirinya, Vegeta adalah orang yang baik. Yah bisa dibilang Pangeran Saiya yang tsundere…

 

#7. Emiya Kiritsugu (Fate Zero)

anime dengan karakter utama jahat antihero villainSosok karakter yang awalnya terlihat punya tujuan yang baik. Ia ingin mendapatkan cawan suci agar aman dan tidak digunakan oleh orang jahat. Namun seiring cerita berjalan, sifat aslinya mulai terungkap. Dirinya tumbuh sebagai pembunuh dengan jumlah korban yang tak terhitung lagi. Dan dalam perang cawan suci kali ini, Kiritsugu pun tak segan menggunakan ketrampilannya dalam membunuh.

Bahkan dalam tujuannya untuk menjadi ‘pahlawan keadilan’, ia akan melakukan apapun demi cawan suci. Kiritsugu tak segan melukai ataupun membunuh siapa saja yang berniat merebut cawan suci darinya. Namun dibalik itu semua, ia punya secercah cahaya di hatinya. Sebenarnya Kiritsugu adalah sosok yang hanya menginginkan kedamaian di dunia ini. Namun jalan yang ia tempuh adalah jalan kotor yang penuh darah.

 

#8. Guts (Berserk)

anime dengan karakter utama jahat antihero villainThe Black Swordman, sang pendekar idola banyak wibu diluar sana. Guts merupakan sosok yang banyak disukai oleh penggemar animenya. Dirinya adalah karakter yang apatis dan cuek serta hanya fokus pada tujuannya saja. Ia dapat menjadi petarung yang brutal ketika dihadapkan dalam pertempuran. Demi membalaskan dendamnya pada Griffith, ia tak segan-segan menebas siapapun yang menghalangi jalannya. Guts tak peduli pada nilai moral selagi ia mampu membalaskan dendamnya.

 

#9. Accelerator (Toaru Majutsu no Index)

anime dengan karakter utama jahat antihero villainMenjadi salah satu dari esper level 5 dan terkuat di Academy City, Accelerator punya penampilan yang badass. Selain itu dari segi watak ia juga galak dan sangat suka dengan pertarungan. Tak heran jika banyak fans yang mengidolakan karakter keren yang satu ini. Di awal penampilannya, ia nampak muncul sebagai karakter antagonis.

Namun seiring berjalannya cerita, sosok Accelerator mulai berubah. Yahh walau tidak bisa dibilang berubah secara signifikan juga sih. Karena memang wataknya sudah bawaan lahir mungkin. Tapi ia menjadi seorang antihero ketika arc Last Order. Mungkin kita bisa menyebut Accelerator sebagai serigala yang berjalan sendirian. Ia melakukan apa yang diinginkan entah itu baik atau jahat.

 

#10.Claire Standfield (Baccano)

anime dengan karakter utama jahat antihero villainLahir dengan nama Felix Walken, ia juga dikenal sebagai pembunuh bayaran merah Baccano. Karakter yang satu ini punya kemampuan membunuh yang mematikan. Selain itu cara yang digunakannya juga brutal sejalan dengan sikap dinginnya. Claire telah menciptakan kode moral bagi dirinya sendiri.Dimana orang-orang tak bersalah harus dilindungi, dan orang berdosa pantas untuk mati.

 

#11. Sebastian Michaelis (Black Butler)

anime dengan karakter utama jahat antihero villainPelayan setia Ciel Phantomhive, seorang iblis yang bersembunyi dibalik rupa pria tampan. Yap, banyak cewek-cewek yang terpesona dengan karakter yang satu ini. Namun apa yang ada dibelakang ketampanannya adalah sosok yang mengerikan. Tak heran karena kenyataannya Sebastian memang berasal dari neraka. Ketampanannya akan berubah menjadi sosok mengerikan jika Ciel memberikan perintah. Itulah bukti kesetiaannya sebagai seorang pelayan.

 

Itulah sederet karakter antihero terbaik dan paling populer di anime. Bisa dilihat, meskipun mereka berdiri di sisi abu-abu dalam cerita, karakter tersebut tetap mampu menyedot perhatian fans. Bahkan ada juga beberapa tokoh antihero yg mengalahkan popularitas protagonisnya lho. Apakah karakter favorit kalian ada diantara daftar diatas?


Like it? Share with your friends!

847

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *