Bukan Karena Sakura, Ini Alasan Naruto Selalu Mengejar Sasuke

Apakah Sakura Beban

“Sakura beban, tidak berguna, sumber masalah”

Itulah topik yang akhir-akhir ini sedang trending di komunitas anime. Sebenarnya pembahasan tersebut sudah lama, namun kembali mencuat dan menjadi topik hangat baru-baru ini.

Ok, sebelum kita masuk lebih jauh ada satu hal yang ingin mimin katakan. MIMIN BUKAN FANS SAKURA atau karakter tertentu di seri Naruto. Cuma karena hal ini sedang menjadi suatu hal yang sedang trending, jadi mimin tertarik untuk membahasnya lebih jauh.

Apakah Sakura Beban

Banyak orang yang menganggap Sakura itu beban dan sumber masalah terutama bagi Naruto. Well, mimin sendiri tidak akan bilang setuju atau tidak setuju dengan hal tersebut. Karena setiap karakter diciptakan dengan tujuannya masing-masing.

Tapi apakah benar bahwa Sakura adalah alasan Naruto selalu mengejar Sasuke? Kita semua tentu tahu bahwa ketika Sasuke meninggalkan Konoha, Naruto dan beberapa kawannya melaksanakan misi pengejaran. Dan sebelum berangkat, Sakura membuat sebuah “permintaan seumur hidup” kepada Naruto untuk membawa Sasuke kembali ke desa.

Apakah Sakura Beban

Inilah yang menjadi salah satu pemicu utama banyak yang menganggap bahwa Sakura itu beban. Permintaan serta janji tersebut dianggap menjadi sumber masalah bagi Naruto. Terlebih lagi sikap Sakura yang begitu terobsesi pada Sasuke dan juga cinta Naruto yang bertepuk sebelah tangan.

Perjuangan Naruto untuk membawa Sasuke kembali memang tak perlu diragukan lagi. Berbagai penderitaan ia alami demi menyelamatkan sang rival. Dan ini semakin menumbuhkan kebencian fans pada sosok Sakura yang dianggap menjadi penyebabnya.

Namun benarkah Naruto mengejar Sasuke karena Sakura? Yah kita semua tentu setuju jawabannya adalah TIDAK. Banyak yang menganggap bahwa “janji seumur hidup” antara Naruto dan Sakura sebagai kutukan yang membawa penderitaan bagi Naruto.

Akan tetapi, hal tersebut bukanlah alasan utama kenapa Naruto begitu keras mengejar Sasuke. Satu hal yang bisa mimin katakan tentang “obsesi” Naruto untuk menyelamatkan Sasuke adalah ikatan antara mereka berdua.

Apakah Sakura Beban

Naruto dan Sasuke adalah 2 karakter yang berbagi takdir. Mereka merupakan reinkarnasi dari Indra dan Ashura yang ditakdirkan untuk saling berhadapan. Mereka telah dihubungkan oleh benang merah kehidupan sejak keduanya dilahirkan.

Apakah Sakura Beban

Selain itu, Naruto dan Sasuke juga memiliki masa lalu yang sama-sama kelam. Naruto tidak pernah mengenal orang tuanya sejak kecil dan dianggap monster oleh penduduk desa. Sedangkan Sasuke juga memiliki trauma dengan pembantaian klan uchiha yang dilakukan oleh kakaknya sendiri, sosok yang begitu ia percayai.

Apakah Sakura Beban

Meskipun keduanya nampak sulit akur satu sama lain. Namun seiring berjalannya waktu bersama di tim 7 membuat ikatan Naruto dan Sasuke semakin erat. Mereka kemudian menjadi sahabat, rival bahkan sudah seperti saudara.

Apakah Sakura Beban

Inilah yang membuat Naruto begitu terpukul ketika mengetahui Sasuke meninggalkan Konoha untuk pergi ke tempat Orochimaru. Naruto yang saat itu belum mengetahui alasan Sasuke, memutuskan untuk membawanya kembali ke desa apapun yang terjadi.

Hal ini bisa dimengerti ketika seseorang ingin menyelamatkan sosok yang sangat berharga bagi hidupnya. Sosok yang sudah dianggap sebagai saudara bagi Naruto. Karakter seperti Naruto tidak akan pernah membiarkan hal buruk terjadi pada temannya.

Tapi pasti ada dari kalian yang tetap menganggap janji Sakura sebagai pemicunya. Hal tersebut memang tidak salah, karena saat itu mereka masih kecil dan perasaan suka Naruto pada Sakura membuatnya tidak ingin melihat Sakura bersedih. Mimin anggap ini sih cuma cinta monyet anak-anak saja.

Akan tetapi, ketika Naruto mengetahui alasan Sasuke pergi ke tempat Orochimaru yaitu untuk mendapatkan kekuatan demi balas dendam, hal tersebut justru semakin membuat Naruto ingin menyelamatkannya. Dari sini kita tahu bahwa alasan Naruto bukan hanya soal Sakura saja.

Apakah Sakura Beban

Ketika Konoha memutuskan untuk membunuh Sasuke, Sakura berusaha menerima hal tersebut meski sulit. Ia pun sadar bahwa janji yang dibuatnya saat masih kecil memberikan beban bagi Naruto. Akhirnya Sakura pun berpura-pura menyatakan cinta pada Naruto agar ia tak lagi mengejar Sasuke.

Dan apa kalian ingat apa yang Naruto katakan?

Apakah Sakura Beban

“Aku benci pada orang yang berbohong akan perasaannya”

“Aku tidak mengejar Sasuke karena janji waktu itu. Aku ingin menyelamatkannya karena ia adalah sahabat sekaligus orang yang kuanggap sebagai saudara”

Apakah Sakura Beban

Kira-kira begitulah inti dari jawaban Naruto saat itu. Ia telah membulatkan tekadnya untuk membawa Sasuke kembali. Bahkan saat itu ketika Sasuke menyerang pertemuan 5 Kage dan membuatnya menjadi buronan semua negara besar tidak mengubah tekad Naruto.

Apakah Sakura Beban

Ia pun sampai bersujud memohon kepada Raikage terkait sahabatnya tersebut. Akan tetapi, orang waras mana yang akan mendengarkan permintaan tidak masuk akal dan egois Naruto. Di saat Sasuke sudah membuat banyak masalah hingga bergabung dengan Akatsuki, Naruto justru meminta pengampunan untuknya.

Mimin sendiri juga merasa bahwa tindakan Naruto yang satu ini sudah diluar akal sehat meski hal tersebut demi sahabatnya sendiri. Sasuke yang saat itu sudah bertindak diluar batas tidak layak untuk diperjuangkan seperti itu. Kita juga tidak bisa menutup mata akan kesedihan orang-orang yang disebabkan oleh tindakan Sasuke.

Sasuke sudah dianggap menculik Hachibi (meski tertipu) dan sudah menyerang pertemuan 5 kage hingga membuat Raikage kehilangan tangan kanannya. Setelah kejahatan berat seperti itu, sudah pasti dunia akan menganggapnya sebagai kriminal yang tak bisa diampuni.

Namun kembali lagi pada sifat Naruto yang tak akan pernah menarik kata-katanya kembali. Ia tetap bersikeras ingin menghentikan Sasuke apapun caranya. Ini merupakan keinginan dari Naruto sendiri dan sudah tidak terikat pada janji Sakura. So, bagaimana menurut kalian?

Apakah Sakura tetap menjadi karakter beban? Apakah Sasuke yang menjadi sumber penderitaan Naruto? Ataukah Naruto yang terlalu naif dan egois dengan obsesinya terhadap Sasuke? Silahkan tulis opini kalian di kolom komentar.

One Reply to “Bukan Karena Sakura, Ini Alasan Naruto Selalu Mengejar Sasuke”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *