8 Anime Remake yang Lebih Baik Daripada Versi Asli


rekomendasi anime remake terbaik

Apakah menurut kalian reboot atau remake itu bencana? Banyak orang yang berpikir begitu dan hal tersebut tidaklah salah. Dunia anime pun tak lepas dari yang namanya remake dan reboot. Beberapa dibuat ulang untuk memperbaiki animasi, cerita ataupun menambahkan hal baru yang tidak ada pada versi sebelummnya.

Tak dapat dipungkiri bahwa remake adalah sebuah resiko yang besar, kebanyakan penonton sudah bosan dengan proses tersebut. Namun sesekali remake menghasilkan hal yang luar biasa, beberapa anime di bawah ini membuktikan bahwa remake bukanlah sesuatu yang buruk.

 

Remake dan Reboot yang Berhasil Membuat Anime Menjadi Lebih Baik

 

1.Cyborg 009 (1968) – Cyborg 009 (1979)

rekomendasi anime remake terbaikVersi asli Cyborg 009 rilis hanya beberapa tahun setelah Astroboy, dimana saat itu ide tentang cyborg dan demihuman banyak diminati. Anime ini mempunyai karakter yang memorable namun saat itu mediumnya belum cukup baik, sehingga dibuat remakenya pada tahun 1979. Remake tersebut masih menampilkan karakter dan warna yang sama namun lebih terasa hidup dan dalam dengan narasi yang lebih terstruktur. Versi 1979 juga semakin menguatkan identitas dirinya serta banyak terdapat pertanyaan filosofis.

 

2.Hellsing (2001) – Ultimate Hellsing (2006)

rekomendasi anime remake terbaikTelah disepakati bahwa kita tidak bisa membandingkan Hellsing dengan Ultimate Hellsing. Saat anime Hellsing dirilis, ia terlalu dekat dengan manga (hampir menyalip cerita manga yang diadaptasi). Oleh karena itu anime Hellsing mengalami hiatus (istirahat). Kemudian dibuatlah remakenya, Hellsing Ultimate, dengan karakter dan drama yang jauh lebih efektif. Remake ini juga menampilkan beberapa karakter yang tidak tampil di Hellsing. Kebanyakan fans puas dengan versi ini dan menyarankan untuk langsung menonton versi remakenya.

 

3.Fullmetal Alchemist (2003) – Fullmetal Alchemist Brotherhood (2009)

rekomendasi anime remake terbaik

Versi asli Fullmetal Alchemist telah memiliki tempat tersendiri di hati para fansnya dan sangat sulit untuk digantikan. Namun remake anime tersebut membuktikan bahwa ia dapat mengambil apa yang baik dari FMA asli dan kembali menyempurnakannya. Apa yang membedakan keduanya adalah versi Brotherhood lebih menekankan persaudaraan antara Edward dan Alphonse, sehingga membuat cerita lebih terasa dalam dan membekas. Terlepas dari bagaimana versi remake ini, ia terbukti masih menempati posisi 2 sebagai top anime di situs MAL.

 

4.Fate/Stay Night Movie : Unlimited Blade Works (2010) – Fate/Stay Night : Unlimited Blade Works (2014)

rekomendasi anime remake terbaik

Remake ini adalah versi TV series dari movie yang rilis sebelumnya. Dalam versi movie terlalu banyak menampilkan hal yang berbelit-belit dan disitulah remake bekerja. Ia dapat mengembangkan waktu, cerita dan karakter serta dipoles dengan baik. Hal ini membuktikan bahwa remake nya jauh lebih baik daripada versi movie.

Baca Juga : [REKOMENDASI] 10 Anime Terbaik yang Diproduksi Oleh Studio Madhouse

5.Hunter X Hunter (1999) – Hunter X Hunter (2011)

rekomendasi anime remake terbaik

HxH adalah salah satu anime yang banyak mengalami masa sulit, ia harus jatuh bangun karena manga aslinya sendiri sangat sering hiatus (karena togashi sensei memiliki kesehatan yang tidak stabil). Sebenarnya saya sendiri tidak bisa mengatakan bahwa HxH versi remake lebih baik daripada versi asli. Sebelumnya ia telah mempunyai tempat di hati para penggemarnya, namun karena manga nya sendiri sering hiatus dibuatlah versi remakenya.

HxH 2011 terasa lebih berwarna daripada versi 1999, bagi yang telah menonton keduanya pasti sadar bahwa ada beberapa perbedaan mendasar. Beberapa adegan di versi 1999 diremake menjadi sedikit berbeda. Seperti Killua mengambil jantung lawannya saat ujian hunter, di versi asli ia langsung memegang jantung tersebut dengan berlumuran darah. Namun versi remake Killua terlihat meletakkan jantung yang diambilnya ke dalam sebuah kantung. Keduanya punya warna tersendiri, jadi silahkan kalian tentukan pilihan sendiri.

 

6.Neon Genesis Evangelion (1995) – The Evangelion : Rebuild Movie (2007)

rekomendasi anime remake terbaik

Kasus ini adalah kebalikan dari Fate/Stay Night, Evangelion merubah versi TV menjadi 3 buah movie layar lebar. Versi aslinya sendiri mendapatkan review yang beragam, sebagian mengatakan baik sebagian lagi kurang setuju. Saat remake movienya rilis, mereka mencoba melakukan yang terbaik untuk mengembangkan cerita dan karakter menjadi lebih dalam. Saya pikir versi movie sama baiknya dengan TV series, yahh… semuanya kembali kepada diri kalian masing-masing.

 

7.Sailor Moon (1992) – Sailor Moon Crystal (2014)

rekomendasi anime remake terbaik

Sailor Moon Crystal merupakan versi reboot dari anime Sailor Moon yang diproduksi tahun 1992. Toei Animation memproduksi reboot ini sebagai usaha untuk mendekatkan cerita ke manga. Selain dari segi cerita, perbedaan kedua tentu terdapat pada aspek graphic dan visual art. Menurut saya kedua versi nya pantas untuk ditonton.

 

8.Berserk 1997 – Berserk (2016)

rekomendasi anime remake terbaik

Setelah hampir 2 dekade salah satu mahakarya ini akhirnya dibuat remake. Masih dengan membawa kesan dark dan horror, Berserk membuktikan mampu bersaing dengan anime masa kini. Beberapa fans katanya lebih suka versi jadul, namun versi remake tidak kalah bagus untuk ditonton.

 

Itulah beberapa anime yang dibuat versi remake maupun rebootnya, terlepas dari pendapat diatas manakah yang lebih baik semua kembali kepada individu masing-masing.


Like it? Share with your friends!

841

3 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *