[REKOMENDASI] 10 Anime Movie Buatan Makoto Shinkai Terbaik yg Bikin Nangis!


rekomendasi judul anime terbaik buatan makoto shinkai

Nama Makoto Shinkai tentu sudah tak terlalu asing lagi dong di telinga penggemar anime. Ia merupakan seorang animator jepang, filmmaker sekaligus manga artist yang berbakat. Karena berbagai karya masterpiece yang dihasilkan, dirinya dijuduli sebagai ‘New Miyazaki’. Sebagian orang mengenal Makoto Shinkai setelah karyanya seperti 5 cm per second dan Kimi no Nawa sangat sukses. Namun perlu diketahui, karya terbaik darinya tak hanya 2 anime movie itu saja lho!

 

Daftar Judul Film Anime Karya Makoto Shinkai yg Bikin Baper

Secara keseluruhan, dirinya lebih dominan dengan karya-karya anime bergenre drama romance yang bisa membuat penonton nangis. Hal ini tentu sudah terbukti dan mungkin kalian juga telah merasakannya sendiri. Bagaimana ia meracik cerita yang mampu membuat penonton larut dalam emosi merupakan sesuatu yang luar biasa. Nah jika kalian ingin tahu apa saja masterpiece lain yang lahir dari tangannya, silahkan simak rekomendasi dari Chameleonime berikut ini.

 

1. Kimi no Na Wa (2016)

rekomendasi judul anime terbaik buatan makoto shinkaiSalah satu anime movie tersukses sepanjang masa. Meskipun kalian mungkin tak mengenal Makoto-sensei, namun pastilah tahu akan anime yg satu ini. Cerita berpusat pada 2 anak muda bernama Taki dan Mitsuha. Keduanya tinggal di tempat yg berbeda, tak pernah bertemu maupun mengenal satu sama lain. Namun suatu hari, ketika terbangun tubuh keduanya saling bertukar. Eitsss… jangan mikir yg aneh-aneh dulu.

Mereka tentu panik karena hal ini, namun tak disangka keduanya justru memikirkan hal yg sama. Mereka saling mencatat kegiatan sehari-hari agar nantinya kehidupan masing-masing tetap terjaga jika semua kembali normal. Disisi lain, mereka juga berusaha untuk mencari tahu kenapa dan siapa pemilik dr tubuh yg ditempatinya. Dari kesuksesan yg diperoleh, tentu cerita yg disajikan tak perlu diragukan lagi.

 

2. 5 cm per Second (2007)

rekomendasi judul anime terbaik buatan makoto shinkaiMungkin sudah jadi ciri khas Makoto Shinkai dimana karyanya banyak mengisahkan tentang hubungan cinta yg terpisah jarak. Kali ini tokoh utama kita bernama Takaki dan Akari yg telah berteman sejak SD. Keduanya sering bermain bersama sehingga tumbuhlah perasaan diantara keduanya. Namun ketika lulus SD, Akari harus pindah ke Tochigi dan keduanya pun terpisah. Agar tetap berhubungan, Takaki dan Akari hanya bisa saling berkirim surat.

Hingga suatu hari Takaki pun bertekad untuk pergi ke Tochigi demi bertemu Akari. Namun hal itu tak bisa dilakukan sesuai janji karena kereta menunda keberangkatan akibat badai salju. Menanti pertemuan yg telah lama dinantikan, keduanya pun dilanda kegelisahan. Namun hal itu masih jauh dari klimaks ceritanya. Ending yg terjadi mungkin tak akan kalian duga dan bikin baper. Yakin siap?

 

3. Hoshi no Koe (2002)

rekomendasi judul anime terbaik buatan makoto shinkaiJauh sebelum Kimi no Na Wa dan 5 cm Per Second, Makoto Shinkai juga merilis sebuah anime tepatnya berbentuk OVA. Kali ini kisahnya masih seperti ciri khas darinya yaitu berupa hubungan LDR. Namun konsepnya sangat jauh berbeda dari hubungan jarak jauh biasa. Karena disini hubungan tersebut tidak hanya terpisah oleh kota atau negara, melainkan antar planet. Wow? Tidak biasa bangetkan?

Sinopsis bermula pada 2 remaja bernama Mikako dan Noboru yg telah bersama serta cukup dekat satu sama lain. Namun kebersamaan itu harus sirna ketika Mikako ditugaskan sebagai pilot mecha untuk ikut berperang di planet nan jauh. Akan tetapi keduanya tetap berusaha terhubung dengan menggunakan email. Karena jarak yg sangat jauh, untuk berkirim 1 pesan saja butuh waktu 8 tahun agar sampai. Gimana nggak nyesek coba?

 

4. Kotohana no Niwa (2013)

rekomendasi judul anime terbaik buatan makoto shinkaiKetika pagi dilanda hujan deras, Takao Akizuki seorang pembuat sepatu memutuskan bolos sekolah dan nongkrong di taman. Disanalah ia bertemu dengan Yukari Yukino, seorang gadis cantik yang menarik perhatiannya. Pertemuan tersebut membawa hubungan baru bagi mereka. Keduanya pun sama-sama nyaman dan semakin dekat satu sama lain. Namun tentu semua tak akan berjalan mudah, rintangan yang akan menguji masing-masing dari mereka akan segera tiba.

 

5. Egao (2003)

rekomendasi judul anime terbaik buatan makoto shinkaiSalah satu karya lawas dari maestro kita yang jarang diketahui oleh orang-orang. Mengisahkan seorang gadis muda yang membawa seekor hamster ke apartement nya. Ketika dirinya sedang menonton kelucuan dari hamster tsb, ia pun mulai teringat akan kenangan bersama mantan pacarnya….

 

6. Kanojo to Kanojo no Neko (2002)

rekomendasi judul anime terbaik buatan makoto shinkaiSebuah film pendek namun memiliki cerita yang menarik dan unik. Mengisahkan sosok wanita yang tak pernah disebutkan namanya bersama kucing kesayangannya, Chobi. Pertemuan keduanya sangatlah indah dan membekas di hati. Ia menemukan Chobi ketika hari sedang hujan dan memutuskan untuk membawanya pulang. Bagi si kucing hal tersebut tidak hanya menemukan rumah, Chobi juga baru kali ini merasakan yang namanya cinta dari pemiliknya.

Film animasi pendek yang mampu mengeksplorasi cinta dengan cara yang sangat inovatif. Romance yang halus serta menghangatkan hati dan juga semangat akan memberikan senyuman di wajah kalian. Kita akan diajak untuk melihat dari sudut pandang seekor kucing. Saat dirinya menemukan arti dari cinta yang selama ini tak dimiliki. Unik bangetkan?

 

7. Dareka no Manazashi (2013)

rekomendasi judul anime terbaik buatan makoto shinkaiKali ini bukan tentang percintaan anak muda, melainkan lebih ke hubungan keluarga. Berkisah tentang gadis bernama Okamura Aya atau yang biasa juga dipanggil Aachan. Ibunya harus berpergian ke luar negeri karena pekerjaannya sebagai dokter. Aachan pun juga harus tinggal sendiri sejak memulai pekerjaan barunya setelah lulus. Ia juga memiliki seekor kucing bernama Mii-san yang sudah dirawat sejak kecil.

Aachan punya hubungan yang tak terlalu dekat dengan ayahnya. Ketika sang ayah mencoba menghubunginya, ia sering tak mengangkat. Terlihat seperti ada sebuah jurang pemisah antara sang ayah dan anak. Hingga suatu hari, ketika Aachan membaringkan tubuhnya setelah lelah bekerja. Ia mulai teringat kenangan ketika keluarganya masih berkumpul. Dan juga si kucing kesayangannya Mii-san yang kini sudah semakin tua. Lalu tiba-tiba telepon pun berdering….

 

8. Crossroad (2014)

rekomendasi judul anime terbaik buatan makoto shinkaiSelanjutnya ada animasi pendek yang cocok untuk para pelajar. Disini dikisahkan 2 orang pelajar yang mana harus bersiap untuk menghadapi ujian. Ditengah perbedaan besar yang mereka miliki, ada beberapa kesamaan yang tak disadari. Cerita yang ringan dan mudah dipahami namun mampu meninggalkan bekas di hati.

 

9. Hoshi wo Ou Kodomo (2011)

rekomendasi judul anime terbaik buatan makoto shinkaiMemiliki tugas untuk mengurus rumah setelah kepergian sang ibu membuat Asuna Watase mengemban tanggung jawab yang besar. Di sela-sela hidupnya yang berat, ia sering menghabiskan waktu di gua rahasia miliknya dengan mendengarkan radio kristal. Hingga suatu hari, Watase secara tak sengaja melantunkan melodi misterius.
Seketika seekor monster muncul dan menyerangnya, beruntung ada seorang pemuda bernama Shun yang menyelamatkannya. Siapa sangka kejadian ini mengubah hidupnya secara drastis. Kini ia ikut berpetualang ke dunia fantasy yang tak pernah dibayangkan.

 

10. Kumo no Mukou, Yakusoku no Basho (2004)

rekomendasi judul anime terbaik buatan makoto shinkaiSatu lagi anime movie yang menggabungkan genre sci-fi, romance serta military. Settingnya berada di dunia alternatif jepang, ketika negara tersebut terpecah menjadi beberapa bagian. Kisah pun berpusat pada beberapa anak muda yang punya keterikatan dengan menara Hokkaido. Meski terbilang jadul, visual grafik yang dihadirkan anime ini tak akan mengecewakan.

 

Itulah rekomendasi judul anime movie terbaik karya Makoto Shinkai yang terkenal itu. Dijamin film-film diatas mampu memberikan cerita yang super keren karena berasal dari seorang masterpiece. Kalian tentu tak usah meragukan lagi hasil karya seorang Makoto-sensei. Jika masih kurang, silahkan cek daftar lainnya di bagian Rekomendasi.


Like it? Share with your friends!

866

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *