11 Anime Dengan Plot Armor yang Kuat, Bagus atau Tidak?


anime dengan plot armor tebal mc selalu menang

Istilah ‘plot armor’ mungkin sudah sering kalian dengar, tapi apa artinya? Secara sederhana, plot armor merupakan pelindung tak terlihat bagi suatu karakter. Begini, pernahkah kalian melihat seorang karakter anime yang sudah kalah dan nampak tak punya harapan lagi. Namun kemudian ada kejadian tak terduga yang membuatnya bisa membalikkan keadaan. Itu merupakan gambaran sederhana dari sebuah plot armor.

Plot armor sendiri seringkali menjadi jurus rahasia bagi para author yang sudah bingung membuat jalan keluar bagi suatu karakter. Disaat tokoh tersebut mungkin sudah diambang kematian, namun sang author tak bisa membiarkannya mati. Maka dibuatlah plot armor yang kadang kurang masuk akal. Intinya, plot armor sendiri merupakan senjata pamungkas untuk mengeluarkan seorang karakter dari keadaan genting.

 

Apakah Plot Armor Itu Bagus atau Jelek?

Sebenarnya kita tak bisa langsung bilang hal itu bagus atau jelek. Plot armor itu memang kadang dibutuhkan dalam sebuah storytelling. Dimana saat kondisi cerita mengharuskannya menambah sebuah plot armor demi membuatnya tetap berjalan. Namun penggunaannya pun juga harus hati-hati. Banyak orang yang tidak suka dengan plot armor karena terkesan ‘memaksa’ cerita dan berpihak pada suatu karakter, biasanya tokoh utama.

Hal ini memang sering terjadi dan beresiko membuat cerita menjadi jelek. Ketika terlalu banyak plot armor yang digunakan dengan cara yang tidak tepat, maka penonton tentu akan kecewa. Di anime sendiri, penggunaan plot armor seringkali ada di serial bergenre shounen dan action. Dan terbukti, banyak anime yang mau tidak mau menggunakannya di saat tertentu. Apa saja ya anime yang seringkali memunculkan plot armor pada karakternya?

 

#1. Fairy Tail

anime dengan plot armor tebal mc selalu menangPasti banyak dari kalian yang setuju jika kita menempatkan Fairy Tail di nomor 1. Entah kalian sadari atau tidak, serial ini memang memiliki plot armor yang sangat-sangat tebal. Bukan hanya pada karakter utamanya, namun juga beberapa karakter pendukung lain. Semua masalah di anime ini bisa diselesaikan dengan Nakama Power.

Selama kalian percaya pada teman, tak peduli seberapa kuat musuh mereka akan mudah untuk dikalahkan. Bahkan saat si karakter ini sudah kalah telak, hanya tinggal mengingat temannya maka akan membuat kekuatan besar datang entah darimana datangnya. All Hail Nakama Power…..

 

#2. Bleach

anime dengan plot armor tebal mc selalu menangWell, buat kalian yang sudah menonton animenya mungkin sadar akan hal ini. Ichigo adalah karakter serba bisa dengan segala potensinya. Sebagai karakter utama, ia menjadi tumpuan dari segala konflik yang ada. Saat dirinya berada di posisi kalah telak, ada saja orang yang datang menyelamatkannya.

Dan kemudian Ichigo mendapatkan kekuatan baru yang ternyata selama ini tersimpan dalam dirinya. Entah apa maunya, karakter yang satu ini seperti punya potensi kekuatan yang terlalu lengkap. Dan disaat ia membutuhkannya, hal itu bisa dengan mudah dimunculkan menggunakan plot armor. Kasihan juga sih para villain cuma bisa nerima nasib mereka untuk kalah kwkwkwk…

 

#3. Akame ga Kill

anime dengan plot armor tebal mc selalu menangHmm… pasti banyak yang bertanya-tanya, memangnya Akame ga Kill punya plot armor? Ada, tapi tak sekuat serial-serial sebelumnya. Namun ada sebuah plot armor dalam ceritanya yang terbilang cukup mengganggu. Ingat saat Akame vs Esdeath? Ia memutuskan untuk menggoreskan Muramasa pada dirinya sendiri demi mendapatkan kekuatan lebih.

Dan seperti yang diketahui bahwa satu goresan kecil dari muramasa akan menimbulkan kematian. Memang benar Akame memperoleh kekuatan yang besar, namun anehnya ia tetap hidup setelah menggunakan kartu AS dari teigunya. Mungkin Muramasa terlalu sayang padanya hehehe…

 

#4. Sword Art Online

anime dengan plot armor tebal mc selalu menangSudah bukan rahasia lagi jika Kirito punya pelindung ghaib dalam dirinya. Bukan hanya soal ia yang hampir selalu menang dan mampu membalikkan keadaan. Namun ada satu momen plot armor yang tak masuk akal pernah terjadi padanya. Ingat saat Kirito berduel dengan Heatcliff? Saat itu bisa dibilang ia kalah telak dan harusnya mati.

Namun entah bagaimana ia malah bisa menyerang balik Heatcliff dan mengalahkannya. Bahkan yang lebih aneh lagi, saat semua player SAO berhasil logout, Kirito masih tetap hidup. Padahal ia harusnya tak selamat karena memang mati di dalam game? Sampai sekarang tak ada yang tahu alasannya.

Bukan hanya saat itu saja, ketika Kirito ingin menyelamatkan Asuna dari Alfheim Online. Dirinya harus berhadapan Suguo Nobuyuki sebagai game master dari ALO itu sendiri. Tentu saja Kirito tak bisa apa-apa berhadapan dengan GM. Namun disaat terdesak, tiba-tiba ia malah bisa mengakses admin dari game tersebut dan membalikkan keadaan dengan mudah. WTF… silahkan kalian nilai sendiri deh….

 

#5. Dragon Ball

anime dengan plot armor tebal mc selalu menangYahh bahkan sang legend pun terbilang tak bisa lepas dari yang namanya plot armor. Tak bisa dipungkiri, pertarungan di Dragon Ball itu sangat epic, setujukan? Namun kadang kala mereka menempatkan protagonis untuk kalah terlebih dahulu. Kemudian mendapatkan kekuatan tersembunyi (seperti super saiyan) yang dapat membalikan keadaan dengan mudah. Contoh lain ada saat serial Dragon Ball Super tayang.

Dulu, saat pertama kali goku menggunakan Kaio Ken, ia berakhir dengan luka serius pada tubuhnya dan tak bisa menggerakkannya. Namun ketika DBS, goku bisa menggunakan Kaio Ken bersamaan dengan Super Blue tanpa mendapatkan dampak apapun. Terlebih lagi, kemudian ia berhasil membangkitkan Ultra Instinct disaat dirinya sangat terpojok. Hal ini memang lumrah terjadi di serial shounen sih, jadi wajar saja.

 

#6. Berserk

anime dengan plot armor tebal mc selalu menangKarakter yang dipuja-puja sebagai sang pendekar hitam oleh para elitist. Guts ternyata juga punya plot armor yg tebal sebagai penyelamatnya. Tak peduli, seberapa banyak tebasan ataupun anak panah yang menancap pada dirinya. Guts akan tetap bertahan dan tidak akan mati.

Ia telah menerima sangat banyak damage pada tubuhnya selama bertahun-tahun. Namun aneh tapi nyata, sepertinya hal itu tak punya efek berkepanjangan pada dirinya. Secara logika tentu tubuhnya akan semakin lemah ya kan? Tapi ini anime guys, ga semuanya harus pakai logika wkkwkwkwkwk…

 

#7. Nanatsu no Taizai

anime dengan plot armor tebal mc selalu menangAnime yang satu ini terbilang punya scene pertarungan yang cukup brutal. Namun meski begitu, karakter-karakternya masih mampu bertahan meski telah mengalami luka yang fatal. Khususnya untuk Meliodas, dia memang merupakan seorang iblis dengan kekuatan yang sangat besar. Namun saat terdesak dalam sebuah pertarungan, ada saja cara untuk membangkitkan kekuatan dalam dirinya yang ‘katanya’ tersembunyi. Ia juga punya plot armor yang sangat tebal dimana dirinya tidak bisa mati. Well, musuh-musuhnya harus banyak berdoa aja deh…

 

#8. Naruto

anime dengan plot armor tebal mc selalu menangSiapa sih yg tak kenal anime satu ini? Dan kita juga tak bisa menutup mata kalau serial Naruto memiliki beberapa plot armor di ceritanya. Bukan hanya soal Naruto yg berhasil selamat dari berbagai kondisi buruk. Namun Sasuke sebagai rivalnya juga sempat menerima plot armor beberapa kali. Mau bagaimana lagi, hal itu mau tidak mau harus ada. Karena keduanya juga harus survive demi kelangsungan cerita. Bayangin aja kalau salah satu dari mereka mati, tak mungkin cerita berlanjut sampai seperti sekarang kan?

 

#9. One Piece

anime dengan plot armor tebal mc selalu menangPlot armor memang sangat identik dengan anime shounen seperti One Piece dan Naruto. Untuk OP sendiri yah beberapa kali ada namun dinilai masih bisa ditoleransi. Kebanyakan saat Luffy dalam bahaya besar, ada saja orang atau kejadian tak terduga yg menyelamatkannya. Selain itu kadang kala Luffy yg sudah babak belur dalam pertarungan mampu membalikkan keadaan dalam sekali comeback.

Padahal saat itu kondisi musuhnya masih sangat fit, namun mengesampingkan efek Gomu-Gomu no Mi, durability Luffy terlalu tinggi. Meskipun ia sekarat dalam pertarungan, dirinya mampu melakukan serangan balik yg kadang kurang masuk akal. Kalau dipikir bukan cuma kondisi tubuhnya yg terluka, namun staminanya juga pasti sudah terkuras. Darimana datangnya kekuatan itu?

 

#10. Pokemon

anime dengan plot armor tebal mc selalu menangUntuk serial yang satu ini sebenarnya bukan masalah yang besar. Karena Pokemon sendiri bisa dibilang anime untuk kalangan remaja ke bawah. Dimana terjadi banyak pertarungan antar pokemon, namun setelah hal itu terjadi tak nampak luka serius pada mereka. Bahkan seperti tak pernah terjadi pertarungan yang menyebabkan luka sama sekali. Takutnya hal ini salah dipahami oleh anak-anak dan jadi suka mengadu sesuatu :v Becanda guys….

 

Plot armor itu tak selalu buruk juga sih. Kemunculan sebuah plot armor dalam cerita bisa jadi dimaklumi jika dieksekusi dengan baik. Apa contohnya?

 

#11. Hunter x Hunter

anime dengan plot armor tebal mc selalu menangSerial yang manganya suka hiatus ini dirasa cukup baik memainkan plot armor. Walaupun sebagai karakter utama, Gon sendiri tak terlalu diistimewakan. Mungkin salah satu contoh plot armor yang wajar adalah ketika Gon vs Pitou. Saat ia jatuh dalam keputusaasaan dan rasa dendam, Gon hanya ingin membunuh Pitou. Hal itu memaksa Gon melanggar perjanjian nen demi mendapatkan kekuatan yang sangat besar, namun dengan bayaran nyawanya sendiri.

Saat itu, seperti tak ada cara lain lagi untuk menyelamatkan nyawa Gon. Namun Killua ternyata punya kuncinya. Ia memiliki adik bernama Alluka yang dapat mengabulkan permintaan apapun. Namun untuk melakukan hal itu, ia harus mengabulkan 3 permintaan Alluka terlebih dahulu. Dan jika orang itu tak dapat mengabulkan salah satu permintaan Alluka, maka ia akan langsung mati.

Dan plot armor lain muncul ketika ternyata Killua tak perlu mengabulkan permintaan Alluka untuk mendapatkan keinginan. Hal itu ‘cuma’ karena Alluka sayang kepada kakaknya. Yahh nampak kurang masuk akal juga sih, dan akhirnya Gon pun bisa disembuhkan dan selamat dari kematian. Namun meski begitu ia tetap tak bisa menggunakan nen lagi. Setidaknya masih ada konsekuensi berat dari tindakan yang ia lakukan sebelumnya.

 

Itulah beberapa anime dengan unsur plot armor yang cukup tebal dan kuat. Di satu sisi, hal tersebut kadang memang dibutuhkan untuk menjaga jalannya cerita. Namun penggunaan plot armor yang tidak bijak malah akan merusak keseluruhan ceritanya. Apakah kalian tahu serial lain yang memiliki plot armor cukup aneh dan memaksa? Jika ada coba tulis di kolom komentar. Cek bagian Info Menarik untuk melihat artikel seru lainnya.


Like it? Share with your friends!

846

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *